Ilustrasi ramuan seledri untuk obat asam urat. (Sumber foto : Freepik)

5 Cara Mengolah Seledri Jadi Obat Asam Urat

02 June 2024   |   23:23 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Asam urat menjadi masalah yang kerap dihadapi para lansia hingga penderita hipertensi dan diabetes. Kondisi ini membuat ketidaknyamanan karena bisa menimbulkan rasa nyeri hebat yang berlangsung secara tiba-tiba terutama pada persendian kaki.

Mengutip laman Mitra Keluarga Hopital, asam urat atau gout arthritis adalah peradangan atau nyeri pada sendi (arthritis) yang disebabkan adanya penumpukan purin. Kristal tersebut merupakan monosodium urate yang mengendap di sekitar sendi, sehingga timbul rasa sakit. Ini terjadi karena tingginya kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia).

Selain lansia, asam urat bisa disebabkan oleh faktor genetik. Orang yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi seperti daging merah, jeroan hewan, dan jenis hidangan laut (teri, sarden, kerang, atau tuna) juga berpotensi mengalami masalah pada persendian ini. 

Baca juga :5 Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda, Pola Makan Buruk dan Jarang Olahraga

Asam urat bisa membuat penderitanya kesulitan berjalan akibat sakit yang timbul. Melansir dari laman Yankes Kemenkes, nyeri akibat asam urat akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam hingga menimbulkan pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit. 

Memang, penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya. Namun, penting dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dan menurunkan tingkat gejala yang dialami.  

Saat ini ada beberapa cara alami untuk pengobatan asam urat. Salah satunya yakni mengonsumsi seledri, sayuran berdaun berwarna hijau yang sering dipakai sebagai penyedap masakan. Selain diekstrak menjadi obat herbal, berikut ini cara mengolah seledri untuk mengobati asam urat. 

1. Dibuat Jus

Dari laman Halodoc disebutkan bahwa minum jus seledri baik untuk mengobati asam urat. Caranya, cukup potong seledri menjadi potongan kecil setelah dibersihkan. Kemudian, masukkan ke dalam blender. 

Tambahkan air perasan lemon dan es batu untuk cita rasa yang lebih segar. Usai semua bahan diblender, saring jus terlebih dahulu dan minum segera untuk mendapat khasiat dan kesegarannya.

2. Direbus

Bukan berarti merebusnya secara langsung lalu memakannya ketika sudah matang. Untuk mendapat manfaat seledri sebagai pengobatan asam urat, masukkan seledri yang sudah dipotong dan dicuci bersih ke dalam panci kecil berisi air.

Kamu bisa menambahkan biji seledri dan rebus air hingga matang. Angkat jika sudah mendidih, tuang air rebusan ke dalam gelas, dan diamkan ke dalam suhu ruang atau air dalam kondisi hangat, lalu diminum. 

3. Tambahkan ke Dalam Makanan

Biar lebih praktis, kamu bisa menambahkan daun dan batang seledri ke dalam berbagai makanan seperti sup, baso, bubur, atau salad. Namun jika dibandingkan daun dan batang, komponen yang paling bermanfaat untuk asam urat sebenarnya lebih banyak ditemukan pada biji seledri. Oleh karena itu, menambahkan biji seledri sebagai bumbu ke dalam makanan bisa menjadi opsi lainnya. 

4. Makan Secara Mentah

Semakin praktis untuk mendapatkan manfaat dalam mengobati asam urat yaitu mengonsumsi seledri mentah. Kendati demikian, cuci bersih batang dan daun seledri terlebih dahulu ya dan pastikan sudah bersih ketika ingin dimakan.

5. Baluri Minyak Biji Seledri

Studi yang rilis di National Library of Medicine menunjukkan bahwa minyak biji seledri bekerja untuk meningkatkan efek obat asam urat, termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dan kortikosteroid. Minyak biji seledri dapat meningkatkan efek anti-inflamasi, mengurangi pembengkakan yang menyakitkan. 

Mengutip Healthline, minyak yang terjual bebas ini juga dapat membantu meringankan efek samping lambung dari kortikosteroid. Untuk menggunakannya, encerkan minyak biji seledri dengan mencampurkannya dengan minyak pembawa, seperti minyak jojoba, almond, atau minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut secara topikal, langsung ke area yang nyeri. 

Baca juga Ini Dia 3 Ramuan Herbal Atasi Nyeri Asam Urat

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Daftar Ponsel Xiaomi, Redmi, & POCO yang Bisa Update HyperOS 2.0

BERIKUTNYA

Harapan Hidup Pasien Kanker Darah Makin Tinggi dengan Teknologi Terbaru Non-Kemoterapi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: