Tempura Don adalah makanan khas Jepang (Sumber gambar/ilustrasi: pexels/ Jonathan Borba)

Resep Tempura Don Rumahan yang Mudah & Nikmat

28 July 2024   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi penggemar kuliner asal Jepang, Tempura Don mungkin menjadi kuliner yang sudah tidak asing lagi. Selain memiliki rasa yang nikmat, menu yang satu ini ternyata tidak sulit untuk dibuat sendiri sehingga Genhype bisa mengkreasikannya di rumah.

Dikutip dari laman Michelin Guide, tempura yang terkenal dari Jepang sebenarnya sudah ada sejak abad ke-16. Pada saat itu, misionaris Katolik dari Portugis yang datang ke Jepang membawa berbagai macam hal, termasuk cara memasak ala Barat. 

Baca juga: Resep Pad Krapow Gai, Thai Chicken Basil Pedas yang Menggugah Selera

Dalam budaya masak ala Barat yang dibawa, salah satu di antaranya adalah melapisi makanan dengan tepung, lalu menggorengnya. Cara memasak khas ala Barat ini diikuti oleh masyarakat pada saat ini. “Maka dimulailah sejarah tempura,” demikian tertulis dalam Michelin Guide.

Metode memasak dengan tepung dan goreng inipun meluas di seluruh Jepang. Setiap daerah juga memiliki perbedaan dan keunikan sendiri terkait dengan menu makanan tempura ini.

Di wilayah Jepang bagian timur, adonan tempura dbuat dengan mencampur tepung dengan telur dan air. Kemudian, tempura digoreng dengan cepat dalam minyak wijen yang memiliki suhu tinggi.

Sementara itu, di wilayah Jepang bagian barat, banyak masyarakat tidak menggunakan telur dalam adonannya. Selain itu, banyak orang juga menggoreng tempura dengan minyak bersuhu rendah. Meskipun begitu, kuliner yang satu ini terus berkembang dan penyajiannya juga beragam.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut resep yang dapat menjadi pilihan jika hendak membuat hidangan tempura sebagai lauk alternatif dalam menu makan harian:


Bahan-bahan resep Tempura Don

  • Udang                   250 gram
  • Minyak goreng   secukupnya
  • Terigu                    6-7 sendok makan
  • Maizena               1 sendok teh
  • Telur                      2 butir
  • Kaldu jamur        1 sendok teh
  • Gula putih           ½ sendok teh
  • Telur                      1 butir


Saus Tempura Don

  • Air putih               5-6 sendok makan 
  • Kecap asin           secukupnya
  • Kaldu jamur        1 sendok teh
  • Gula pasir            secukupnya


Cara membuat Tempura Don

  1. Kupas udah dari kulitnya, potong iris bagian bawah agar tidak melengkung saat digoreng
  2. Buat adonan dengan mencampur tepung terigu, telur, maizena, kaldu jamur, gula putih, dan air dingin (es). Aduk campuran tersebut serta pastikan tidak terlalu encer atau terlalu kental.
  3. Panaskan minyak dengan api sedang
  4. Kalian dapat memasukkan udang yang telah dilumuri adonan ke dalam minyak panas sampai matang berwarna kecoklatan, dan angkat.
  5. Siapkan saus untuk dilumuri di atas udang yang telah matang dengan memasukkan semua bahan. Pastikan untuk mencicipi agar rasa saus sudah sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Kalian dapat meletakkan udang yang telah digoreng dengan adonan tepung di atas nasi panas. Kemudian, siram dengan saus.
  7. Tempura Don siap dihidangkan.

Baca juga: Resep Ayam Geprek Cabai Merah & Sambal Matah Praktis untuk Masak di Rumah

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Kisah Cinta Laura Kembangkan Tujuh Lini Bisnis Kreatif yang Inklusif

BERIKUTNYA

5 Cara Membatasi Asupan Gula untuk Cegah Gagal Ginjal Akut pada Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: