Ilustrasi microwave. (Sumber foto : Freepik/Vecstock)

Rekomendasi Microwave, Masak Praktis Buat Kaum Urban

25 June 2024   |   09:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kegiatan yang padat membuat masyarakat urban butuh kepraktisan dalam berbagai hal. Salah satunya menyediakan makanan baik untuk sarapan ataupun makan malam. Didukung perkembangan teknologi, perusahaan elektronik pun mengakomodir kebutuhan ini dengan menyediakan peralatan memasak seperti microwave.

Seiring waktu, microwave pun bukan hanya berfungsi memanaskan atau mencairkan makanan saja. Product Strategy Group Small Home Appliances Rulina Astri Ningsih mengatakan ada beberapa jenis produk microwave yang bisa dipilih, mulai dari solo microwave yang berfungsi memanaskan saja, grill microwave untuk memanaskan dan memanggang. 

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Oven & Microwave

Kemudian, convection microwave yang bisa digunakan untuk memanaskan, memanggang, bakar, dan memanggang mirip ketika menggunakan oven konveksi. Lalu ada pula superheated steam oven microwave yang terbilang paket lengkap. Oven ini bisa berfungsi sebagai sterilizer untuk peralatan makan bayi atau botol bayi.

Pengguna bisa menyesuaikan diri untuk memilih jenis microwave sesuai kebutuhan. Sebagai pemula, bisa menggunakan solo microwave dengan tombol knop yang penggunaannya lebih mudah dan harganya jauh lebih murah.

Kendati demikian, microwave yang paling banyak diincar kaum urban yakni model grill. Sharp memiliki microwave grill inverter oven yang bisa membuat masakan lebih cepat matang dan pemanasnya lebih merata dibandingkan. Setidaknya ada tiga model yang ditawarkan yakni R65GXBS berkapasitas 23 liter, R751GXBS yang kapasitasnya 25 liter, dan R753GXBS dengan kapasitas 28 liter.

Dari ketiga model ini, perbedaan terletak pada kapasitas dan konsumsi daya. Semakin besar kapasitasnya, dayanya juga semakin besar. Penggunaan dayanya paling rendah 900 Watt hingga 1100 Watt untuk memanaskan ataupun memanggang. “Tetapi ada energi saving mode karena memakai teknologi Japan inverter sampai 13 persen,” ujarnya.
 

Microwave Sharp. (Sumber foto : Sharp)

Microwave Sharp. (Sumber foto : Sharp)


Memiliki berat 12,5 kg untuk ukuran 28 liter, microwave ini memiliki digital control panel dengan berbagai mode fungsi yang ditawarkan. Peralatan elektronik masak ini juga ramah anak karena memiliki fitur child lock.

Dalam paket pembelian, terdapat piringan untuk memanaskan dan rak stainless untuk menaruh masakan yang akan dipanggang. Penggunaan rak stainless katanya tidak diperbolehkan untuk memanaskan makanan karena memicu percikan dan bisa saja menimbulkan ledakan.

“Karena dia pakai gelombang mikro dan nanti akan terjadi percikan gitu. Tapi kalau untuk penggunaan fungsi grill, dia akan aman karena untuk fungsi grill itu dia tidak menggunakan gelombang mikro,” jelas Astri.

Ya, perlu diperhatikan dalam penggunaan microwave, terutama ketika dalam mode memanaskan. Selain rak stainless, alumunium foil, pinggan berbahan logam, dan kertas daur ulang juga tidak diperbolehkan ketika memanaskan makanan. 

Selain memperhatikan wadah yang masuk ke dalam microwave grill inverter oven, kebersihan juga perlu diperhatikan. Ketika membersihkan microwave, Astri menyarankan tidak menggunakan cairan berbahan kimia seperti sodium hidroksida terutama pada bagian dalam. 

Cara terbaik untuk membersihkan bagian dalam microwave yakni menaruh mangkuk berisi air dan lemon lalu memanaskannya. Setelah itu bersihkan dengan waslap kering. “Untuk bagian luarnya itu bisa dengan sabun cuci piring sama air tapi jangan busanya terlalu banyak, terus dilap, habis itu dikeringkan, harus kering total,” tuturnya. 

Ketika membersihkan, microwave harus dalam keadaan mati atau tidak tersambung dengan aliran listrik. Bila pengguna suka memanggang kue, sebaiknya microwave dibersihkan sekali dalam sepekan. 

Selain Sharp, Samsung juga memiliki microwave yang juga berfungsi untuk memanggang. Ada model MG30T5068CY/SE yang tampil menarik dengan warna Sky Blue dan MG30T5068CF/SE dengan warna Beige.

Andika, Product Experience Samsung menerangkan biasanya microwave tampil dengan warna hitam atau silver. Nah, dengan kehadiran warna-warna pastel ini, bisa membuat tampilan dapur lebih cantik. Fungsinya pun tidak kalah menarik. 

Keunggulan dari microwave ini memiliki fitur power & bread defrost yang dapat mencairkan bahan makanan beku dari freezer dengan satu sentuhan. Fitur ini secara otomati menghitung waktu dan suhu optimal untuk mencairkan daging, ikan, roti, atau kue. “Akan langsung menghangatkan kita enggak perlu atur suhunya berapa, waktunya berapa, itu semua sudah otomatis,” jelasnya. 
 

Microwave Samsung. (Sumber foto : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Microwave Samsung. (Sumber foto : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Ada pula fitur grill (crusty plate) yang digunakan untuk memasak dan memanggang makanan. Jadi, pengguna bisa menikmati rasa dan tekstur terbaik dari makanan beku yang siap masak, seperti irisan daging ikan, serta ayam segar, tetapi tidak menggunakan minyak, sehingga makanan lebih sehat.
  
Makanan pun lebih matang merata dengan triple distribution. Sistem unik ini mendistribusikan gelombang mikro dalam 3 arah, sehingga menjangkau ke setiap sudut dan menembus makanan dari berbagai arah. Ditambah fitur auto cook, pengguna bisa memasak lebih praktis. Sebab, ada program menu yang bisa dipilih dengan mode, waktu, dan suhu optimal. 

Setidaknya ada 100 menu yang tersedia. Cukup pilih jenis dan berat makanan dan makanan akan siap dengan sempurna. Fitur auto cook menggunakan daya maksimal 1.200 watt. 

Andika menyebut pengguna tidak perlu khawatir dengan konsumsi daya. Pasalnya ada fitur ECO Mode. yang secara signifikan mengurangi konsumsi energi dengan daya standby terendah. Saat tidak memasak, daya yang digunakan untuk mempertahankan fungsi-fungsi penting dijaga agar tetap minimum.

Adapun material microwave grill dari Samsung menggunakan bahan keramik yang anti gores dan anti bakteri. Bahan ini mudah dibersihkan tanpa digosok dan tidak akan berubah warna seiring waktu. Institut Hohenstein Jerman telah menyetujuinya sebagai 99,9 persen anti-bakteri. 

Permukaannya pun 7 kali lebih tahan gores dan tahan karat dibandingkan dengan interior lainnya. Pembersihannya pun cukup mudah, tinggal dilap saja menggunakan kain bersih.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Implementasi Masif AI Bisa Jadi Bom Waktu untuk Industri Perfilman

BERIKUTNYA

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Oven & Microwave

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: