Satu sendok kreatin monohidrat (Sumber: unsplash.com/@howtogym)

5 Jenis Suplemen Aman untuk Pemula Gym

30 May 2024   |   22:21 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Jika baru saja memulai latihan di gym, Genhype pasti akan bertemu dengan berbagai jenis suplemen, ada yang menjanjikan pertumbuhan otot yang cepat, atau mengklaim mampu menghancurkan lemak. Sebelum membeli, penting untuk melakukan penelitian terhadap masing-masing suplemen tersebut, karena pasti ada penjual yang menyesatkan.

Tak perlu khawatir, karena beberapa suplemen ini sudah dijamin keamanannya, karena telah melalui banyak penelitian, serta berasal dari bahan-bahan alami. Masing-masing dari suplemen ini juga dapat dikonsumsi secara bersamaan, atau bisa dikonsumsi sendiri. Untuk itu, simak penjelasan dari 5 suplemen apa saja yang relatif aman untuk pemula di gym dari berbagai sumber:


 

1. Whey Protein

Protein adalah nutrisi yang menjadi ‘bahan dasar’ dari pembentukan otot. Sehingga konsumsi sesuai kebutuhan tubuh perlu diperhatikan. Biasanya protein didapatkan dengan mengonsumsi daging, telur, yogurt, dan makanan berbahan hewani lainnya.

Namun tidak semua orang memiliki waktu untuk memasak dan mempersiapkan makanan tinggi protein, khususnya yang sibuk beraktivitas atau bekerja. Untuk itu hadirnya whey protein dapat memenuhi asupan protein yang diperlukan. Menurut Medical News Today, whey protein juga terbukti dapat membantu penurunan berat badan, menurunkan kolesterol, bahkan memiliki sifat anti kanker. 
 

2. Kreatin

Kreatin adalah salah satu suplemen yang paling banyak dipelajari dan efektif untuk membantu performa selama latihan. Menurut Healthline, creatine dapat meningkatkan penyimpanan fosfokreatin di otot, yang dapat digunakan untuk menghasilkan lebih banyak adenosin trifosfat (ATP). 

ATP sendiri adalah sumber energi utama saat mengangkat beban berat  dan olahraga intensitas tinggi. Selain itu, kreatin  juga dapat membantu pertumbuhan serat otot, bahkan mungkin meningkatkan fungsi otak. Layaknya protein, kreatin dapat ditemukan pada makanan berbasis hewani, namun dalam bentuk suplemen, senyawa organik dapat lebih praktis untuk dikonsumsi. 
 

3. Minyak Ikan 

 

Suplemen (Sumber Foto: Freepik)

Suplemen (Sumber Foto: Freepik)


Minyak Ikan mengandung  EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (docosahexaenoic acid), dua asam lemak tak jenuh ganda omega-3 berantai panjang. Keduanya memiliki properti anti-inflamasi, yang dapat membantu proses pemulihan setelah berolahraga. Melindungi tubuh dari penurunan dalam kekuatan, fleksibilitas, dan range of motion (ROM). 

Selain itu, menurut bodybuilding.com, minyak ikan juga dapat mendukung kesehatan dengan menjaga tingkat kolesterol yang sehat, dan meningkatkan mood dengan mendorong tubuh melepaskan lebih banyak serotonin.
 

4. Ashwagandha

Diekstrak dari tanaman Withania somnifera dari India, ashwagandha adalah suplemen pil dengan banyak sekali manfaat untuk tubuh, tetapi sebagian besar digunakan untuk membantu pemulihan. 

Menurut Medical News Today, suplemen ini dapat meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan fungsi kognitif, dan meningkatkan mood. Mengurangi stres dan kecemasan dengan mengatur kadar kortisol yang stabil pada tubuh. 
 

5. Kunyit (Kurkumin)

Meski tidak sepopuler suplemen-suplemen lain dalam daftar ini, kunyit sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan yang tak kalah penting. Menurut sebuah artikel jurnal berjudul "Curcumin: A Review of Its’ Effects on Human Health", telah menunjukkan kehebatannya dalam meringankan kondisi kesehatan tertentu dan membantu pemulihan.

Kunyit dapat mengelola kondisi oksidatif dan inflamasi, sindrom metabolik, arthritis, kecemasan, dan hiperlipidemia. Serta mengurangi peradangan dan nyeri otot akibat olahraga, dua hal yang harus ditangani demi meningkatkan pemulihan dan kinerja otot setelah latihan.

Baca Juga: Suplemen & Vitamin yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Cek Bahayanya Bagi Tubuh

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Serial Komedi LOL: Last One Laughing Versi Indonesia Tayang 11 Juli 2024 di Prime Video

BERIKUTNYA

Tak Boleh Asal, Buku Conscious Diet Ajak Mengenali Tubuh Sebelum Memulai Diet

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: