Olimpiade Paris 2024 (Sumber gambar: Rawpixel)

Klasemen Olimpiade Paris 2024 Hari Ini 5 Agustus, Amerika Serikat Raih 71 Medali

05 August 2024   |   08:35 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Ajang olahraga internasional, Olimpiade 2024 dihelat di Paris, Prancis mulai 26 Juli sampai 11 Agustus 2024 mendatang. Sebanyak 10.500 atlet dari 206 negara dari berbagai negara siap berkompetisi dalam 32 cabang olahraga dan 306 nomor pertandingan.

Indonesia sendiri mengirim 29 atlet yang terdiri dari 16 putra dan 13 putri. Mereka berlaga di 12 cabang olahraga berbeda. Jumlah ini merupakan yang terbanyak kedua di antara negara-negara kawasan Asia Tenggara setelah Thailand yang mengirimkan 50 atlet. 

Klasemen perolehan medali Olimpiade Paris 2024 terhitung sampai hari ini, Senin (5/8/2024) pagi, Amerika Serikat menduduki peringkat pertama dengan perolehan 19 emas, 26 perak, dan 26 perunggu. Mereka sukses menggeser China berkat selisih jumlah medali perak dan perunggu. 

Baca juga: Profil Imane Khelif Petinju Wanita Asal Aljazair yang Kontroversial di Olimpiade 2024

Pada Minggu, 5 Agustus, Amerika Serikat berhasil menambah lima keping emas. Atlet yang menyumbangkan emas untuk Negeri Paman Sam ada Scottie Scheffler dari cabang golf, Noah Lyles dari cabang Atletik lari 100 meter putra, dan Kristen Faulkner dari cabang balap sepeda road race putri. Ada juga Bobby Finke dari cabang renang gaya bebas 1500 meter putra dan satu emas lainnya diraih oleh tim renang estafet 100 meter putri.

Klasemen Olimpiade 2024, China menempati peringkat dua di bawah Amerika Serikat dengan perolehan 19 emas, 15 perak, dan 11 perunggu. Sementara peringkat Ketiga ada sang tuan rumah, Prancis dengan perolehan 12 emas, 14 perak, dan 18 perunggu. Urutan selanjutnya diikuti oleh Australia, Britania Raya, Korea Selatan, Jepang, Italia, Belanda, dan Jerman.

Adapun Indonesia sendiri saat ini menempati posisi 61 bersama beberapa negara lainnya seperti Austria, Tanjung Verde, Kuba, Mesir, Grenada, Lituania, Malaysia, Portugal, dan Slovakia. Masing-masing negara telah meraih satu medali perunggu.

Indonesia mengantongi satu perunggu dari Gregoria Mariska Tunjung dari cabang bulu tangkis. Sang atlet meraih medali tanpa bertanding. Hal tersebut lantaran pemain yang seharusnya menjadi lawannya, yaitu Carolina Marin perwakilan Spanyol mengalami cedera di bagian lutut kaki kanannya.

Tunggal putri Spanyol Carolina Marin mundur karena cedera saat melawan China He Bing Jiao di semifinal tunggal putri badminton Olimpiade Paris 2024 di Porte de La Chapelle Arena pada Minggu, 5 Agustus 2024.

Pada laga semifinal, Carolina Marin sejatinya sudah unggul atas Bing Jiao di set pertama dengan skor 21-14. Namun di gim kedua dia mundur di tengah permainan karena cedera. 

Baca juga: Hal Menarik di Balik Gregoria Mariska Tunjung Raih Medali Perunggu di Olimpiade 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Review Kabut Berduri, Crime Thriller Penuh Teka-teki yang Menegangkan

BERIKUTNYA

Eksklusif Onno W. Purbo: Sumber Daya Manusia Jadi Elemen Penting Menangkal Serangan Siber

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: