War for the Planet of the Apes, 2017 (Sumber foto: IMDb)

Biar Enggak Bingung, Begini Lo Urutan Nonton Film Seri Planet of the Apes

17 May 2024   |   12:01 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Film terbaru dari seri Planet of The Apes, yakni Kingdom of the Planet of the Apes (2024), resmi dirilis pada 8 Mei 2024. Dalam film ini, penonton akan dihadapkan pada sebuah cerita yang menjadi babak baru dalam kehidupan para kera dan manusia yang berbagi dunia yang sama. 

Dengan alur yang kompleks, film ini menyoroti perjuangan kedua spesies tersebut untuk hidup berdampingan yang menyoroti perjalanan mereka dalam berdampingan yang sulit. 

Namun, sebelum menonton Kingdom of the Planet of the Apes, sebaiknya Genhype menonton beberapa film pendahulunya agar bisa lebih memahami alur cerita secara keseluruhan dan mengikuti perkembangan hubungan antara manusia dan kera dalam seri film ini. Bagaimana urutan menontonnya? Simak penjelasan berikut. 

Baca juga: 5 Karakter Baru di Film Kingdom of the Planet of the Apes, Noa jadi Pahlawan Spesies Kera
 

1. Rise of The Planet of The Apes (2011)


Kisah pada film ini berawal ketika Will Rodman, seorang ilmuan dari San Fransisco (diperankan oleh James Franco) ingin membuat terobosan ilmiah berupa obat untuk menyembuhkan penyakit Alzheimer. Obat itu dibuat dengan harapan bisa menyembuhkan penyakit yang diderita oleh ayahnya.

Dr. Rodman melakukan penelitian dengan menggunakan para kera, termasuk seekor kera yang diberi nama Caesar. Tak disangka, rupanya obat yang diberikan malah membuat Caesar menjadi kera yang sangat cerdas. Bahkan membuat kera tersebut bisa berbicara.

Namun, terjadi konflik saat manusia mulai terancam oleh kecerdasan dan kekuatan para kera, yang mulai berkembang hidup menjadi layaknya manusia. Akhir filmnya menggambarkan perjalanan Caesar yang mencari kebebasan bagi spesiesnya hingga menimbulkan konflik antara kera dan manusia. 
 

2. Dawn of The Planet of The Apes (2014) 


Dawn of the Planet of the Apes melanjutkan cerita dari film sebelumnya yang memperlihatkan dunia hampir punah karena virus yang menyebabkan kematian banyak populasi manusia. Virus itu berasal dari eksperimen yang dilakukan dalam mencari obat untuk menyembuhkan penyakit Alzheimer.

Dalam film ini, para kera telah mendirikan kelompok mereka sendiri di hutan yang dipimpin oleh Caesar. Suatu hari, sekelompok manusia yang selamat dari wabah virus, Malcolm (Jason Clarke) dan rekannya datang ke hutan untuk mencari sumber daya pembangkit listrik.

Akan tetapi, terjadi konflik antara kelompok kera dan manusia karena kera merasa tempat tinggalnya disalah gunakan oleh manusia. Konflik ini mencapai puncaknya ketika kelompok manusia berusaha untuk menggunakan kekerasan untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan, sementara Caesar berusaha untuk menjaga kedamaian dan keharmonisan di antara keduanya.

Selain itu, film ini juga menyoroti konflik antar-kera, dengan seekor kera bernama Koba berusaha untuk menjatuhkan Caesar karena sifat egoisnya. 


3. War of The Planet of The Apes (2017) 


Film ketiga dari serial Planet of The Apes menceritakan tentang konflik akhir antar manusia dan kera dalam pertempuran untuk menentukan siapa yang akan menduduki planet tersebut. Alur ceritanya berfokus pada Caesar yang melindungi para kera dari kelompok manusia yang dipimpin oleh kolonel yang kejam, yaitu McCullough (Woody Harrelson).

McCullough adalah pemimpin militer yang kejam dan sadis. Dia memimpin pasukan manusia untuk menghancurkan populasi kera dan mempertahankan manusia di planet tersebut. Dia dan pasukannya melakukan pembunuhan dan kerja paksa terhadap kera-kera yang ditangkap. Istri dan anak dari Caesar pun menjadi korban atas pembunuhan kejam itu hingga membuat Caesar melakukan balas dendam atas kejadian yang menimpanya. 

Film ini menggambarkan perjalanan emosional Caesar yang berusaha untuk melakukan balas dendam dan mempertahankan kelompoknya, sambil berhadapan dengan manusia-manusia keji hingga keputusan moral yang harus Caesar pertimbangkan. 
 

4. Kingdom of The Planet of The Apes (2024) 


Setelah 300 tahun sejak kejadian dalam film War of The Planet of The Apes, pada zaman baru, spesies kera yang dipimpin oleh Caesar dan keturunannya berhasil membentuk sebuah kerajaan yang sangat canggih, dari segi teknologi maupun kecerdasan. Selain itu, muncul juga karakter-karakter baru, salah satunya Noa, kera muda yang memperjuangkan keadilan. 

Baca juga: Warner Bros Umumkan Proyek Film Terbaru, Mortal Kombat 2 sampai Margie Claus

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Teaser Poster Film Laura Dirilis, Tayang 2024 di Bioskop

BERIKUTNYA

Jadwal Lengkap Pertandingan MPL ID S13 Week 9, Laga Penentu ke Babak Playoff

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: