Nama Chocolate (Sumber foto: Instagram/roycechocolate.id)

Resep dan Cara Membuat Nama Chocolate, Cokelat ala Jepang yang Lumer di Mulut dan Gampang Buatnya

27 June 2024   |   20:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Genhype, apakah kalian pernah mendengar Nama Chocolate? Nama Chocolate adalah salah satu jenis cokelat yang terkenal dari Jepang yang telah populer di seluruh dunia. Cokelat ini terkenal dengan teksturnya yang lembut karena dibuat melalui pencampuran adonan cokelat dengan krim segar yang dipanaskan secara ringan sebelum dipanggang. 

Proses tersebut nantinya akan menghasilkan sensasi lembut dan menggugah selera saat cokelat meleleh di mulut. Kelezatan Nama Chocolate dapat dirasakan ketika gulungan cokelat ini mencair di lidah. Selain itu, keunikan dari Nama Chocolate juga terletak pada rasa cokelatnya yang pekat dan krimnya yang sangat lembut.

Baca juga: Daftar Dessert Termahal di Dunia: Fruitcake hingga Puding Cokelat

Tak hanya itu, Nama Chocolate juga memiliki beragam varian rasanya yang dapat dinikmati. Selain itu, cokelat ini juga sering dibeli sebagai oleh-oleh karena rasanya yang unik dan khas. Bagi Genhype yang ingin mencoba, kalian bisa buatnya sendiri di rumah tentunya menggunakan bahan yang mudah ditemukan. Begini resep dan cara membuatnya. 
 

Resep dan Cara Membuat Nama Chocolate

 
@luvitaho Ini namanya nama chocolate, kalo gini mending gw makan sendiri drpd kasih orang #serunyakuliner #namachocolate #menuviral #reseptiktok #valentine ? Put Your Head On My Shoulder - The Macarons Project
 



Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 145 ml whipped cream cair
  • 2 jumput garam
  • 250 gr dark chocolate
  • 45 gr mentega tawar
  • Cocoa powder secukupnya
  • Cetakan kue ukuran 24 cm x 9 cm atau 16 cm x 16 cm (disesuaikan sesuai selera)
  • Baking paper


Cara membuat:

  1. Langkah pertama adalah masak 14 ml whipped cream cair diatas wadah dengan api sedang lalu tambahkan 2 jumput garam. Aduk whipped cream cair dan garam hingga mendidih. 
  2. Lalu siapkan 250 gr dark chocolate yang sudah dipotong kecil-kecil lalu tuangkan cream yang sudah di masak sebelumnya. Kemudian tutup wadah tersebut dan diamkan selama 5 menit agar meleleh. 
  3. Jika sudah di diamkan selama 5 menit, aduk cream dan cokelat hingga menyatu sampai rata. Aduk terus hingga tercampur dan tekstur cokelat menjadi kental. 
  4. Kemudian tambahkan 45 gr mentega tawar secara bertahap. Pastikan mentega tawar tercampur rata agar tekstur cokelat menjadi creamy, shiny, dan lebih enak. Lalu aduk kembali menggunakan spatula hingga tercampur rata. 
  5. Kemudian pindahkan cokelat tersebut ke dalam cetakan berukuran 24 cm x 9 cm atau 16 cm x 16 cm yang sudah dilapisi baking paper sebelumnya. Boleh juga ukuran cetakannya disesuaikan dengan selera Genhype
  6. Setelah itu ratakan adonan cokelat menggunakan spatula dan hentakkan wadah tersebut agar adonan cokelat merata ke seluruh wadah dan tidak menggumpal.
  7. Kemudian simpan adonan cokelat tersebut di kulkas selama 2 hingga 3 jam lamanya atau disesuaikan dengan selera kalian.
  8. Setelah sudah didinginkan, keluarkan cokelat dari wadah kemudian pindahkan ke tempat lain. Lalu potong cokelat dengan pisau yang sudah dipanaskan sebelumnya. 
  9. Potong cokelat menjadi bentuk kotak-kotak sesuai bentuk Nama Chocolate. Jika sudah, taburkan cocoa powder diatas cokelat lalu sajikan. 

Baca juga: Resep Cokelat Truffle, Kudapan Manis untuk Kado Valentine

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Nada Puspita X Hong Kong Tourism Board Luncurkan Busana Modest yang Travel Friendly

BERIKUTNYA

Pamungkas Rilis Single Baru "New Feeling" dari Album "Hardcore Romance"

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: