Boygroup BOYNEXTDOOR di ajang TMA 2023. (Sumber gambar: BOYNEXTDOOR/X)

The Fact Music Awards 2024 Pertama Kali Digelar di Luar Korea, Cek Lokasi & Tanggalnya

31 May 2024   |   09:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

The Fact Music Awards (TMA) telah mengungkap tanggal dan tempat untuk gelaran tahun ini. Pada hari ini, Jumat (31/5/2024) waktu Korea Selatan, panitia penyelenggara TMA secara resmi mengumumkan bahwa malam anugerah TMA 2024 akan berlangsung pada 8 September 2024 di Kyocera Dome, Osaka, Jepang.

Acara malam anugerah TMA 2024 mendatang di Osaka akan menandai pertama kalinya ajang penghargaan itu diselenggarakan di luar Korea Selatan, sebagaimana dilaporkan oleh K-P. Sebelumnya, TMA telah dua kali digelar di Namdong Gymnasium in Incheon dan sekali di KSPO Dome, Seoul.

Menjadi edisi ke-7, TMA 2024 mengusung tema New Gen For Fanstival, yang berarti bahwa gelarannya tahun ini menjadi festival untuk dinikmati bersama oleh artis K-Pop generasi berikutnya dan para penggemar setia mereka.

Pihak penyelenggara pun memastikan bahwa pihaknya akan segera mengumumkan secara berurutan informasi detail terkait TMA 2024, mulai dari susunan artis (line up), kategori penghargaan, dan kriteria penjurian melalui situs resmi mereka. 

Baca juga: Daftar Pemenang Baeksang Arts Awards 2024, Drama Moving & Film 12.12: The Day Raih Daesang
 

TMA 2024. (Sumber gambar: situs resmi TMA)

TMA 2024. (Sumber gambar: situs resmi TMA)

The Fact Music Awards (TMA) adalah acara penghargaan yang diselenggarakan oleh media The Fact dan komunitas K-Pop Fan N Star. Dimulai sejak tahun 2019, di setiap gelarannya acara ini konsisten memberikan penghargaan kepada para idol yang dianggap menjadi kontributor utama untuk perkembangan gelombang Hallyu. 

Setiap tahunnya, TMA menentukan para pemenang penghargaannya melalui data objektif yang dihimpun dari lembaga riset Gaon terkait skor musik dan penjualan album, proses penilaian yang adil dan ketat oleh panel juri, serta dukungan voting dari para penggemar K-Pop baik dari dalam maupun luar Korea Selatan. 

Acara penghargaan TMA biasanya disiarkan secara langsung di seluruh Asia melalui berbagai saluran termasuk V Live dan ABS-CBN. Namun, penyelenggaraannya pada 2020 dan 2021 sempat dilakukan secara daring akibat pembatasan sosial pandemi Covid-19. 

Meski jajaran line up tahun ini belum diumumkan, TMA tetap menarik untuk dinantikan lantaran setiap gelarannya diramaikan oleh deretan artis K-Pop kenamaan. Termasuk, menantikan para idola K-Pop yang berhasil memenangkan sejumlah penghargaan seperti hadiah utama Daesang dan Artist of the Year (Bonsang).
 

Tahun lalu, malam anugerah TMA digelar di Namdong Gymnasium Incheon pada 10 Oktober 2023. TMA 2023 menghadirkan sebanyak 17 musisi dan grup idola K-Pop yakni ATEEZ, Treasure, ITZY, NMIXX, Zerobaseone, BoyNextDoor, IVE, NewJeans, Aespa, Seventeen, Stray Kids, Lee Chanwon, Xikers, Kwon Eun Bi, Jannabi, Young Woong Lim dan RIIZE.

TMA 2023 dipandu oleh sejumlah aktor dan aktris kenamaan Korea Selatan yang menjadi presenter yakni Kim Nam Gil Park Hae Jin, Lim Ji Yeon, Kim So Hyun, Park Shin Hye, Park Hyung Sik, Kim Nam Hee, dan Kim Gun Woo.

Tahun lalu, penyanyi Lim Young-woong membawa pulang lima piala, termasuk Best Music (Winter) dan beberapa piala Fan N Star. Sementara itu, Daesang atau Grand Prize dimenangkan SEVENTEEN yang juga memenangkan Artist of the Year (Bonsang) bersama 10 artis lainnya.

BTS juga membawa pulang piala, baik secara grup maupun masing-masing member. BTS memenangkan piala Best Music (Summer), Fan N Star Most Voted dan Fan N Star Choice Awards (Group). Sedangkan Jimin dan V BTS yang merilis proyek debut solo juga membawa pulang piala masing-masing, seperti Best Music (Fall) untuk Kim Tae-hyung dna Idol Plus Popularity Award untuk Park Ji-min.

Tak ketinggalan, dua boy group baru yang debut pada 2023, yakni RIIZE dan Zerobaseone juga membawa pulang piala Next Leader dalam ajang penghargaan tersebut.

Baca juga: Daftar Pemenang iHeartRadio Music Awards 2024, Taylor Swift Borong Piala

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

NIKI Jadi Solois Indonesia Pertama yang Tampil di Jimmy Kimmel Live!

BERIKUTNYA

Pachinko Season 2 Tayang Perdana 23 Agustus 2024 di Apple TV+

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: