Ubi brulee (Sumber foto: Instagram/ummu.she)

Resep Ubi Brulee, Dessert ala Jepang yang Viral di TikTok

25 May 2024   |   16:35 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Belakangan ini dunia kuliner memang tak ada habisnya mengeluarkan terobosan baru. Jika sebelumnya Cromboloni dan Thai Milk Bun viral, kini giliran ubi cilembu yang tengah naik daun. Terkenal dengan nama Ubi Brulee, dessert tersebut adalah hidangan asal Jepang yang menjadi viral di media sosial, khususnya di TikTok. 

Ubi Brulee merupakan dessert yang memadukan tekstur lembut ubi dengan adonan fla dan lapisan karamel manis di atasnya. Perpaduan rasa manis ubi dengan creme brulee yang lembut itu menjadi siapapun tergoda dengan tampilannya dan rasanya yang manis serta lembut di lidah. 

Baca juga: 5 Resep Jus Buah untuk Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

Tak heran jika dessert ini telah menjadi hidangan favorit di kalangan banyak orang khususnya remaja di Jepang. Bagi Genhype yang penasaran, kalian tak perlu sampai terbang jauh ke Jepang karena kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Tasyi Athasyia, selebgram sekaligus food creator, membagian resep Ubi Brulee yang simpel dan mudah dibuat di rumah. Penasaran dengan resepnya? Yuk, langsung saja simak resep ini. 
 

Resep Ubi Brulee

 
@tasyiiathasyia Best Dessert sih ini!! nge level up rasa Ubi bgt! wajib bgt cobain buat dirumah 10/10?? dapet creamy nya dapet kriuk nyaa RESEP UBI BRULEE : Ubi cilembu gula Pasir Fla : tepung maizena 50 gram Telur kuning 2 buah gula pasir 50 gram mentega 2 SDM susu Cair 550 ml Vanila Garam Selamat Mencoba #Cooking #food #ubibrulee #resepviral #tasyiathasyia #masak ? original sound - Tasyi Athasyia
 

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Ubi cilembu secukupnya 

Bahan fla:

  • 50 gr tepung maizena
  • 2 buah kuning telur 
  • 50 gr gula pasir 
  • 2 sdm unsalted butter atau mentega 
  • 550 ml susu cair 
  • Vanilla essence
  • Sejumput garam


Cara membuat:

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah kukus ubi. Kalian bisa mengukus ubi jenis cilembu atau ubi lainnya. Kukus ubi hingga matang.
  2. Selagi ubi di rebus, siapkan bahan-bahan fla dengan mencampurkan gula pasir, kuning telur, dan tepung maizena sesuai takaran di satu wadah yang sama. Aduk semua bahan fla menggunakan spatula hingga tercampur rata. 
  3. Kemudian tambahkan susu cair 550ml secara perlahan lalu aduk kembali semua bahan fla hingga semua bahannya tercampur dengan sempurna. 
  4. Lalu selanjutnya tambahkan bahan fla tersebut dengan vanilla essence dan sedikit garam halus kemudian aduk lagi hingga merata. 
  5. Jika semua bahan fla sudah tercampur rata, saring adonan fla menggunakan saringan kemudian tuangkan di sebuah wajan diatas kompor dengan api kecil. Aduk adonan fla yang sudah disaring tadi hingga rata.
  6. Jika konsistensi dari adonan fla sudah halus dan mengental, kalian bisa tambahkan adonan fla dengan unsalted butter atau margarin sesuai selera Genhype kemudian lanjut aduk bahan fla hingga rata dengan menggunakan spatula. 
  7. Pastikan aduk semua bahan fla dengan api kecil dan adonan tidak menggumpal satu sama lain. 
  8. Jika dirasa sudah matang, sisihkan adonan fla tersebut ke wajan lalu tutup dengan plastic wrap agar adonan tidak kering. 
  9. Selanjutnya, keluarkan ubi dari kukusan jika sudah matang. 
  10. Potong ubi tersebut masing-masing menjadi dua bagian yang sama. Lalu keluarkan isi ubi dan sisihkan di wajan lain. 
  11. Campurkan isi ubi dengan adonan fla yang sudah dibuat sebelumnya kemudian taruh isian ubi dan fla ke kulit ubi. Pastikan sisi atasnya ditutup dengan adonan fla. 
  12. Kemudian tambahkan gula pasir secukupnya diatas isian ubi. 
  13. Selanjutnya kalian bisa torch ubi tersebut hingga teksturnya berubah seperti karamel dan aromnya menjadi harum. Sajikan. 
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Penampilan Laufey di BNI Java Jazz Festival 2024 Bikin Penonton Melting

BERIKUTNYA

Kenalan dengan 4 Calon Manajer Baru Manchester United

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: