Ilustrasi set up PC gaming. (Sumber foto: Pexels/Roberto Nickson)

5 Kiat Merakit PC Gaming Agar Terlihat Rapi dan Berfungsi Baik

24 June 2024   |   17:16 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Bagi Genhype yang gemar memainkan gim berbasis PC, atau bahkan baru saja memulai hobi ini, tentunya ingin memiliki kualitas terbaik demi kenyamanan bermain gim. Meski kadang terlihat rumit, merakit PC Gaming sebenarnya memiliki kepuasaan tersendiri bagi para penggunanya. 

Tak hanya itu, merakit PC Gaming juga bisa menjadi hobi karena membutuhkan tingkat ketelitian dan wawasan yang luas dalam mengetahui spesifikasi bagian-bagian PC. Maka dari itu, proses merakit PC tidak dapat dilakukan secara asal dan harus memperhatikan beberapa hal penting.

Baca juga: Gamer Mobile, PC & Konsol, Mana Yang Lebih Loyal Keluarkan Uang?

Nah Genhype, sebelum memulai untuk merakit PC Gaming sendiri, simak kiat-kiat untuk mempermudah proses merakit PC Gaming agar ciamik dan rapi dari berbagai sumber:
 

1. Pastikan semua komponen kompatibel (software & hardware)

Sebelum mulai merakit PC Gaming, pastikan semua komponen saling kompatibel dengan satu sama lain. Untuk itu Genhype bisa cek spesifikasi yang tertera pada boks atau deskripsi e-commerce sebelum membeli komponen tersebut.

Sebagai contoh, setiap motherboard pasti memiliki tipe socket yang berbeda-beda untuk SSD tertentu. Jika tidak sesuai, maka salah satu komponen tersebut akan rugi untuk dibeli. Apalagi jika Genhype memiliki bujet terbatas, kesalahan ini bisa menjadi fatal. 

Adapun, beberapa komponen seperti CPU dan GPU akan disertakan bersama software tertentu untuk dioperasikan. Pastikan Genhype juga sudah mengunduh update terbaru agar sistem PC Gaming mudah tersinkronisasi. 
 

2. Pilih tempat merakit yang sesuai

Mengingat banyak komponen PC yang sensitif dan dikemas dalam boks besar, sebaiknya pilih tempat yang lebar dan memiliki pencahayaan yang baik. Dengan begitu, Genhype bisa lebih leluasa memasang komponen dan meminimalisir kerusakan pada komponen. 

Sebagai contoh, meja kayu yang tinggi dan lebar dapat menjadi tempat merakit PC Gaming yang baik, karena komponen PC akan berkontras dengan permukaan meja. Sehingga Genhype bisa menata urutan pemasangan komponen dengan baik. 
 

3. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Umumnya komponen PC akan membutuhkan obeng berukuran sedang untuk mengencangkan atau melonggarkan sekrup. Selain itu, jika ada komponen yang mungkin tersangkut pada permukaan yang sempit, alat pencongkel akan sangat berguna. Kemudian untuk komponen yang lebih kecil seperti sekrup atau baut, penggunaan tang juga direkomendasikan.

Sebagai pencegahan ekstra untuk mengurangi resiko listrik statis yang dapat merusak komponen Genhype, gunakan sarung tangan anti listrik statis saat menanganinya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan thermal paste ekstra jika dirasa kurang cukup.
 

4. Buka dan pasang komponen secara perlahan 

Komponen seperti CPU dan GPU memiliki cabang kecil yang sangat sensitif, yang jika bengkok dapat menyebabkan penurunan performa, bahkan error pada hardware. Untuk mengatasi hal itu, berikan tekanan yang cukup saat memasang setiap komponen.

Perhatikan juga bagaimana komponen-komponen tersebut akan terpasang sesuai buku instruksi yang sudah disertakan dalam boks pembelian.  Ini karena beberapa produsen memiliki cara pemasangan yang khusus. 
 

5. Manajemen kabel

Selain menciptakan sistem PC Gaming yang rapih dan enak dilihat, cable management yang baik juga mampu mengurangi resiko kerusakan akibat kabel yang terlilit. Untuk itu, Genhype bisa menyortir kabel sesuai arah koneksi pada komponen, serta menggunakan kabel ties jika ada kabel yang longgar.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Cek 5 Karya Perlawanan 'Terakhir' Sanggar Bumi Tarung dalam Pameran Sampai Batas Tarung

BERIKUTNYA

Sensasi Menyantap 3-Course Menu Khas Prancis dengan View Marina Bay di Maison Boulud

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: