Ayam goreng menjadi favorit masyarakat (Sumber gambar: Unsplash/Ke Vin0

Makanan Gorengan Khas Indonesia Kian Dikenal Dunia

29 June 2023   |   18:26 WIB

Bagi masyarakat Indonesia, makanan yang digoreng sudah menjadi bagian dari menu sehari-hari. Makanan ini sangat populer sehingga mudah ditemukan di wilayah Tanah Air. Berbagai bahan bisa digoreng mulai dari ayam, bebek, ikan, tempe, dan lainnya. Makanan ini bisa dimakan sendiri atau sebagai lauk.

Ternyata, aneka makanan gorengan Indonesia ini sudah masuk radar makanan enak di dunia. Di beberapa jenis makanan terkenak dan favorit versi Taste Atlas, beberapa makanan ini sudah masuk dalam 100 besar dunia, mampu bersaing dengan makanan internasional lainnya.

Berikut ini beberapa jenis gorengan yang disarikan Hypeabis dari berbagai survei Taste Atlas.
 
  • Tempe Mendoan
Tempe mendoan merupakan variasi olahan tempe yang berasal dari kawasan Purwokerto, Jawa Tengah. Mendoan dicelupkan ke tepung yang sudah dibumbui ketumbar bubuk,  bawang putih, ditambah dengan irisan daun bawang sebelum digoreng.

Mendoan biasanya dijajakan di pedagang kaki lima. Digoreng singkat, terasa renyah di luar, tetapi tetap lembut saat dimakan. Nama mendoan berasal dari Bahasa Banyumasan, di mana mendo berarti setengah matang. Mendoan biasanya disajikan dengan sambal atau kecap manis.
 
  • Pisang Goreng
Pisang goreng merupakan salah satu makanan ringan yang populer di masyarakat. Cara membuatnya pun sangat mudah. Hanya membutuhkan pisang dan tempung bumbu pisang. Pisang goreng yang panas cocok untuk disajikan dalam berbagai kesempatan, baik pagi, siang atau sore hari. Kini banyak pedagang menjual berbagai variasi pisang, seperti pisang goreng madu ataupun pisang goreng tanduk.
 
  • Pempek
Pempek berasal dari Palembang, Sumatra Selatan, dibuat dari daging ikan dan tepung tapioka. Pempek memiliki kisah ada seorang yang sudah berusia tua yang lelah akibat menggoreng atau memanggang ikan, akhirnya dia berpikir yang inovatif dengan menggiling ikan, dicampur dengan tepung tapioka dan digoreng sehingga menghasilkan camilan yang lezat.

Dia kemudian menggunakan sepedanya untuk berkeliling kota untuk menjual pempeknya ke warga Palembang. Akhirnya pempek dikenal sebagai makanan bernilai tinggi dan menjadi masakan tradisional Indonesia. Pempek yang beraneka bentuk itu  dikukus terlebih dahulu sebelum di goreng dan diiris untuk disajikan.
 
  • Ayam goreng
Dalam bentuk dasarnya, ayam goreng Indonesia berupa potongan-potongan daging ayam, yang kemudian dimarinasi dengan bumbu rempah, dan kemudian digoreng hingga menguning dan renyah. Ada pula ayam yang digoreng utuh.

Beberapa bumbu marinasi seperti serai, lengkuas, kunyit, dan buah asam. Sajian ayam goreng kemudian menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia, dan tiap-tiap daerah memiliki ayam goreng dengan bumbu khas masing-masing. Ayam goreng biasanya disajikan dengan nasi dan sayur segar atau salad. Ayam goreng juga menjadi lauk yang paling umum disajikan dalam berbagai acara.

Baca juga: Sering Buka Puasa dengan Gorengan, Ahli Gizi Ingatkan Risiko Ini
 
  • Bebek goreng
Bebek goreng juga merupakan salah satu lauk yang popular dalam masyarakat Indonesaia. Hampir sama dengan ayam, daging bebek biasanya dipotong-potong lebih dahulu, kemudian direbus atau dikukus sebelum digoreng sampai renyah.

Sebelum digoreng, daging bebek dilumuri dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, jahe, kunyit, laos, atau ketumbar. Bebek goreng biasanya disajikan bersama nasi, sayur sega seperti timun dan kubis, serta dilengkapi sambal.
 
  • Tempe goreng
Bisa dibilang, tak satupun masyarakat Indonesia yang tidak kenal tempe. Terbuat dari kedelai, dan dijual dalam bentuk kotak. Tempe merupakan makanan rakyat Indonesia dan dapat diolah dalam berbagai jenis makanan, termasuk tempe goreng.

Tempe goreng diolah secara sederhana, diiris tipis dan dimarinasi dengan kombinasi air dan bumbu, kemudian digoreng dalam minyak sampai renyah. Tempe goreng biasanya dimakan dengan sambal, tetapi juga menjadi pelengkap makanan lainnya.
 
  • Bakso goreng
Bakso goreng merupakan makanan ringan renyah merupaka kombinasi makanan Indonesia dan China. Bakso goreng merupakan versi lain dari bakso, yang merupakanan salah satu makanan populer di Indonesia.

Bakso biasanya terbuat dari berbagai daging, sepert ayam, daging sapi, ikan, udang dan lainnya. Untuk membuat bakso goreng, menggunakan daging yang sudah haluskan, dicampur dengan bumbu lada, bawang putih, minyak wijen, tepung, telur, gula dan garam. Bakso goreng digoreng dalam minyak panas sampai cokelat keemasan, renyah di luar dan biasanya disajikan panas bersama saus sambal.
 
  • Pecel lele
Pecel lele merupakan makanan khas Jawa, berupa lele goreng  disajikan dengan sambal dan lalapan seerti mentimun, kacang pajang, selada, dan kubis. Tahu, temped dan nasi putih merupakan pelengkap dari sajian pecel lele.

Untuk minuma biasanya segelas jus jeruk atau teh. Makanan penuh warna, murah dan bergizi, menjadi makanan favorit masyarakat Jawa dan dapat dibeli di kaki lima hingga warung yang biasanya buka dari siang hingga tengah malam.
 
  • Gorengan
Gorengan adalah nama generik dari berbagai jenis makanan yang digoreng, ada yang manis dan asing. Beberapa di antaranya pisang, tempe, tahu, ubi, atau nangka. Gorengan merupakan makanan kaki lima yang dijual tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa camilan yang popular adalah pisang goreng, ubi goreng, aci goreng, tahu goreng, dan singkong goreng.

Baca juga: 10 Makanan Khas Indonesia saat Perayaan Iduladha

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Penyanyi Pendatang Aurelia Charlotta Rilis Debut Single Berjudul Bisakah

BERIKUTNYA

Selain Sate, Ini 7 Ide Olahan Daging Sapi & Kambing untuk Hari Raya Iduladha

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: