Ilustrasi iPhone (Sumber: Unsplash/Rmrdnl)

Intip Bocoran Spesifikasi iPhone 17, Fitur Baru & Tampilan yang Fresh

21 May 2024   |   15:22 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Mengikuti kesuksesan dan antusiasme di seluruh dunia dari berbagai produk keluaran Apple tahun ini, sekarang sudah banyak bocoran informasi dan prediksi terkait spesifikasi dari iPhone 17. Informasi soal iPhone keluaran terbaru memang selalu jadi diskusi hangat di kalangan para penggemar. 

Meski masih belum ada info resmi, hingga kini sudah banyak bocoran dari sumber kredibel terkait apa saja yang baru dari produk smartphone Apple yang dijadwalkan rilis pada 2025 tersebut. Ini meliputi desain yang fresh, sistem kamera baru, chip A19, serta peningkatan lain yang membedakan dari seri sebelumnya dan ponsel perusahaan lain. 

Menurut laporan 9to5Mac tentang catatan investor dari analis Haitong International Securities, Jeff Pu, akan ada empat model dari ponsel ini yakni iPhone 17, iPhone 17 Slim, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max sebagai ponsel flagship. Masing-masing memiliki spesifikasi prosesor, RAM, dan ukuran layar yang berbeda-beda. 

Baca juga: Daftar iPhone yang Masih Dapat Pembaruan iOS 18

Dari segi penampilan, hal pertama dan paling mencolok adalah desain yang akan dirombak dari elemen familiar yang telah diikuti sejak perilisan iPhone X pada 2017, yaitu tata letak kamera. Melansir Gadgets360, Apple dilaporkan sedang mempertimbangkan modul kamera belakang yang sejajar dengan bagian tengah dari bodi aluminium milik iPhone 17. 

Tak hanya bagian belakang, tapi bagian depan dari smartphone ini juga akan mengalami desain ulang yang membedakannya dari iPhone-iPhone sebelumnya. Jeff Pu mengatakan bahwa dynamic island dari iPhone 17 akan diperkecil, sehingga terintegrasi secara mulus dengan layar. Namun, ukuran layar dari setiap model akan berbeda satu sama lain. 

Peningkatan kamera depan iPhone telah banyak diminta oleh para pelanggan setia dari merek ini, dan keinginan tersebut segera dikabulkan. Dari 12MP pada iPhone sebelumnya, kamera depan iPhone 17 akan ditingkatkan ke 24MP. Namun Detail, spesifikasi, tata letak, dan sistem dari kamera belakang masih menjadi misteri, tapi kemungkinan besar akan ditingkatkan juga. 

Ketebalan dari handphone ini juga diperkirakan akan jauh lebih tipis, mengikuti tren M4 iPad Pro yang baru-baru ini diklaim sebagai perangkat Apple tertipis yang pernah ada. Namun, jika Apple memutuskan untuk mengambil jalan ini, bagaimana mereka bisa memberikan daya tahan baterai yang cukup dari baterai yang tipis saat ini masih belum diketahui.

Dari segi prosesor, model Pro dan Pro Max dari iPhone 17 akan didukung oleh RAM sebesar 12GB, serta prosesor baru dari Apple yang paling kuat, chip bionic A19 Pro.

Melansir Tom's Guide, chip ini akan diproduksi di TSMC (perusahaan manufaktur semikonduktor Taiwan) dengan lebar struktural 2 nm. Diklaim akan jauh lebih hemat daya (sekitar 25-30 persen dari yang ada saat ini), sekaligus meningkatkan performa sebesar 10-15 persen jika dibandingkan dengan chip A18 Pro. 

Namun, untuk model standar dan Slim, ukuran RAM akan jauh lebih kecil yaitu di angka 8GB. Serta belum ditentukan apakah keduanya akan menggunakan chip A19 biasa, atau chip keluaran Apple sebelumnya, yakni A18. 

Berikut adalah bocoran spesifikasi sejauh ini dari semua lini iPhone 17:
  • iPhone 17: 6.1-inch display,  RAM 8GB, chip A18 atau A19, kamera depan 24MP
  • iPhone 17 Slim: 6.6-inch display, RAM 8GB, chip A18 atau A19, kamera depan 24MP
  • iPhone 17 Pro: 6.3-inch display, 12GB RAM, chip A19 Pro, kamera depan 24MP
  • iPhone 17 Pro Max: 6.9-inch display, 12GB RAM, chip A19 Pro, kamera depan 24MP
Baca juga: Lebih Murah, Cek Daftar iPhone yang Masih Worth It Dibeli Tahun 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Deretan Musisi yang Jadi Highlight di BNI Java Jazz Festival 2024, Cek Daftarnya!

BERIKUTNYA

5 Ide Seru & Hemat Menikmati Momen Long Weekend Waisak 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: