Cuplikan dokumenter Burning Sun: Exposing the Secret K-Pop Chat Group. (Sumber gambar: BBC/YouTube)

Heboh Hasil Investigasi dan Link Dokumenter Skandal Seks K-Pop Burning Sun

20 May 2024   |   14:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Skandal Burning Sun yang heboh pada 2019 lalu kembali mencuat dan menjadi perbincangan publik di media sosial. Hal itu terjadi setelah BBC merilis sebuah dokumenter tentang skandal tersebut berjudul Burning Sun: Exposing the Secret K-Pop Chat Group.

Dokumenter itu menguak skandal Burning Sun yang melibatkan bintang K-Pop kenamaan. Burning Sun: Exposing the Secret K-Pop Chat Group merupakan dokumenter hasil investigasi dua jurnalis perempuan Korea yakni Park Hyo-sil dan Kang Kyung-yoon yang menyelediki skandal seks Burning Sun yang sempat heboh pada 2019 silam.

Mereka mengungkap kejahatan yang terjadi di balik dunia K-Pop yang gemerlap dan dibanjiri pujian para penggemar. Dokumenter tersebut membongkar skandal seks yang melibatkan musisi Jung Joon-young yang sempat dipenjara selama 5 tahun atas kejahatan seks, termasuk pemerkosaan berat, merekam aktivitas seksual, dan menyebarkannya secara ilegal.

Baca juga: 5 Fakta Film Dokumenter Dirty Vote, Ungkap Kecurangan dalam Proses Pemilu

Liputan investigasi ini dimulai pada September 2016, ketika jurnalis Park Hyo-sil menyelidiki tuduhan pacar Jung Joon-young yang menyebut bahwa musisi itu merekam aktivitas seksual mereka secara diam-diam. Namun, upaya investigasi itu terpaksa berhenti setelah pacar Jung Joon-young menarik tuduhannya. Sebaliknya, publik justru berbalik menyerang Park Hyo-sil.

Akibatnya, sang jurnalis mulai menerima komentar kasar secara online yang dikirimkan lewat email. Park Hyo-sil mengaku mulai diteror dengan menerima panggilan telepon pada dini hari. "Ketika saya tidak menjawab telepon, mereka mulai mengirimkan gambar-gambar cabul," katanya dalam keterangan dokumenter tersebut.

Saat itu, Park Hyo-sil mengaku merasa tertekan dan tidak bisa melarikan diri, sampai-sampai mengalami dua kali keguguran dan masih belum memiliki anak sampai saat ini. Di sisi lain, karier Jung Joon-young kala itu justru semakin menanjak dengan menggelar tur Eropa, dan merilis karya musik baru.
 

Lalu pada 2019, tuduhan baru tentang kejahatan yang melibatkan Jung Joon-young kembali terungkap setelah seorang informan anonim membocorkan percakapan kejahatan sang artis dari ponselnya kepada reporter SBS, Kang Kyung-yoon. Dia menyebut bahwa informasi itu didapat pada 2016, ketika Jung Joon-yong diketahui meninggalkan ponselnya pada perusahaan forensik selama penyelidikan polisi.

Baru 3 tahun kemudian, informan anonim yang memiliki akses terhadap informasi tersebut memutuskan untuk membocorkannya. Sejak menerima informasi itu, reporter Kang Kyung-yoon pun bertekad untuk melanjutkan investigasi tentang skandal yang melibatkan artis Jung Joon-young, dan menyelesaikan apa yang telah dimulai oleh reporter Park Hyo-sil.

Dokumenter itu mengungkap data-data dari ponsel Jung Joon-young yang berisi pesan obrolannya di KakaoTalk, yang berisikan video dan gambar seksual eksplisit dari wanita yang tidak sadarkan diri. Tak hanya Jung Joon-young, video dan gambar itu juga melibatkan bintang K-Pop lainnya seperti gitaris utama band rock FT Island, Choi Jong-hoon.

"Salah satu obrolan berisi tentang detail kasus pemerkosaan beramai-ramai terhadap seorang wanita yang tidak sadarkan diri, yang dilakukan oleh Jung, Choi, dan lainnya," demikian keterangan dokumenter itu.
 

Isi group chat itu juga mengungkapkan Seungri, mantan anggota boy group BIGBANG, yang juga termasuk di dalamnya. Seungri diketahui sempat dibui selama 18 bulan terkait kasus prostitusi, judi, dan tujuh dakwaan lain. Sama seperti Jung Joon-young, Seungri telah bebas dari penjara pada 9 Februari 2023 setelah selesai menjalani hukuman selama 1,5 tahun atas kasus-kasus tersebut.

Para perempuan yang menjadi korban pemerkosaannya itu dibius dan dipermalukan yang terjadi di klub Burning Sun yang berada di daerah Gangnam, Seoul. Kejahatan itu terjadi di ruangan VIP Burning Sun yang disebut tidak akan terdengar oleh orang lain di dalam klub.

Tak hanya mengungkap kejahatan yang melibatkan para bintang K-Pop, dokumenter investigasi ini juga mencoba untuk menguak alasan mengapa para idola itu tampak kebal hukum meski telah berbuat kriminal. Dari percakapan yang dilihat di ponsel, para jurnalis yang terlibat investigasi itu menduga bahwa para pelaku kejahatan itu memang dilindungi oleh polisi senior yang memegang kekuasaan di dalam institusi.

"Film dokumenter BBC Eye menunjukkan bagaimana status para selebritas yang tampaknya tak tersentuh itu mulai terkuak, dan peran Kang Kyung-yoon dalam hal ini ketika dia menulis, mengungkap tindakan para anggota grup obrolan," tulis keterangan dokumenter itu.

Pengungkapan skandal Burning Sun dalam dokumenter ini pun mendorong korban lainnya untuk berani bersuara dan mengajukan tuntutan. Pasalnya, selama ini, mantan kekasih Jung Joon-young yang menjadi korban justru berbalik mendapatkan kecaman dari publik, alih-alih mendapatkan perlindungan dari pihak kepolisian.

Kang Kyung-yoon mengatakan dokumenter ini dapat menjadi peringatan bagi publik tentang bagaimana seks dan kekuasaan di industri K-Pop bisa menjadi sumber kejahatan. "Kami melempar satu kerikil ke dalam kolam besar. Kolam itu sudah tenang kembali tapi saya berharap kerikil tersebut masih ada dalam ingatan orang-orang sehingga jika hal seperti itu terjadi lagi, kami dapat menghentikannya lebih awal," katanya.

Baca juga: Skandal Pemerkosaan, Eks Member EXO Kris Wu Divonis 13 Tahun Penjara & Deportasi

Adapun, film dokumenter Burning Sun: Exposing the Secret K-Pop Chat Group diproduseri sekaligus disutradarai oleh Kai Lawrence. Film ini dirilis oleh BBC Eye yang merupakan tim investigasi dari BBC World Service.

Film dokumenter Burning Sun dapat ditonton melalui kanal YouTube resmi BBC. Untuk menyaksikan dokumenternya, kalian bisa mengaksesnya melalui link berikut ini.

Link Streaming Nonton Dokumenter Burning Sun Bagian 1
Link Streaming Nonton Dokumenter Burning Sun Bagian 2

Film dokumenter dua bagian ini dilengkapi dengan subtitle bahasa Inggris, tapi bisa ditonton menggunakan subtitle Indonesia dengan cara berikut:
  1. Klik link nonton Burning Sun di atas
  2. Klik Settings (ikon roda gerigi)
  3. Pilih Subtitles/CC
  4. Pilih Auto-translate
  5. Pilih Indonesian
  6. Film dokumenter Burning Sun kini dapat ditonton dengan subtitle bahasa Indonesia.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Gongfu Cha, Seni Menikmati Teh Ala Pantjoran Tea House

BERIKUTNYA

Arti Istilah Gaul Berbahasa Inggris yang Viral di TikTok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: