Ilustrasi anak sekolah (Sumber gambar: Unsplash/Ed Us)

Cek Jadwal MPLS 2024 dari SD, SMP hingga SMA

02 July 2024   |   17:47 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, periode libur semester sekolah sebentar lagi akan selesai. Dengan demikian, para siswa dan siswi baru tak lama lagi akan melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS tahun ajaran 2024/2025. 

MPLS adalah kegiatan awal yang bakal diikuti oleh peserta didik baru di jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK saat masuk ke lingkungan sekolah baru. Kegiatan MPLS umumnya dilakukan setiap awal tahun ajaran baru.

Sesuai aturan, MPLS diadakan oleh pihak sekolah untuk peserta didik baru. Biasanya, sekolah akan membentuk panitia MPLS yang terdiri dari guru dan kakak kelas. Panitia tersebut nantinya akan merancang serangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik baru. 

Baca juga: Bunda, Cek Daftar Kebutuhan Sekolah Anak Menjelang Back to School

Rangkaian kegiatan tersebut bisa bermacam-macam bentuknya, tetapi tujuannya satu, yakni memperkenalkan lingkungan sekolah dan teman-teman baru kepada peserta didik.

Beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan saat MPLS adalah mengenal tata tertib sekolah, pengenalan ekstrakurikuler, pengenalan tata letak sekolah, hingga kurikulum, guru, kakak kelas, dan teman sekelas.

Untuk itu, sebaiknya Genhype yang saat ini terdaftar sebagai peserta didik baru di berbagai jenjang mulai mempersiapkan diri. Sebab, akan ada banyak kegiatan yang mesti diikuti.

Pelaksanaan MPLS 2024 mungkin akan berbeda-beda setiap daerah di Indonesia. Akan tetapi, yang pasti MPLS dimulai saat libur semester berakhir dan sekolah mulai memasuki tahun pelajaran baru.

Sebagian tahun pelajaran baru 2024/2025 dimulai pada Juli ini. Khusus untuk warga Jakarta, pelaksanaan tahun ajaran baru kali ini bakal dimulai pekan depan. Berikut adalah jadwal pelaksanaan MPLS di Jakarta:
  • MPLS SMP, SMPLB, SMALB, dan SMK: tanggal 8 - 10 Juli 2024.
  • MPLS PAUD, TKLB, SD, dan SDLB: tanggal 8 - 19 Juli 2024.
  • MPLS peserta didik Pendidikan Kesetaraan Paket B atau setara SMP dan Paket C setara SMA: tanggal 1 - 3 Agustus 2024.
  • MPLS peserta didik baru Pendidikan Kesetaraan Paket A atau setara SD: tanggal 1 - 15 Agustus 2024.
Namun, mengingat jadwal MPLS 2024 bisa berbeda setiap daerah, ada baiknya kalian mulai mengecek laman resmi Dinas Pendidikan setempat untuk melihat kapan pelaksanaan MPLS akan dimulai.

Siswa dan siswi diharapkan dapat mengikuti MPLS dengan sebaik-baiknya. Sebab, ini adalah momen penting bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan sekolahnya.

Siswa mesti bisa segera menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, termasuk mengetahui aturan, kewajiban, dan hak yang diberikan di sekolah tersebut. Jadi, MPLS adalah sarana berkenalan dengan ekosistem sekolah secara menyeluruh. 

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Favorit untuk Libur Sekolah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengulik Peluang Jasa Jual Beli Mobil untuk Anak Muda

BERIKUTNYA

Daftar Pemain Film Pusaka, Ada Shareefa Daanish Hingga Slamet Rahardjo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: