Suasana kota Jakarta. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Fanny Kusumawardhani)

Agenda Ulang Tahun Jakarta 22-23 Juni 2024, Ada Konser Musik dan Gebyar Seni Betawi 

21 June 2024   |   10:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta akan merayakan ulang tahunnya yang ke-497 pada 2 Juni 2024. Menyambut momen tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghadirkan serangkaian acara meriah yang telah dimulai sejak Mei hingga Juni 2024. Beberapa di antaranya seperti ragam festival budaya, konser musik, sampai event belanja.

Peringatan HUT Kota Jakarta ke-497, kali ini mengusung tema Jakarta Kota Global Berjuta Pesona. Momen ini juga sekaligus menandai peralihan status ibu kota negara menuju arah pembangunan baru menjadi kota global. 

Baca juga: Cek Jadwal Lengkap Konser di Jakarta Fair Kemayoran 2024

Selama hampir 500 tahun, Jakarta telah melewati berbagai perubahan. Ketangguhan warganya membuat Jakarta terus berkembang menjadi kota megapolitan yang progresif. Tahun ini, Jakarta juga akan menghadapi perubahan perannya sebagai ibu kota yang akan mengarah ke kiblat baru, yakni kota global.

Melepaskan status sebagai ibu kota negara, tidak membuat Jakarta kehilangan pesonanya. Kota ini tetap menjadi pusat berbagai aktivitas positif dan menjadi rumah bagi jutaan mimpi warganya. Kini, Jakarta bertransformasi menjadi kota global dengan keunikan dan keragaman budayanya.

Mengutip dari laman Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta, berikut rangkaian acara meriah pada 22-23 Juni 2024 untuk menyambut peringatan HUT ke-497 Kota Jakarta.
 

6 Juni - 10 Juli - Jakarta Great Sale

Lebih dari 80 merek fesyen lokal dan internasional akan memberikan program diskon serentak hingga 70 persen. Ajang belanja Jakarta Great Sale akan berlangsung di 94 mal atau pusat perbelanjaan di seluruh kota Jakarta.
 

12 Juni - 14 Juli - Jakarta Fair 

Jakarta Fair tahun ini digelar pada 12 Juni - 14 Juli 2024 di Arena JIEXPO Kemayoran. Acara bazaar terbesar ini menghadirkan promo menarik untuk kamu yang suka berbelanja, deretan produk kuliner lokal dan mancanegara, serta penampilan spesial musisi tanah air dalam gelaran konser musik yang diselenggarakan setiap harinya.
 

22 Juni - Upacara Peringatan HUT Ke-497 Kota Jakarta

Upacara Peringatan HUT Ke-497 Kota Jakarta akan digelar di Plaza Selatan Monas. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajak seluruh elemen masyarakat Jakarta, untuk berpartisipasi mengikuti upacara bendera dalam puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta.
 

22 Juni - Malam Jaya Raya

Malam Jaya Raya di Monas menghadirkan panggung hiburan yang dimeriahkan oleh penyanyi kenamaan Indonesia, yakni Wali, Nella Kharisma, Siti Badriah, Gigi, Sandhy Sondoro, Budi Doremi, Cakra Khan. Selain itu, ada juga video maping, drone show, kembang api, dan peragaan busana.
 

22 Juni - Jakarta International Kite Festival 

Jakarta International Kite Fest atau Festival Layang-Layang 2024 mulai 22 Juni - 7 Juli 2024 di Lagoon Beach Ancol. Jakarta International Kite Fest 2024 mengusung tema 'Merajut Langit, Menggapai Impian'. Festival ini mengundang para penggemar layang-layang, seniman, dan pengunjung untuk menikmati keindahan dan kreatifitas layang-layang.
 

22 Juni - Konser Persembahan HUT Ke-497 Kota Jakarta

Konser persembahan HUT Ke-497 Kota Jakarta akan digelar di Pantai Carnaval Ancol pada Sabtu, 22 Juni 2024. Konser musik ini akan menampilkan sejumlah musisi kenamaan tanah air seperti Dewa 19 featuring Virzha, Andra and The Backbone, dan lainnya.
 

22-23 Juni - Jakarta Light Festival 

Jakarta Light Festival 2024 akan menghadirkan berbagai pertunjukan menarik, seperti pertunjukan cahaya yang memukau, video maping, serta berbagai penampilan dari Komunitas Kota Tua. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan spesial beberapa musisi seperti Sigit Wardana, Hasband, Rio Adiwardhana, Annisa Nurfauzi, D’Cinnamons, dan OM Manraga.
 

22-23 Juni - Gebyar Seni Budaya Betawi 

Gebyar Seni Budaya Betawi dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut dalam rangka peringatan HUT Ke-497 Jakarta. Lokasinya di Perkampungan Budaya Betawi. Acara ini diisi oleh workshop gratis pengenalan Budaya Betawi seperti tari, musik, permainan anak, pantun, kuliner, membatik, dan lain-lain.

Selanjutnya, ada juga pameran Mengikat Warna Menjalin Makna: 'Pakaian Betawi dari Masa ke Masa', Gebyar Seni Budaya Perkampungan Betawi, penampilan tari karya Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Selatan, serta bazar kuliner dan souvenir.
 

23 Juni - Jakarta International Marathon (JAKIM)

Jakarta International Marathon menjadi momentum paling tepat bagi para penggemar olahraga lari untuk menikmati keindahan Jakarta dengan tetap sehat dan bugar. Lokasi start-nya di Silang Barat Laut Monas dan finish di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

JAKIM menjanjikan kegiatan yang seru dan menyenangkan, yang melintasi landmark ikonik Jakarta. Plus, menikmati penampilan spesial dari MALIQ & D'Essentials!

Nantinya akan ada penutupan 34 ruas jalan sepanjang rute yang meliputi kawasan Monas hingga GBK. penutupan jalan selama penyelenggaraan JAKIM 2024 ini akan berlaku pada Minggu, 23 Juni 2024 pagi hingga siang dari pukul 04.00 sampai 12.00 WIB.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Rekomendasi 4 YouTuber dengan Konten Pelesiran yang Seru dan Edukatif

BERIKUTNYA

Mengenal Fenomena Bulan Purnama Stroberi yang Muncul Malam Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: