Ilustrasi pusat kuliner. (Sumber gambar : Freepik)

5 Pusat Kuliner Populer di Jakarta yang Banyak Makanan Legendaris nan Autentik

24 June 2024   |   06:38 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta mendekati usia hampir lima abad, tepatnya 497 tahun. Dengan usia yang tidak lagi muda, tanah Betawi ini menawarkan sejumlah pesona bagi para warganya, tidak terkecuali untuk pendatang maupun wisatawan. 

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan berada di kota ini yaitu menyambangi tempat kuliner. Ya, di Jakarta kamu bisa menemukan beragam kuliner bukan hanya makanan khas Jakarta tetapi juga dari seluruh Indonesia hingga mancanegara. 

Ada banyak pusat kuliner di Jakarta yang bisa dikunjungi. Bahkan beberapa di antaranya sudah eksis sejak puluhan tahun lalu dan menawarkan street food legendaris yang bisa kamu cicipi.

Baca juga: Hypereport: Menghubungkan Budaya dan Rasa Lewat Komunitas Wisata Kuliner

Buat kalian yang ingin berburu makanan legendaris yang menggoyang lidah, berikut rekomendasi pusat kuliner yang populer di Jakarta.


1. Blok M

Blok M menjadi tempat yang tepat buat kamu yang ingin mengeksplorasi kuliner pada malam hari. Tepatnya ada di sekitaran Taman Ayodia, Jalan Barito hingga Plaza Blok M, kamu bisa menemukan ragam kuliner lokal legendaris hingga internasional yang dijajakan di pinggir jalan.

Sebut saja gultik alias gulai tikungan. Menu gulai berkuah kuning ini bisa kamu temukan di sepanjang ruas jalan Blok M. Ada pula Bubur Ayam Barito yang legendaris dengan irisan cakwe dan cheese stick.

Terbaru yang lagi viral yakni Puding Paman Barito yang terinspirasi dari pusing karamel asal Jepang. Sebaiknya datang sebelum pukul 17.00 WIB ya agar tidak perlu mengantre terlalu lama.


2. Jalan Sabang

Jalan Sabang dipenuhi oleh banyak pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai jenis makanan dan jajanan yang cukup menggoyang lidah. Salah satu wisata kuliner ikonik di Jakarta ini menawarkan ragam kuliner legendaris seperti Sate Jaya Agung yang berdiri sejak 1975. Ada pula Rimba Jaya yang menyajikan santapan khas Bintan dan Tanjung Pinang. 


3. Pecenongan

Berdiri sejak 1970-an, ada banyak kuliner legendaris seperti Bubur Kwang Tung yang menawarkan ragam cita rasa bubur mulai dari bubur abalone ayam, bubur ikan kerapu, dan bubur scallop. Ada pula pilihan aneka lauk seperti sapi tungcay, bebek panggang, dan nasi goreng ikan jambal.

Selain bubur, kamu bia memanjakan lidah dengan kuliner manis dari Martabak Pecenongan 65A yang sudah berdiri sejak 1970 dan kini memiliki ratusan cabang di sejumlah daerah di Indonesia. Jangan lupa juga mampir ke Chinesefood 99, Malacca Toast, 21 Factory Premium Gelato, Soto Ludi, Pempek Selamat, Yo Kitchen, atau Sinar Garut, ya Genhype.


4. Pasar Baru

Berada di Jakarta Pusat, Pasar Baru bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin wisata kuliner. Jangan lewatkan untuk mencicipi Bakmi Gang Kelinci, kuliner legendaris yang menyuguhkan bakmi dengan ragam cita rasa. 

Cakwe Ko Atek juga bisa menjadi pilihan jajanan ketika kamu berkunjung ke tempat ini. Cakwe yang sudah berdiri sejak 1971 ini memiliki tekstur dan aroma yang khas karena digoreng menggunakan minyak kelapa.


5. Cikini-Gondangdia

Cikini, Gondangdia, dikenal sebagai pusat kuliner kaki lima khas Jakarta yang legendaris. Suasana jadul Jakarta bakal terasa ketika kamu menjelajahi kedai-kedai di sana yang rata-rata sudah beroperasi sejak tahun 1960.

Salah satu gerai makanan yang paling populer yaitu Gado-Gado Bonbin. Tempat makan lain yang melegenda adalah Soto Jakarta Pak H. Yus yang berdiri sejak 1973 dan menyajikan berbagai macam soto, seperti soto babat, daging, paru, kikil, dan tulang muda. 

Berdiri sejak 1973, resep yang diciptakan sangat terjaga hingga kini dan membuat sajian soto terasa khas. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp36.000-Rp55.000 untuk porsi jumbo.  

Baca juga: Menikmati Kuliner Kontemporer Jepang dari Chef Hiroki Kato x Chef Edi Pancamala

Masih banyak lagi tempat lain yang terkenal sebagai destinasi wisata kuliner di Jakarta, seperti kawasan Benhil, Menteng, Kuningan, hingga sekitar Citywalk Karet yang terkenal memiliki aneka sajian yang menggoda selera para penikmat sajian ala street food.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Hypereport: Menikmati Liburan Eksploratif ala Farmhouse yang Penuh Aktivitas Seru

BERIKUTNYA

Waspada Ancaman Mengintai di Balik Smartphone AI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: