Anggota generasi pertama KLP48. (Sumber foto: X/KLP48Official)

Generasi Pertama Girl Group KLP48 Siap Debut 18 Agustus 2024

30 July 2024   |   14:57 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Setelah berhasil mendebutkan 12 sister group dari AKB48, 48 Family kini kembali membuat gebrakan baru dengan rencana mendebutkan KLP48 di Malaysia. Menurut situs resminya, KLP48 akan mengumumkan line up anggota sekaligus melangsungkan debut perdananya pada 18 Agustus mendatang.

Generasi pertama dari KLP48 akan beranggotakan 13 orang dengan kewarganegaraan yang berbeda-beda. Mereka terdiri dari tujuh orang Malaysia, empat orang Jepang, satu orang dari Hongkong, dan satu orang dari Indonesia. 

Baca juga: Rayakan Anniversary Kelima, Yuk Kenalan dengan Generasi 8 JKT48 yang Masih Bertahan

Anggota KLP48 yang berasal dari Malaysia adalah Yi Shyan, Salwa, Lucine, Amanda, Ann Drea, Tiffany, dan Khalie. Sedangkan anggota internasionalnya terdiri dari Devi dari JKT48 yang dipindahkan untuk mengisi KLP48 dan Hillary dari Hongkong. Keempat anggota Jepang yang dipindahkan dari AKB48 dan STU48 adalah Haruka, Cocoa, Suzuha, dan Yurina. 

Sebelumnya, dikutip dari Lifestyle Asia, 48 Family membuka audisi di Malaysia sekitar bulan Februari 2024 untuk mencari talenta yang pantas untuk didebutkan. Audisi ini terbuka secara global tanpa memandang kewarganegaraan. Hingga akhirnya pada bulan Maret 2024, mereka mendapatkan beberapa orang berbakat dari rentang usia 13 hingga 23 tahun yang akan didebutkan dalam KLP48. 
 

Melalui wawancaranya pada Malay Mail, Yi Shyan mengatakan bahwa setelah lolos seleksi, mereka harus dibagi menjadi tiga tim untuk dilatih bernyanyi dan menari. Meskipun Yi Shyan mengakui terdapat beberapa kesulitan dalam berlatih karena beberapa anggota masih duduk di bangku sekolah dan menempuh pendidikan di perkuliahan.

Selain itu, terdapat juga kendala dari segi bahasa. Kendati demikian, Haruka mengatakan mereka tetap mampu mengatasi kendala tersebut. Untuk mengatasinya, para anggota yang berbeda kewarganegaraan akan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. 

Sama seperti 48 group lainnya, KLP48 akan bernaung di 48 Entertainment yang dibawahi Superball Inc. Direktur 48 Entertainment mengatakan bahwa KLP48 adalah grup internasional yang akan merilis lagu dalam beberapa bahasa seperti bahasa Melayu, China, Inggris, bahkan bahasa Jepang. 

Uniknya, setiap pelatihan mereka didokumentasikan dalam serial video yang ditayangkan dalam akun YouTube resmi KLP48. Video ini bertujuan untuk memperlihatkan semangat juang mereka dalam meraih impiannya sebagai idola. Meskipun terlihat melelahkan, terdapat juga beberapa scene bahwa mereka juga terlihat bersenang-senang. 

Bahkan, para anggota internasional juga terlihat cukup senang berada di tengah-tengah budaya Malaysia, serta turut menyicipi kuliner di negara tersebut.

Menurut situs resminya, debut perdana KLP48 ini akan membawakan lagu Aitakatta di Zepp Kuala Lumpur secara langsung. Adapun beberapa sister group 48 Family yang turut memeriahkan panggung debut KLP48 diantaranya adalah AKB48, STU48, dan Quadlips. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Profil & Prestasi Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Pertama Indonesia Lolos ke Olimpiade

BERIKUTNYA

Hypereport: Cerita Inspiratif Sukses Kuliah di Universitas Terbaik Dunia dengan Beasiswa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: