Makanan yang digoreng (Sumber foto: freepik)

5 Tips Agar Makanan Gorengan Tetap Crispy dalam Waktu Lama

04 June 2024   |   19:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Gorengan menjadi salah satu makanan yang tak akan membuat kita bosan jika dimakan terus-menerus. Entah itu kentang goreng, ayam goreng, pisang goreng, atau gorengan lainnya yang selalu mampu memanjakan lidah.

Baca juga : Makanan Gorengan Khas Indonesia Kian Dikenal Dunia

Beberapa makanan terasa lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan panas, renyah, dan garing. Namun sayangnya, untuk menjaga makanan yang di goreng tetap renyah dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi tantangan sendiri.

Terutama saat menyiapkan atau memanaskan kembali gorengan untuk hidangan makanan besar. Makanan yang lembek bisa saja membuat kita menjadi kehilangan selera untuk menikmati hidangan gorengan. 
 

Ayam goreng (Sumber foto: freepik/jcomp)

Ayam goreng (Sumber foto: freepik/jcomp)


Lantas bagaimana cara agar makanan yang di goreng tetap crispy dalam waktu yang lama? Ada beberapa tips sederhana yang bisa Genhype coba. Berikut adalah tipsnya. 
 

1. Gunakan rak kawat

Entah itu kalian menggoreng makanan menggunakan air fryer atau digoreng menggunakan minyak, pastikan untuk segera pindahkan makanan yang digoreng ke rak kawat untuk menjaga kerenyahannya dalam waktu lama. Hal ini bertujuan karena rak kawat memiliki sirkulasi udara 360 derajat di sekitar seluruh bahan makanan sehingga kelembapan yang berlebihan dapat keluar dari makanan yang di goreng. 


2. Hangatkan dalam oven

Untuk menjaga makanan agar tetap renyah ketika dipanaskan ulang, simpanlah di dalam oven dan panggang selama beberapa menit. Proses ini akan membantu membuat makanan menjadi lebih sedikit renyah sehingga teksturnya tetap krispi dan tidak lembek seperti saat dipanaskan dengan cara lain. Kalian bisa meletekkan makanan di rak kawat dan panggang pada suhu 170 hingga 200 derajat Celcius. Cara ini dapat berguna untuk menjaga kerenyahan pada makanan selama 15 hingga 20 menit.


3. Hindari memanaskan kembali dalam microwave

Hindari memanaskan kembali makanan di dalam microwave karena proses ini dapat membuat makanan menjadi lembek akibat gesekan antara molekul air di dalamnya yang menghasilkan uap. Sebagai gantinya, disarankan untuk menggunakan oven dengan suhu 400 derajat Celcius dan panaskan makanan selama 5 hingga 10 menit untuk menjaga tekstur makanan tetap kering dan renyah.
 

4. Jangan tuangkan saus ke makanan

Untuk menjaga hidangan yang renyah tetap enak, sebaiknya jangan langsung menuangkan saus ke makanan. Tunggu makanan yang sudah digoreng dalam beberapa saat sebelum disajikan baru oleskan sausnya. Dengan begitu, kerenyahannya akan tetap terjaga sampai kalian hidangkan.
 

5. Perhatikan cara bungkus makanan

Jika kalian ingin mengemas gorengan untuk bekal, bungkus terlebih dahulu makanan tersebut dengan tisu khusus makanan untuk menyerap kelembapan yang berlebih. Lalu kalian bisa masukkan makanan yang sudah digoreng itu ke dalam wadah yang kedap udara. Selain itu, tuang saus tapi taruh saus di tempat terpisah untuk menghindari penyerapan kelembapan dan membuat makanan menjadi tetap renyah. 

Baca juga :3 Kreasi Menu Sehat Khas Indonesia Non Gorengan

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Serukan Pemanasan Global, Aktivis Rusak Lukisan Poppies Claude Monet di Paris

BERIKUTNYA

3 Daftar Franchise Gym Lokal Dengan Harga Terjangkau dan Fasilitas Lengkap

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: