Ilustrasi orang berbicara di depan umum (Sumber foto: freepik/master1305)

Rekomendasi Sajian Inspiratif TED Talks Untuk Membangkitkan Kreativitas dan Inovasi

16 May 2024   |   19:52 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Sebuah inspirasi memang bisa muncul dari mana saja. Kadang-kadang, kita bisa mendapatkannya dari obrolan santai dengan teman, momen bersama keluarga, atau bahkan dari hal kecil yang kita lakukan sehari-hari. Tak jarang juga, inspirasi datang dari pengalaman pribadi atau pengamatan tentang dunia sekitar kita.

Bisa juga dari media seperti buku, film, musik, atau bahkan dari video singkat. Salah satu platform yang paling terkenal karena sering menyebarkan ide inspiratif adalah TED Talks, sebuah organisasi nirlaba yang populer menjadi tempat untuk membagikan gagasan berharga. 

Biasanya TED Talks berdurasi 18 menit atau lebih dengan gaya pembicaraan singkat, padat, dan kuat. Sejak dirilis pada tahun 1984, awalnya TED Talks hanya membahas mengenai teknologi, hiburan, dan desain. Namun, seiring berjalannya waktu, topik percakapannya pun melebar hingga menjadi lebih luas.

Baca juga : 3 Rekomendasi Serial TV Amerika Bertema Pengacara

Tak hanya diadakan di satu lokasi, tapi TED Talks juga tersebar di berbagai tempat dan disampaikan dalam lebih dari seratus bahasa. Nah, bagi Genhype yang sedang mencari inspirasi TED Talks mengenai kreativitas dan inovasi, berikut adalah rekomendasi tontonannya.


1. Elizabeth Gilbert - Your Elusive Creative Genius

Salah satu rekomendasi inspiratif TED Talks adalah Elizabeth Gilbert, penulis terkenal dari buku Eat, Pray, Love yang memiliki pengalaman menghadapi kegagalan dalam karirnya. Dalam video TED Talks berjudul Your Elusive Creative Cenius tersebut, ia menceritakan bagaimana pengalaman hidupnya menjadi seorang penulis. Ia harus melewati masa-masa penolakan selama hampir enak tahun sebelum akhirnya meraih kesuksesannya sekarang. 
 

Dalam pembicaraannya, Gilbert juga berbagi tentang pentingnya menerima kesuksesan maupun kegagalan, serta bagaimana kita harus terus berkembang dalam pekerjaan yang dijalani. Ia juga membahas mengenai ide kejeniusan kreatif dan bagaimana cara dia menemukan inspirasi saat menghadapi art block dalam proses menulisnya. 

Pada video berdurasi 19 menit tersebut Gilbert juga mengatakan "Apa yang harus aku terus katakan pada diriku sendiri ketika aku merasa gugup adalah jangan takut. Jangan merasa terintimidasi. Lakukan saja pekerjaanmu. Tetaplah hadir untuk bagian yang kamu jalani, apa pun itu."


2. David Kelley - How to Build Your Creative Confidence

Selanjutnya adalah David Kelley, pendiri firma desain IDEO yang telah membantu menciptakan beberapa produk paling inovatif di dunia, contohnya mouse pertama untuk Apple Macintosh pada tahun 1980-an. Dalam video TED Talks-nya yang berjudul How to Build Your Creative Confidence itu ia berbagi wawasan tentang cara mengatasi ketakutan dan keraguan diri agar menjadi lebih percaya diri dalam berpikir kreatif. Menurut David Kelley, kreativitas bukanlah hak istimewa yang hanya dimiliki oleh sebagian kecil orang tertentu melainkan dimiliki oleh semua orang. 
 

Ia juga menceritakan pengalaman desainnya yang sangat berpengaruh dan juga pengalaman pribadinya. Selain itu, dalam video tersebut ia juga memberikan saran atau metode untuk membantu orang membangun kepercayaan diri mereka dalam berkreasi.


3. Guy Kawasaki - The Art of Innovation

Guy Kawasaki adalah seorang mantan karyawan Apple pada tahun 1984 dan merupakan seorang influencer pemasaran. Dirinya juga merupakan seorang penulis buku terkenal. Dalam pembicaraannya yang berjudul The Art of Innovation, Kawasaki menyebutkan bahwa dia telah belajar banyak tentang inovasi dan ingin meneruskannya dalam apa yang dia sebut sebagai 10 Tips to Master the Art of Innovation. Pembicaraan Guy Kawasaki sangat menarik dan memberikan wawasan yang luas. Ia mengungkapkan bahwa kita harus lebih fokus untuk menciptakan sesuatu dari pada sekadar mencari keuntungan semata.

 

SEBELUMNYA

4 Ras Anjing Ini Bisa Menjadi Pendukung Emosional Terbaik

BERIKUTNYA

Lee Jung Jae Umumkan Squid Game 2 Siap Tayang Desember 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: