Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan (Sumber foto: Pexels/Any Lane)

4 Manfaat Super Jambu Biji untuk Tubuh

24 July 2024   |   19:50 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Jambu biji merupakan tumbuhan yang populer di daerah tropis. Buahnya banyak ditanam karena lezat, rendah lemak tetapi tinggi serat, vitamin, dan antioksidan. Meskipun ada berbagai manfaat jambu biji bagi kesehatan, yang paling terkenal adalah kemampuannya menurunkan kadar gula darah.

Inilah sebabnya mengapa ekstrak daun jambu biji telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional diabetes. Selain itu, mengonsumsi jambu biji tidak memberikan risiko besar sehingga menjadikannya pilihan yang aman dan sehat untuk ditambahkan ke dalam diet harian.

Baca juga: Manfaat Ekstrak Buah Zaitun, Lebih Kuat dari VItamin C

Jambu biji juga kaya akan serat, antioksidan dan nutrisi lain seperti vitamin A, B dan C. Buah ini membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan pertahanan tubuh, meningkatkan penurunan berat badan dan kesehatan kulit.

Manfaat jambu biji bagi kesehatan berasal dari banyak khasiatnya, termasuk sifat antioksidan, antidiabetes, antihipertensi, antiinflamasi, analgesik, hipokolesterolemia, antispasmodik, antimikroba, dan astringen. Penelitian juga  menunjukkan bahwa jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mendukung kesehatan pencernaan.

Berikut ini empat manfaat super dari jambu biji terhadap kesehatan yang dikutip melalui berbagai sumber:


1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jambu biji merupakan sumber serat yang sangat baik dalam membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Mengutip situs resmi Kemenkes Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, serat dalam jambu biji dapat memperlancar gerak usus sehingga mampu mencegah sembelit serta menjaga kesehatan usus. Selain itu, ekstrak daun jambu biji diketahui dapat menurunkan intensitas buang air besar pada penderita diare serta menetralisir bakteri berbahaya di usus.


2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dalam berbagai cara. Banyak ilmuwan percaya bahwa tingginya kadar antioksidan dan vitamin dalam daun jambu biji, dapat membantu melindungi jantung kalian dari kerusakan akibat radikal bebas tingginya kadar kalium. Serat larut dalam jambu biji, juga dianggap berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung.

Menurut The Journal of Clinical and Diagnostic Research (2016), mengonsumsi jambu biji setelah dikupas dapat membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Hasil penelitian ini juga menyebutkan bahwa jambu biji juga membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

Studi lain pada 2016 menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat membantu mengatur kadar tekanan darah. Ekstrak ini juga telah digunakan oleh banyak masyarakat pedesaan Afrika untuk mengelola hipertensi.


3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Jambu biji mengandung vitamin C dalam jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu melawan infeksi dan penyakit.

Mengutip dari HealthifyMe, buah jambu biji mengandung vitamin C dapat mengurangi durasi flu. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan kandungan vitamin C dalam makanan sehari-hari kalian. Selain itu, jambu biji memperkuat penyerapan zat besi sehingga menjaga tingkat sistem kekebalan tubuh kalian.


4. Meningkatkan Jumlah Trombosit

Baik buah maupun daun jambu biji dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh, terutama bagi kalian yang sedang mengalami Demam Berdarah Dengue (DBD). Jambu biji mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk membantu proses pemulihan dengan meningkatkan trombosit. Mengutip situs resmi Kemenkes Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, daun jambu biji mengandung quercitin yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dan mengurangi risiko pendarahan pada penderita demam berdarah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Bisnis Furnitur Masih Menjanjikan, Produk Bergaya Modern & Multifungsi Paling Dicari

BERIKUTNYA

One Direction Rayakan 14 Tahun Debut, Ada Rencana Reuni?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: