Latitude, laptop AI terbaru dari Dell. (Sumber foto : Dell)

Dell Pamer 5 PC Baru yang Ditenagai AI, Pakai Prosesor Mutakhir dari Qualcomm

23 May 2024   |   21:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Dell Technologies tampak serius mengadopsi artificial intelligence (AI) pada perangkat elektronik buatan mereka. Salah satunya hadir dalam jajaran personal computer terbaru yang memberikan pengalaman produktivitas dengan bantuan kecerdasan buatan.

Jeff Clarke, Vice Chairman dan Chief Operating Officer Dell Technologies mengatakan AI telah mentransformasi bisnis dengan sangat cepat. Oleh karena itu, pihaknya menghadirkan PC AI yang mendefinisi ulang aturan kreativitas dan produktivitas. “Kita membutuhkan infrastruktur dan perangkat TI baru yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan khusus AI,” ujarnya dikutip Hypeabis.id, Kamis (23/5/2024),

Baca juga: Arah Baru 2024, Dell Serius Garap Proyek AI Hingga Komputasi Kuantum

Didukung AI, Dell mengenalkan lima laptop terbaru yakni XPS 13, Inspiron 14 Plus, Inspiron 14, Latitude 7455, dan Latitude 5455. Jajaran laptop ini didukung prosesor Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus, serta menghadirkan pengalaman Microsoft AI baru. 

Dirancang untuk para profesional, laptop-laptop baru tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi AI bawaan dengan kinerja canggih dan daya tahan baterai yang maksimal. Pengalaman PC AI yang transformatif akan membantu pengguna mengelola tugas dan alur kerja mereka dengan mudah melalui komputasi dan pemrosesan lokal di GPU, CPU, dan NPU.

Lantas seperti apa teknologi yang hadir dalam jajaran laptop terbaru dari Dell? Untuk model pertama yakni, XPS 13, laptop Copilot+ ini didukung oleh Snapdragon X Elite. 

Laptop yang sudah menjadi ikon ini kini memiliki AI pada perangkat yang menghadirkan responsivitas dan kecepatan tinggi untuk menavigasi beban kerja yang berat. Bobotnya yang ringan dan tipis ini memiliki daya tahan baterai hingga 27 jam. Cocok untuk produktivitas sehari-hari dan pembuatan konten.

Untuk model laptop Inspiron, laptop ini ideal untuk pelajar dan multitasker. Baik Inspiron 14 Plus maupun Inspiron 14 menggunakan material aluminium ringan, rendah emisi, dan hemat energi dengan peringkat EPEAT Gold. 

Inspiron 14 Plus dibekali prosesor Snapdragon X Plus dan daya tahan baterainya mencapai 15 jam untuk sekali pengisian. Perangkat ini menawarkan pengalaman video dan audio yang ditingkatkan dengan speaker quad dan layar QHD+ dengan kecerahan 400nit. 

Untuk model standar atau Inspiron 14, laptop ini juga ditenagai Snapdragon X Plus. Dell menyediakan platform yang mudah digunakan dengan fitur-fitur seperti perintah suara dan penutup privasi mekanis untuk keamanan ekstra pada perangkat tersebut.

Sementara itu, model Latitude AI baru dengan Copilot+ menghadirkan prosesor Snapdragon X Elite 12-core dan Snapdragon X Plus 10-core, dengan daya tahan baterai maksimal untuk pekerja multitasking. Adapun Latitude 7455 merupakan laptop AI premium dengan masa pakai baterai hingga 21 jam.  

President of the Client Solutions at Dell Technologies, Sam Burd menjelaskan model ini menggunakan panel layar sentuh QHD+ 14 inci, didukung speaker quad dengan pengurangan kebisingan AI, serta Qualcomm FastConnect Wi-Fi 7 dan 5G opsional untuk konektivitas. Sebagai laptop Latitude tertipis Dell, sasis Latitude 7455 seluruhnya terbuat dari aluminium yang dikombinasikan emisi rendah dan aluminium daur ulang.

Model terakhir yakni, Latitude 5455 menggunakan panel layar FHD dengan rasio 16:10 dan speaker ganda. Ada berbagai lapisan fitur keamanan perangkat keras dan firmware, mulai dari kontrol ketat di rantai pasokan hingga pertahanan mendalam di tingkat BIOS.

Baca juga: Review Laptop Workstation Dell Precision 7670, Layar Lebar Performa Kencang

Editor: Dika  Irawan

SEBELUMNYA

Mengapa Belajar Bahasa Asing di Sekolah Belum Efektif?

BERIKUTNYA

Gim Elden Ring: Shadow of the Erdtree Rilis Trailer Baru, Siap Meluncur 21 Juni 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: