Ayam rebus cabai garam (Sumber foto: Instagram/heytheresia)

Resep Ayam Rebus Cabai Garam, Bikin Menu Masakan Jadi Lebih Bervariasi

07 June 2024   |   20:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Like
Bagi yang gemar memasak di rumah, situasi bingung mau masak apa barangkali kerap terjadi. Sudah mencoba berbagai menu masakan, tapi tetap merasa jenuh dengan pilihan yang itu-itu saja. Apalagi, jika setiap hari harus menyiapkan masakan sendiri, kebosanan bisa makin menjadi-jadi. 

Genhype mungkin sudah banyak mencari resep baru, tapi tidak selalu menemukan yang benar-benar cocok dengan selera dan ketersediaan bahan yang ada di rumah. Nah, buat kalian para pencinta makanan pedas, ada satu resep masakan enak dan simpel yang bisa kalian coba nih, yaitu ayam cabai garam. 

Baca juga: Resep Grilled Chicken Potato & Spinach Rendah Kalori, Cocok untuk Menu Diet

Biasanya, cabai garam digunakan sebagai bumbu untuk lauk yang digoreng, seperti ikan atau cumi. Namun, resep kali ini bisa menjadi sesuatu yang berbeda, dengan menggunakan ayam rebus.

Ayam rebus yang empuk dan juicy berpadu dengan cabai garam yang pedas dan gurih bisa sangat menggugah selera. Selain itu, menggunakan ayam rebus juga membuat masakan ini lebih sehat dibandingkan dengan versi gorengnya.

Resep ini sangat cocok untuk kalian yang sedang mencari variasi menu masakan di rumah. Proses memasaknya pun tidak terlalu rumit, sehingga bisa diikuti oleh siapa saja. Jadi, jika kalian sedang merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja dan ingin mencoba sesuatu yang baru dan pedas, ayam cabai garam versi rebus ini bisa kalian coba Berikut resepnya.


Resep Ayam Rebus Cabai Garam 

 

Bahan-bahan

  • 700 gr ayam atau 4 potong
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 3 lembar daun pandan
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas jahe


Bumbu cabai garam

  • 3 sdm minyak goreng
  • 8 siung bawang putih
  • 15 buah rawit merah atau sesuai selera
  • 1 batang daun bawang
  • Garam dan kaldu jamur secukupnya


Cara membuat

  1. Siapkan air di atas wajan lalu masukkan bawang putih, jahe, dan pandan sesuai takaran. Kemudian masukkan juga beberapa potong ayam sesuai kebutuhan Genhype. Rebus semua bahan dengan api sedang hingga ayamnya matang dan semua bahan meresap. 
  2. Jika dirasa sudah matang, tiriskan ayam lalu pindahkan ke wadah lain. 
  3. Selagi menunggu ayam di dinginkan, tumis bumbu cabai garam dengan panaskan minyak di atas wajan. Lalu, masukkan bawang putih yang sudah dicincang, cabai rawit merah yang sudah dipotong, garam, kaldu jamur, lalu daun bawang yang sudah dipotong. 
  4. Tumis semua bahan tersebut hingga daun bawang mengering dan tercium aroma harum. Jika sudah matang, angkat dan pindahkan ke wadah lain. 
  5. Langkah selanjutnya adalah suir potongan ayam yang sudah direbus sebelumnya menjadi beberapa bagian. Kemudian ayam yang sudah disuir itu bisa kalian tambahkan kecap asin sesuai selera lalu campur dengan cabai garam yang sudah ditumis sebelumnya dan aduk hingga rata. 
  6. Kalian bisa sajikan ayam rebus cabai garam kemudian tambahkan perasan jeruk lemon. 
Baca juga: Masaknya Mudah, Ini Resep Daging Sapi Limau Sereh yang Menggugah Lidah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hadir dengan Wajah Baru, Museum Benteng Vredeburg Kembali Buka Sampai Malam

BERIKUTNYA

4 Julukan Unik Binaragawan Legendaris Amerika Serikat, Tom Platz sampai Mike Mentzer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: