Susu Kedelai (Sumber foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Cara Enak Mengatasi Gangguan Asam Lambung: Pilih Susu Skim, Kedelai atau Almond?

01 July 2024   |   13:44 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Memiliki gangguan asam lambung sering kali menimbulkan gejala tidak nyaman, seperti sakit perut, mual, dan sensasi terbakar di dada. Bagi kalian yang pernah mengalami kondisi tersebut, meminum susu dapat menjadi solusi yang menenangkan bagi penderita asam lambung.

Meskipun protein dalam susu memiliki potensi besar untuk meredakan gangguan pencernaan, perlu diingat bahwa tidak semua jenis susu cocok untuk meredakan gejala asam lambung yang sensitif.

"Beberapa orang yang sensitif terhadap lemak susu dapat mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsinya. Salah satu yang kerap dikeluhkan adalah masalah asam lambung. Meski begitu, penderita asam lambung sebenarnya tetap diperbolehkan meminum susu, tetapi mereka perlu memilih susu yang tepat agar tidak berpotensi memicu gejala ataupun memperparah GERD," jelas dr. Theresia Rina Yunita dikutip dari situs resmi klikdokter.

Baca juga: 5 Buah yang Berkhasiat Meredakan Asam Lambung

Adapun susu sapi murni sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung yang sensitif, terutama bagi kalian yang menderita intoleransi laktosa, karena dapat memperburuk gejalanya. Mengutip dari laman resmi Memorial Weight Loss Center of New Mexico, berikut jenis susu yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung.


1. Susu Skim

Susu skim merupakan varian susu bebas lemak yang diproduksi dengan cara menghilangkan sebagian besar lemak dari susu murni, sehingga mengandung hanya 0% sampai 0,5% kandungan lemak. Susu dengan kandungan lemak sangat rendah seperti susu skim ini sangat berpotensi untuk menekan produksi asam lambung berlebihan.

Bukan hanya itu, susu skim juga memiliki sifat basa dan tingkat pH tinggi yang dapat membantu meredakan keasaman lambung. Meskipun memiliki kandungan rendah lemak, susu skim juga tetap menjadi sumber nutrisi penting bagi tubuh, menyediakan vitamin B, vitamin D, vitamin E, selenium, potasium, kalsium, magnesium, dan nutrisi lainnya yang diperlukan untuk kesehatan.


2. Susu Kedelai

Susu kedelai juga menjadi alternatif yang direkomendasikan bagi kalian yang ingin menghindari susu sapi, terutama bagi penderita intoleransi laktosa. Susu ini dibuat dari ekstraksi biji kedelai dengan kandungan lemak rendah atau bahkan tanpa lemak sama sekali serta bersifat basa. Kombinasi ini membuat susu kedelai menjadi pilihan ideal untuk meredakan gangguan asam lambung.

Di tempat umum, susu kedelai terdapat dua jenis yaitu, susu kedelai murni yang terbuat dari kedelai utuh tanpa menggunakan bahan tambahan apapun, dan susu kedelai olahan yang dibuat dari biji kedelai yang telah diproses untuk menghilangkan lemaknya. Namun, seringkali susu ini ada tambahan pemanis, perasa, dan pengemulsi.


3. Susu Almond

Susu almond juga menjadi alternatif yang tepat bagi kalian yang ingin menggantikan susu sapi. Seperti susu kedelai, susu almond memiliki tingkat keasaman yang netral dan rendah lemak, sehingga sangat cocok bagi penderita asam lambung.

Selain itu, susu almond juga merupakan sumber kalsium yang vital bagi tubuh. Akan tetapi, perlu diingat bahwa susu almond umumnya mengandung lebih sedikit protein dibandingkan dengan susu skim dan susu kedelai, sehingga perlu dipertimbangkan kembali bagi yang membutuhkan asupan protein lebih tinggi.

Dengan memilih susu yang tepat, seperti susu skim, susu kedelai, atau susu almond, kalian yang memiliki gangguan asam lambung dapat menemukan solusi dengan cara enak untuk mengurangi gejala tidak nyaman pada lambung.

Baca juga: 5 Buah yang Berkhasiat Meredakan Asam Lambung

Memahami perbedaan kandungan dan sifat masing-masing jenis susu ini juga dapat membantu menjaga keseimbangan pencernaan dan kesehatan secara tubuh secara keseluruhan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Awas, Geng Ransomware Ini Paling Aktif Serang Indonesia

BERIKUTNYA

Cara Mudah Membuat Bubur Sumsum yang Lembut & Enak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: