Ilustrasi sampo tanpa SLS (Sumber foto: freepik)

5 Manfaat Menggunakan Sampo Tanpa SLS untuk Rambut dan Kulit Kepala

19 June 2024   |   14:54 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Merawat kesehatan rambut sangat penting untuk mencegah kerusakan yang bisa mengganggu penampilan. Salah satu cara yang efektif untuk merawat rambut adalah menggunakan sampo yang tepat. Sampo punya peran penting dalam membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, serta minyak berlebih.  

Namun, penting juga untuk memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut masing-masing. Ada banyak pilihan sampo di pasaran, tetapi tidak semua punya kualitas yang baik. Sebagai contoh, beberapa sampo mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS), sebuah bahan yang dapat membuat rambut menjadi kering dan mudah rusak jika digunakan secara terus-menerus.

Dilansir melalui Healthline, SLS adalah zat aktif yang digunakan dalam banyak produk pembersih, termasuk sampo yang berguna untuk menghasilkan busa yang melimpah. Dibandingkan dengan bahan pembersih lain dalam sampo, sulfat memang memiliki efek pembersihan yang mendalam karena kemampuannya untuk mengangkat kotoran rambut. 

Namun, penggunaan SLS yang berlebih akan berdampak pada kesehatan kulit kepala dan rambut sehingga Genhype harus menghindari penggunaan SLS pada sampo secara terus menerus. Berikut adalah manfaatnya jika kalian menghindari SLS bagi kulit kepala dan rambut. 

Baca juga: Cara Merawat Rambut Kusut dan Rontok, Kuncinya di Sampo dan Sisir
 

Ilustrasi rambut sehat (Sumber foto: jcomp)

Ilustrasi rambut sehat (Sumber foto: freepik/jcomp) 

1. Tidak kehilangan minyak alami rambut

Sulfat dalam sampo memberikan efek berbusa yang membantu menghilangkan kotoran dari rambut dan kulit kepala. Dilansir dari Herbal Essence, meskipun efektif dalam membersihkan kotoran, sulfat juga dapat menghilangkan minyak alami penting dari rambut.

Minyak alami ini penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut secara alami. Ketika rambut kehilangan minyaknya, maka rambut akan terasa lebih kering dan rentan rusak.


2. Rambut tetap kuat

Untuk beberapa jenis rambut, penggunaan sampo yang mengandung sulfat dapat menyebabkan rambut menjadi kering. Hal ini bisa mengakibatkan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Oleh karena itu, memilih untuk menggunakan sampo yang bebas sulfat dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. 


3. Menjaga kelembapan rambut

Kelembapan sangat penting untuk rambut agar terhindar dari masalah seperti ujung rambut bercabang dan kerontokan. Sampo yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) cenderung menghilangkan kelembapan dari serat rambut sehingga membuat rambut terlihat kusam dan kusut. Di sisi lain, sampo yang bebas sulfat membantu mempertahankan kelembapan alami pada rambut, terutama ketika menggunakan bahan-bahan alami seperti aloe vera. 


4. Mengurangi iritasi/peradangan

Karena sulfat adalah bahan kimia yang keras, sampo tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Hal ini dapat berpotensi pada peradangan di kulit rambut jika digunakan terus menerus. 


5. Melindungi dari kerontokan rambut

Penggunaan tak tepat dari sampo yang mengandung SLS dapat berpotensi menyebabkan kerontokan rambut. Penggunaan berlebihan dan tidak membilas sampo dengan baik dapat meninggalkan residu SLS pada folikel rambut yang dapat merusaknya dan mengakibatkan kerontokan rambut. Selain itu, diketahui bahwa SLS dapat mengurangi laju pertumbuhan rambut baru. 

Baca juga: 4 Kiat Mencegah Kebotakan Dini pada Pria, Jangan Asal Pilih Sampo

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Film dan Drama Korea Tayang di VIU Juni 2024, Ada High School Return of a Gangster 

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Olahraga Untuk Turunkan Kolesterol

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: