Grup band Morfem (Sumber gambar: Instagram/@morfem_band)

Grup Band Morfem Rilis Single Terbaru yang Berjudul 'Roman Rafah 2024'

20 June 2024   |   16:09 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Grup band rock-alternative asal Jakarta, Morfem akhirnya merilis single terbarunya yang berjudul ‘Roman Rafah 2024’ pada, Kamis (20/06/2024). Lagu yang berdurasi 3 menit 44 detik tersebut terinspirasi dari kondisi konflik antara Palestina dan Israel yang dikemas dengan lirik romantis nan menyentuh khas Morfem.

“Langit kian merekah merah, peluru mencakar angkasa, keluarga kita berguguran. Entah sampai kapan kita bertahan atau kah kan mati bersama,” demikian sepenggal lirik dari lagu Roman Rafah 2024.



Selain memiliki lirik yang puitis, lagu tersebut juga menggambarkan penderitaan dan harapan manusia di tengah-tengah konflik yang terjadi di Palestina. Lewat lagu ‘Roman Rafah 2024’, diharapkan tidak hanya menjadi karya musik yang menghibur, tetapi juga sebagai bentuk solidaritas dan bentuk dukungan terhadap situasi yang sedang berlangsung di Palestina.

Baca juga:  Grup Band Punk Rock Sex Pistols Siapkan Konser Reuni Agustus 2024

Sejatinya, single terbaru Morfem tersebut sempat diputar dan dimainkan oleh Jimi Multhazam dan kawan-kawan secara live di mini konser ‘Morfem 15 Tahun Membara’ pada 1 Mei 2024, di Semarang, Jawa Tengah. Beberapa potongan klip video dari lagu terbaru Morfem juga sempat diunggah oleh sang vokalis di akun resmi Instagram pribadinya.

Selain itu, Jimi Multhazam juga mengatakan dalam keterangan resminya di Instagram, musik dan notasi dari lagu terbarunya itu sudah dia dapatkan sejak 2021. Pada awalnya, lagu tersebut direkam oleh Jimi seorang diri dengan versi awal. Baru pada 2023, lagu terbarunya itu akhirnya digarap dan direkam dengan versi Morfem.

Hingga pada akhirnya, lagu terbaru dari Morfem itu diberi judul 'Roman Rafah 2024' pada 4 Juni 2024. Tepat pada keesokan harinya, lagu Roman Rafah 2024 dibawakan secara perdana (dengan menggunakan judul) dalam gelaran konser Morfem di Bandung. Meskipun demikian, lagu tersebut saat itu belum dirilis secara masal dan baru hanya dimainkan dalam beberapa konser Morfem.

Selain memperkenalkan single ‘Roman Rafah 2024’ saat konsernya di Bandung, Morfem juga turut memperkanlkan dua single terbaru lainnya seperti Bosan Jadi Negara Dunia 3 dan Berpaling Dari Cerita Kemarin. Namun, sampai saat ini belum ada bocoran mengenai tanggal perilisan dari dua lagu terbaru lainnya tersebut.
 

Morfem sendiri merupakan grup musik rock-alternative yang terbentuk pada 2009 di Jakarta. Band yang berisikan Jimi Multhazam (vokalis), Pandu Fathoni (gitaris), Yusak Anugrah (pemain bas), Freddie A. Warnerin (pemain drum) terbentuk dari kejenuhan sang vokalis, Jimi Multhazam dengan band The Upstairs.

Adapun, lagu Roman Rafah 2024 sudah bisa Genhype dengarkan di berbagai platform streaming musik kesayangan kalian. Sikat, friend.

Lirik lagu Roman Rafah 2024

Kita jumpa di tepi Rafah
Direruntuhan kota kita
Paska serangan yang semalam
Kau imbuhkan nuansa
Di gelap nan mencekam
Yang tak terlupakan

Dan kita merayakannya
Dalam sebuah tenda
Sederhana namun dikenang
Begitu mewahnya
Bagaikan raja diraja
Di alam fikiran
Begitu lagu dinyanyikan

Langit kian merekah merah
Peluru mencakar angkasa
Keluarga kita berguguran
Entah sampai kapan kita
Bertahan atau kah
Kan mati bersama

Baca juga:  Band Heavy Metal Asal Bandung Burgerkill Kembali Tur Konser di Eropa

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Sejarah Blok M dan Transformasinya Menyambut HUT Jakarta ke-497

BERIKUTNYA

Biar Enggak Bingung, Ini Urutan Nonton Serial Joko Anwar's Nightmares and Daydreams di Netflix

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: