Manhwa Windbreaker (Sumber foto: Webtoon)

4 Rekomendasi Manhwa Action yang Populer di TikTok

07 June 2024   |   13:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Selain manga dari Jepang, ternyata Korea Selatan juga memiliki sebutan khusus untuk komik dan kartun cetak, yaitu manhwa. Jenis ilustrasi ini mulai populer secara global berkat eksistensi Webtoon dan KakaoPage, dua platform untuk membaca lebih dari 1 juta judul manhwa dengan smartphone dimana saja dan kapan saja. 

Media sosial TikTok juga turut mempopulerkan berbagai jenis manhwa, tapi yang paling digandrungi oleh netizen Indonesia adalah genre action atau laga. Hal yang membuat genre ini menarik adalah ilustrasi pertarungan yang intens, gaya fesyen nyentrik, dan karakter-karakter dengan desain yang sangar. 

Baca juga: 7 Anime Adaptasi Manhwa, Solo Leveling sampai Tower of God

Jika Genhype suka fesyen, olahraga, dan cerita penuh kejutan, berikut adalah 4 rekomendasi manhwa bergenre action yang populer di TikTok:
 

1. Guard Pass (2021)

 

Manhwa Guard Pass (Sumber foto: Guard Pass)

Manhwa Guard Pass (Sumber foto: Guard Pass)

Diciptakan oleh Oh Son Do Son, manhwa Guard Pass mengikuti kisah Lim Sejun, seorang siswa SMA gemuk yang kerap jadi target perundungan oleh teman-teman sekelasnya. Namun, dia selalu dibela oleh sahabat masa kecilnya, Seo Hajin. Dia adalah gadis yang ahli bela diri Jiujitsu. 

Naasnya, Seo Hajin harus dihajar habis-habisan oleh segerombolan berandalan, sampai harus dilarikan ke rumah sakit dengan cepat dalam keadaan kritis. Sejun yang terpuruk akan hal ini, bertekad untuk membalas dendam pada pelakunya dengan penuh amarah. 

Meskipun awalnya menghajar para berandalan tanpa masalah, Sejun sempat lengah dan hampir saja KO. Namun berhasil diselamatkan oleh pria bernama Jason, yang menjadi mentor dan membantu Sejun untuk menjadi lebih kuat, menurunkan berat badan, dan mengasah keterampilan seni bela diri.

Dengan penampilan dan keterampilan baru, Sejun bertekad membongkar rahasia-rahasia dibalik kelompok misterius yang terlibat dalam pemukulan teman kesayangannya itu. Meski memiliki momen-momen serius, Guard Pass dibawakan dengan gaya penulisan yang santai dan penuh motivasi. 
 

2. Solo Leveling (2016)

 

Manhwa Solo Levelling (Sumber foto: Kakao Entertainment)

Manhwa Solo Levelling (Sumber foto: Kakao Entertainment)

Solo Leveling adalah manhwa action fantasy karya Chu Gong dan digambar oleh Gi Si-Kyung dan Jang Su-Rak. Ceritanya mengikuti  kehidupan pemuda bernama Sung Jin-Woo dalam mencari jati dirinya. Berawal dari munculnya sebuah gerbang yang membuka akses dunia magis ke dunia realita, peran manusia menjadi sangat berbeda.

Manusia biasa pada kisah ini mendapat julukan 'hunter' dan diberikan kekuatan superhuman untuk membantu mereka melawan monster serta binatang yang mengancam keselamatan mereka. Dikenal sebagai manusia paling lemah, Jin Woo memiliki tingkat kekuatan lebih rendah dibanding manusia super lainnya.

Namun, Jin Woo mau tak mau harus tetap menjadi 'hunter' dengan melawan monster level rendah, demi membantu biaya pengobatan ibunya. Hingga suatu hari hidupnya berubah ketika dia bangun di sebuah rumah sakit dan dihadapi oleh layar mengambang berisikan tugas dan rejimen pelatihan yang cukup sulit.

Terdesak karena tidak dapat menolak, pada momen tersebut Jin Woo meyakinkan dirinya bahwa dia memiliki potensi lebih pada dirinya untuk menjadi “hunter” yang lebih baik.
 

3. Windbreaker (2021)

 

Manhwa Wind Breaker (Sumber foto: Webtoon)

Manhwa Wind Breaker (Sumber foto: Webtoon)

Ditulis dan diilustrasikan oleh Yongseok Jo, Windbreaker menceritakan kisah Jahyeon “Jay” Jo, seorang siswa sekolah menengah yang awalnya adalah siswa panutan sekolahnya. Mengoleksi nilai A secara konsisten, dan menjadi ketua OSIS karena ibunya menaruh ekspektasi tinggi padanya.

Nyatanya, Jay hanya menikmati bersepeda di luar kegiatan belajar, sebagai bentuk pelarian miliknya. Dirinya terinspirasi oleh mendiang pamannya, seorang atlet profesional yang mengikuti kejuaraan Tour De France. Namun harus didiskualifikasi dari pertandingan dan diduga meninggal akibat overdosis steroid beberapa hari kemudian. 

Akhirnya Jay memutuskan untuk bergabung dengan geng lokal bernama Humming Bird Bike Crew, demi berlatih bersama-sama dan mengembangkan keterampilan. Dia ingin bekerja keras untuk mewarisi impian milik sang paman, yakni menjadi yang terbaik di dunia bersepeda.
 

4. Lookism (2014)

 

Manhwa Lookism (Sumber foto: Webtoon)

Manhwa Lookism (Sumber foto: Webtoon)

Diadaptasi sebagai serial Netflix, manhwa Lookism juga mendapatkan popularitas dan sorotan dari banyak penggemar. Diciptakan oleh Tae Jun-Park, serial webtoon Lookism mengisahkan seorang siswa SMA bernama Daniel yang penyendiri, dan selalu merasa bahwa dirinya tidak tampan terlebih lagi adanya standar daya tarik yan tinggi untuk laki-laki.

Suatu hari, semua berubah bagi Daniel. Dia terbangun dalam tubuh yang berbeda dengan karakteristik yang berbeda pula. Dia menjadi lebih keren, tinggi dan tampan sehingga jauh berbeda dari fisik sebelumnya. Dilema muncul ketika Daniel dihadapi dengan ketidakpastian berapa lama dia bisa memanfaatkan badan barunya ini, dan apakah dia bisa menjaga rahasianya sendiri.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Traveloka Kolaborasi dengan Keraton Yogyakarta Demi Perkuat Digitalisasi Pariwisata

BERIKUTNYA

5 Fakta Seru Serial Star Wars: The Acolyte yang Tayang di Disney+

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: