Pemerintah Prancis berkerjasama dengan perusahaan katering makanan ternama di Prancis. (Sumber foto: Instagram/@sodexolive)

Kenalan Dengan 4 Koki Berlisensi Dunia Yang Akan Menyiapkan Hidangan di Olimpiade Paris 2024

11 July 2024   |   19:32 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Olimpiade Paris 2024 akan segera dimulai pada 26 Juli. Sebagai tuan rumah, Prancis harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, terutama menu makanan untuk para atlet. Diperkirakan sekitar 15 ribu atlet internasional dari 208 wilayah dan negara akan datang ke Paris untuk mengikuti Olimpiade ini.

Hal tersebut merupakan tantangan besar bagi Prancis karena mereka harus menyediakan makanan yang sehat dan bergizi untuk mendukung kelancaran acara tersebut. Pemerintah Prancis juga telah menyiapkan kompleks studio film Cité du Cinéma di Saint-Denis, pinggiran Paris, sebagai pusat kuliner.

Di sini, para atlet akan memiliki akses ke enam area utama yang menyajikan empat tema masakan dari Prancis, Asia, Afro-Karibia, dan berbagai masakan dunia lainnya, dengan 500 resep berbeda untuk memenuhi berbagai selera.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Olimpiade Paris 2024: Jumlah Atlet Pria & Wanita Sama

Dengan perhatian dunia tertuju pada Paris, Prancis siap untuk unjuk gigi. Selain menyajikan berbagai pilihan menu internasional, perusahaan katering Sodexo Live, yang ditunjuk oleh pemerintah Prancis, telah mengundang koki terkenal Amandine Chaignot, Alexandre Mazzia, dan Akrame Benallal.

Masing-masing koki ini telah menciptakan hidangan khas yang menggabungkan tradisi kuliner terbaik Prancis dan bahan-bahan lokal, sambil mempertimbangkan kebutuhan gizi para atlet dunia. Mengutip laman BBC, berikut menu yang akan dihidangkan di Olimpiade Paris 2024:
 

1. Koki Charles Guilloy

Selama berbulan-bulan, Chef Charles Guilloy dan timnya telah mengembangkan hidangan yang akan memuaskan dan memberi energi bagi para atlet. Hidangan andalannya menggunakan kacang lentil hijau lokal dari Yvelines, dekat Paris.

Kacang lentil ini dikenal kaya akan protein berkualitas tinggi dan berkelanjutan. Guilloy mengolahnya menjadi lentil dal yang dipadukan dengan skyr, sejenis keju yoghurt Islandia yang kaya protein dan probiotik sehat untuk usus. Dal ini diberi bumbu jeruk nipis dan daun ketumbar segar, serta dilengkapi dengan corn tuile (wafer panggang Prancis) yang renyah, menciptakan hidangan yang lezat dan bergizi.
 

2. Koki Amandine Chaignot

Chef Amandine Chaignot, yang terkenal sejak kemunculannya sebagai juri di MasterChef Prancis musim 2013/2014, Chef Amadine mengajak sejumlah pakar kuliner top Prancis, termasuk Alain Ducasse dan Éric Frechon, sebelum membuka restorannya sendiri di Paris bernama Pouliche pada tahun 2019.

Untuk hidangan khasnya di Olimpiade Paris 2024, ia memilih untuk menonjolkan unggas panggang Prancis. Menurutnya, unggas tersebut tidak hanya memiliki rasa yang lezat tetapi juga memiliki keakraban yang "meyakinkan," sehingga kemungkinan besar akan disukai oleh banyak atlet dari seluruh dunia.
 

3. Koki Akrame Benallal

Chef Akrame Benallal, lahir di Prancis dan dibesarkan di Aljazair, terpesona oleh cita rasa dan teknik internasional. Di Olimpiade Paris 2024, koki berbintang Michelin ini memadukan cita rasa internasionalnya dengan bahan dan teknik lokal.

Chef Akrame Namu memilih protein nabati, dia akan menggunakan quinoa dari dekat Orléans, kurang dari 150 km dari Paris, untuk membuat hidangan bergaya risotto yang diperkaya dengan Parmesan dan yoghurt fermentasi asap, memberikan tambahan protein dan kekayaan rasa.
 

4. Koki Alexander Mazzia

Alexandre Mazzia, seorang koki dengan tiga bintang Michelin dari restoran AM di Marseille, sebelumnya adalah pemain basket profesional dan terbiasa dengan tantangan memberi makan atlet. Hidangan khasnya untuk Olimpiade Paris 2024 menggabungkan tanaman dan makanan laut, dengan menggunakan kacang arab, bahan utama dari masakan Prancis selatan, yang diolahnya menjadi pomade halus dengan verbena.

Hidangan ini disajikan dengan bit, kacang polong, dan kaldu makanan laut yang beraroma, dibuat dengan ikan haddock dan pollock. Kombinasi unik ini mencerminkan keanggunan dan kreativitas Mazzia dalam menyajikan hidangan istimewa untuk para atlet Olimpiade. Nah, itulah para koki yang akan menyiapkan hidangan untuk para atlet yang berlaga di Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Tengok Jersey Timnas Indonesia Rancangan Didit Hediprasetyo untuk Olimpiade Paris 2024

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Benda Bersejarah Hasil Repatriasi Amerika-Indonesia Kini Sudah Diverifikasi

BERIKUTNYA

Resensi Buku I Do, Menciptakan Pernikahan Sehat lewat Metode Konstelasi Keluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: