Perangkat komputer Apple-1 (Sumber gambar: RR Auction)

Barang-barang Peninggalan Steve Jobs Dilelang, Jaket Bomber sampai Apple-1 

06 August 2024   |   20:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Steve Jobs memang telah tiada, tapi legasinya terus eksis. Tak cuma produk ciptaannya, Apple, yang diburu oleh banyak orang, tapi barang-barang peninggalannya juga menyita perhatian para kolektor. Untuk itu, RR Auctions menghadirkan lelang seperangkat benda Steve Jobs dan Apple.  

Lelang yang bertajuk “Steve Jobs and the Apple Computer Revolution” itu menawarkan 278 koleksi yang bervariasi. Mulai dari komputer dan prototipe awal, foto dan dokumen penting Steve Jobs serta Apple, sampai perangkat keras yang tergolong sangat langka. 

“Dengan hampir 300 lot, penjualan khusus bulan Agustus dari RR Auction mendokumentasikan Steve Jobs dan revolusi komputer dari akarnya hingga saat ini,” demikian pernyataan tertulis mengenai pelelangan tersebut di situs resminya

Baca juga: 7 Barang Freddie Mercury yang Dilelang di Sotheby's

278 koleksi yang dilelang RR Auction rinciannya meliputi 24 barang kategori Featured Lots; 234 masuk kategori Apple; 63 kategori Apple Computer Hardware 35 kategori Apple iPhone, iPods, dan iPads; 27 kategori Computer History; 2 kategori Google; 5 kategori Microsoft; 26 kategori Steve Jobs; dan 17 Video Games. 

Dari seluruh barang tersebut, beberapa yang jadi highlight agenda lelang ini adalah komputer Apple-1 yang masih berfungsi, foto polaroid asli dari prototipe Apple-1, iPhone 4GB yang masih tersegel, dan beberapa tanda tangan Steve Jobs serta jaket bombernya yang ikonik. Berikut detail beberapa sorotan utama pelelangan: 
 

1. Komputer Apple-1 yang masih berfungsi 

Komputer Apple-1 (Sumber gambar: RR Auction)

Komputer Apple-1 (Sumber gambar: RR Auction)

Koleksi komputer Apple-1 yang masih bisa dioperasikan itu berasal dari mantan karyawan Apple bernama Dana Redington. Awalnya perangkat itu berasal dari tumpukan barang ‘tukar tambah’ yang ada di kantor Steve Jobs, yang diberikan kepada Redington oleh Jobs dan Wozniak. 

Pakar Apple-1, Corey Cohen, lalu merestorasi komputer tersebut hingga bisa digunakan lagi. Koleksi satu ini merupakan barang yang punya harga paling mahal di pelelangan Steve Jobs and the Apple Computer Revolution dengan taksiran mencapai US$300.000. 
 

2. iPhone generasi awal 

iPhone generasi awal yang masih tersegel (Sumber gambar: RR Auction)

iPhone generasi awal yang masih tersegel (Sumber gambar: RR Auction)

Lelang kali ini juga menawarkan barang langka yakni iPhone generasi pertama dengan RAM 4GB yang masih tersegel pabrik. RR Auction menyatakan bahwa bahwa koleksi ini merupakan ‘cawan suci’ dari semua produk Apple modern yang eksis hingga sekarang. 

iPhone 4GB merupakan produk yang sangat langka karena produksinya telah dihentikan oleh Apple pada September 2007, hanya sekitar 2 bulan setelah peluncuran produknya dilakukan. Terlebih, barang yang dilelang masih tersegel. Tak ayal, koleksi ini diperkirakan bernilai lebih dari US$80.000. 
 

3. Jaket bomber Steve Jobs 

Jaket bomber Steve Jobs (Sumber gambar: RR Auction)

Jaket bomber Steve Jobs (Sumber gambar: RR Auction)

Koleksi yang tak kalah menyita perhatian adalah sebuah jaket bomber milik Steve Jobs. Ini tak sekadar jaket, sebab ada cerita di baliknya. Bomber berwarna cokelat tua yang dilelang ini merupakan jaket yang dikenakan oleh jobs saat masih muda dan mengacungkan jari tengah di bawah logo IBM. 

Aksi itu terekam dalam sebuah foto ikonik 1983 yang populer di kalangan pencinta teknologi. Foto Jobs mengenakan jaket itu muncul pertama kali pada 2011, ketika diunggah secara daring oleh Andy Hertzfeld, anggota tim pengembangan Macintosh awal. Adapun, koleksi jaket bomber cokelat itu itu diestimasi bernilai seharga US$75.000. 

Untuk lebih lengkapnya, Genhype bisa mengecek detail tiap koleksi lelang di situs resmi RR Auction di tautan berikut ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Tips Bijak Kelola Keuangan Untuk Hadapi Inflasi Medis

BERIKUTNYA

Jadwal Program Diskusi ArtMoments Jakarta 9-11 Agustus 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: