Hidangan penutup (Sumber foto: Pexels/Igor Ovsyannykov)

Daftar Dessert Termahal di Dunia: Fruitcake hingga Puding Cokelat

21 March 2024   |   21:39 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Makanan penutup atau yang sering disebut sebagai dessert tak pernah jauh dari kata manis. Hidangan yang disajikan setelah makanan utama ini hadir dalam berbagai variasi, seperti kue, puding, es krim, buah segar, mousse, kue kering, minuman manis, dan cokelat. 

Hidangan penutup umumnya disajikan di banyak restoran dan hotel sebagai bagian dari menu andalan mereka. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, hidangan penutup juga tersedia di pasaran dengan berbagai konsep hidangan yang menarik. 

Baca juga: Daftar Keju Termahal di Dunia, Ada yang Terbuat dari Susu Rusa

Akan tetapi, ada hidangan penutup yang mungkin tidak semua orang bisa mencicipinya. Bagaimana tidak, beberapa hidangan ini dinobatkan sebagai hidangan penutup termahal di dunia.
 

Hidangan penutup (Sumber foto: Pexels/fu zhichao)

Hidangan penutup (Sumber foto: Pexels/fu zhichao)


Penasaran apa saja hidangannya? Dilansir melalui Finances Online, berikut adalah daftarnya. 


1. Strawberries Arnaud

 
 
Stroberi Arnaud adalah hidangan penutup spesial yang diciptakan oleh Arnaud's Restaurant di New Orleans saat hari Valentine pada 2016. Hidangan ini disajikan dengan berbagai tambahan penyajian mewah seperti topping serpihan emas 24 karat, whipped cream, es krim vanilla, serta campuran sampanye dan minuman keras mahal lainnya. 

Stroberi Arnaud memiliki harga yang sangat fantastis, yakni Rp154 miliar. Selain bahan-bahan mewah yang digunakan, hidangan ini juga disajikan dengan sebuah kotak berisi cicin pertunangan berlian biru royal 10,06 karat yang ditempatkan di dasar piring.


2. Diamond Fruitcake 

Salah satu toserba yang ada di Takashimaya, Tokyo pernah memesan kue spesial dengan harga yang sangat tinggi. Kue tersebut adalah Diamond Fruitcake yang dibanderol dengan harga Rp27 miliar. 

Kue ini dibeli bukan untuk dimakan, melainkan dipajang untuk bagian dari promosi toserba tersebut. Diamond Fruitcake dibuat dengan sangat megah karena memiliki 223 berlian yang tertanam di dalamnya dengan total berat mencapai 170 karat. Proses pembuatan kue ini memakan waktu yang lama, dengan proses desain yang memakan waktu 6 bulan dan pembuatan kue selama 1 bulan. 


3. The Absurdity Sundae

The Absurdity Sundae adalah salah satu hidangan penutup termahal di dunia dengan harga Rp940 juta. Alasan mengapa Sundae ini sangat mahal adalah karena promotor akan menyediakan perjalanan ke Gunung Kilimanjaro di Tanzania dengan akomodasi bintang lima. Di gunung tersebut, seorang chef akan menggunakan es glasial dari puncak Gunung Kilimanjaro untuk membuat es krim.

Sundae itu sendiri terdiri dari banana split yang biayanya sekitar Rp52 juta dan dibuat dengan pisang serta sirup dari anggur langka. Selain itu, pelanggan akan diberi sendok khusus yang dibuat pada 1850-an untuk menyantap hidangan ini


4. The Lindeth Howe Country House Hotel Chocolate Pudding

Hidangan penutup yang dibuat oleh Chef Marc Guibert di Lindeth Howe Country House Hotel, Inggris ini menjadi rekor dunia sebagai puding coklat termahal yang dibanderol harga Rp532 juta. Puding cokleat ini tak hanya dibuat dengan bahan-bahan mewah, tetapi juga beberapa hiasan yang membuatnya menjadi sangat eksklusif. 

Baca juga: 5 Ras Kucing Termahal di Dunia, Harganya Capai Miliaran

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan puding ini terdiri dari emas yang bisa dimakan, kaviar, coklat lezat, dan berlian 2 karat yang tidak dapat dimakan. Bagian dari puding yang dapat dimakan terdiri dari lapisan daun emas yang dapat dimakan, empat rasa cokelat Belgia, serta kaviar emas dan sampanye. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Bandara dengan Landasan Pacu Terpendek di Dunia, Ada yang 400 Meter

BERIKUTNYA

Mencicipi Sajian Menu Berbuka Puasa ala Nusantara dari Sahid Jaya Lippo Cikarang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: