Pangsit Ayam Kuah/Wonton Soup (Sumber foto: YouTube/Devina Hermawan)

Resep Spesial Pangsit Ayam Kuah ala Devina Hermawan, Kelezatan yang Penuh Makna

18 July 2024   |   17:41 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Pangsit Ayam Kuah atau juga yang dikenal dengan sebutan Wonton Soup, merupakan hidangan klasik dan oriental yang menggugah selera dari Chinese food. Dengan isian campuran daging ayam cincang dan bumbu-bumbu aromatik, lalu disajikan dalam kuah kaldu yang hangat dan bening.

Wonton soup biasanya disajikan dalam perayaan-perayaan tertentu dan acara keluarga Tionghoa. Hidangan ini bukan hanya sekedar makanan saja, tetapi juga memiliki makna simbolis. Pangsit yang terbungkus melambangkan keberuntungan yang tersembunyi, dan kuah kaldu yang jernih melambangkan kehidupan yang bersih dan sejahtera.

Baca juga: Resep Ayam Pandan Thailand Ala Chef Willgoz, Wangi dan Gurih

Berikut merupakan resep dan langkah membuat Pangsit Ayam Kuah atau Wonton Soup, melansir dari channel YouTube milik jebolan Masterchef Indonesia Devina Hermawan “Lembut Gurih! Resep PANGSIT AYAM KUAH / WONTON SOUP [Favorit Anak & Keluarga]” pada Kamis (18/7/2024).


Bahan:

1. 300 Gram Paha ayam fillet (Cincang halus)
2. 3 Siung Bawang Putih (Cincang halus)
3. 4 Siung Bawang Merah (Cincang halus)
4. 1 Butir Putih Telur
5. 2 Sdm Tapioka
6. 1 Sdm Saus Tiram
7. 1 Batang Daun Bawang (Iris tipis)
8. 2 Sdm Minyak
9. 1 1/2 Sdm Gula Pasir
10. 1 1/2 Sdt Garam
11. 1 1/2 Sdt Kaldu Jamur
12. 1/2 Sdt Merica
13. 2 Sdm Air
 

Bahan kuah:

1. 1 1/2 Liter Air
2. 1 Sdm Kaldu Ayam Bubuk
3. 1/8 Sdt Merica
4. 1/2 Sdt Garam
5. 1/2 Sdm Gula Pasir

Pelengkap:
1. Nasi Putih
2. Daun Bawang Iris
3. Kulit Pangsit
4. Minyak Bawang Putih
 

Langkah-langkah membuat 

1. Langkah pertama buat isian pangsit, kalian campurkan ayam cincang dengan bawang putih, bawang merah, putih telur, tapioka, saus tiram, daun bawang, minyak, gula pasir, garam, kaldu jamur, merica, dan air. Lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata dan membentuk adonan yang lengket.

2. Untuk membungkus pangsit, kalian bisa ambil selembar kulit pangsit, letakkan sekitar satu sendok teh adonan isian di tengahnya. Lalu basahi tepi kulit pangsit dengan sedikit air, lalu lipat dan rekatkan tepi kulit pangsit sehingga membentuk segitiga atau bentuk yang diinginkan, pastikan pangsit tertutup rapat agar tidak terbuka saat dimasak.

3. Untuk membuat kuahnya kalian bisa mulai dengan, mendidihkan air dalam panci besar. Lalu tambahkan kaldu ayam bubuk, merica, garam, dan gula pasir ke dalam air mendidih, aduk hingga bumbu larut. Setelah itu kecilkan api dan biarkan kuah tetap hangat.

4. Langkah selanjutnya memasak pangsit, masukkan pangsit yang sudah dibungkus ke dalam kuah yang mendidih, lalu masak pangsit selama sekitar 5-7 menit atau hingga pangsit mengapung dan matang.

5. Dalam penyajian kalian, tuangkan kuah dan pangsit ke dalam mangkuk saji. Lalu taburi dengan irisan daun bawang dan tambahkan sedikit minyak bawang putih untuk aroma dan rasa tambahan, setelah itu sajikan Pangsit Ayam Kuah panas bersama nasi putih.

Baca juga: Resep Ayam Saus Gochujang ala Korea yang Pedas & Nikmat

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Meiska Adinda Rilis Album Perdana Hanya Figuran, Sebuah Bukti Perjalanan Karier di Dunia Musik

BERIKUTNYA

GIIAS 2024: Jadwal Pameran, Harga & Cara Beli Tiket, Rute, hingga Shuttle Bus Gratis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: