Ilustrasi komik (Sumber gambar: Unsplash/ Erik Mclean)

Hypereport: Komik Digital Paling Populer di Indonesia

19 May 2024   |   10:07 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Dalam dua dekade terakhir, komik digital mengalami gelombang perkembangan yang begitu pesat. Riak ini dimulai dari Korea Selatan, lalu tumbuh menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Migrasi pembaca dari yang tadinya membaca komik fisik ke versi digital berjalan mulus.

Begitu pun dari sisi platform. Seiring waktu makin banyak bermunculan platform untuk menerbitkan karya komik digital. Pada ujungnya, ini membuat pembaca pun lebih mudah menemukan bacaan kesukaannya.

Baca juga: Hypereport: Film Adaptasi Novel & Webtoon Warnai Industri Film Indonesia
 


Platform populer itu di antaranya adalah Line Webtoon yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan mendapat lebih dari 3 juta ulasan, MangaToon yang diunduh lebih dari 10 juta kali, WebComics diunduh 10 juta kali juga, dan masih banyak lagi.

Pasar buku komik digital pun makin mengalami pertumbuhan. Popularitas Marvel dan DC Comics yang dibarengi dengan aksebilitas dan munculnya ragam karya baru telah menjadikan komik digital punya karya yang lebih beragam.

Makin banyaknya komik digital yang dialihwanakan, misalnya ke film, juga membuat popularitasnya meninggi. Sebab, ini memungkinkan karya menemukan ceruk penikmat baru.

Di Indonesia, ada banyak judul komik digital yang populer. Beberapa di antaranya telah dibaca jutaan kali, bahkan dialihwanakan pula ke medium lain. Berikut adalah ulasannya:


Wee!!!

Webtoon Wee!!! belakangan banyak disukai. Karya dari Amoeba Uwu ini banyak menampilkan cerita komedi segar tentang kisah anak-sanak sekolah yang cerita. Bergenre slice of life, cerita yang dihadirkan pun begitu dekat dengan keseharian banyak orang.

Setelah populer dan sempat hiatus untuk persiapan musim kedua, kini Wee!!! terus menjadi buruan para pencinta komik digital. Cerita Wee!!! banyak berkisah tentang sosok gadis remaja beranam Amu.

Gaya hijabnya yang disertai aksesoris tengkorak membuat penampilannya begitu ikonik. Amu sempat hilang dari sekolah dan kemudian embali. Namun, Ada sesuatu yang membuat dirinya termenung.

Webtoon ini Cocok bagi kalian yang sedang kangen dengan dunia sekolah. Saat ini Wee!!! telah dibaca lebih dari 280 juta orang dengan rating 9,90 bintang.


Gula-gula

Gula-gula adalah webtoon karangan Idachann yang dalam beberapa waktu terakhir mendapat sorotan dari pencinta komik digital. Saat ini, webtoon ini telah dibaca 19,6 juta kali dengan rating sebanyak 9,83 bintang.

Lantaran banyak yang membaca, webtoon Gula-gula kini sedang memasuki musim kedua. Webtoon ini bercerita tentang Indah, seorang murid SD yang gemar menyontek naksir pada sesosok pangeran baik hati yang memberinya gula-gula agar tidak menangis.

Ternyata, pada tahun ajaran baru, mereka sekelas, cerita perjumpaan mereka pun menimbulkan dinamika yang menarik.


Si Ocong

Webtoon Si Ocong telah dibaca sebanyak 421 juta kali. Webtoon ini juga mendapat rating baik di angka 9,75 bintang. Webtoon karangan Agung Gunawan ini menceritakan kisah hantu yang songong, nyebelin, tetapi ngangenin.

Si Ocong hadir dengan membuang nuansa seram ala hantu pocong yang melegenda di masyarakat. Dengan kostum pocong berwarna merah, karakter ini hadir di tengah-tengah pembaca menyuguhkan cerita sehari-hari yang jenaka. Hal inilah yang membuka karakter komik ini unik dan disukai para penggemarnya.


Kosan 95

Kosan 95 adalah webtoon yang dikembangkan oleh Didiwalker. Saat ini webtoon tersebut telah dibaca sebanyak 242 juta kali dengan nilai rating sangat baik, yakni 9,85 bintang. Kosan 95 kini telah memasuki seri musim 3.

Webtoon ini bercerita tentang Rena, gadis berumur 19 tahun, seorang yatim piatu yang mau diusir dari kosnya mendapatkan sebuah surat undangan dari Kosan 95 yang misterius. Kos tersebut konon hanya menampung orang-orang pilihan dengan skill berbeda.

Mereka yang berada di sana, seluruh kebutuhan ditanggung oleh pemilik kos yang seorang bos dari keluarga konglomerat. Tak terkecuali, bagi Rena yang dijanjikan akan bertemu Kakaknya.

Namun, dengan memasuki Kosan 95, dunia Rena yang tentram harus berubah 180 derajat menjadi penuh drama dan intrik dari masa lalu.


Pupus Putus Sekolah

Pupus Putus Sekolah merupakan Webtoon yang ditulis oleh Kurnia Harta Winata. Dirilis pertama kali pada 19 Agustus 2021, webtoon ini rutin terbit hingga dalam empat musim. Webtoon ini banyak disukai karena bergenre slice of life yang dekat dengan keseharian.

Webtoon ini telah dibaca sebanyak 74,9 juta kali dengan nilai rating 9,92 bintang. Cerita webtoon ini berkisah tentang seorang anak perempuan yatim piatu bernama Pupus. Dia ingin menjadi siswi yang pintar dan bisa segala sesuatu, meski tanpa harus sekolah.


Tahilalats

Berbicara tentang Webtoon tentu tak bisa dilepaskan dari Tahilalats. Ini adalah cerita webtoon yang cukup legendaris. Komik digital ini hadir dalam jumlah episode yang begitu panjang, tetapi tetap ditunggu oleh para penggemarnya.

Nurfadli Mursyid adalah sosok di balik tokoh Tahilalats. Saat ini mereka terus memproduksi cerita baru dan berkembang menjadi IP yang bisa dikonsepkan ke dalam berbagai medium lain, seperti kafe, merchandise, dan masih banyak lagi


Kemala

Kemala merupakan webtoon yang dikembangkan Sweta Kartika, Dedy Koerniawan, dan Pierre Rangga. Saat ini cerita dari Kemala sudah dibaca lebih dari 18 juta kali dengan nilai rating 9,91 bintang. Bergenre horor, Kemala sudah memasuki musim ketiga. Setiap episodenya selalu mengambil dari kisah horor khas Indonesia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Prakerja Gelombang 68 Dibuka, Cek Link dan Cara Daftarnya

BERIKUTNYA

Mantan Pemain MU Ryan Giggs Beberkan Kunci Sukses di Dunia Sepak Bola

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: