Makanan di Met Gala 2023 (Sumber Foto: Instagram/@metgalaofficial_)

Menu Jamuan Mewah di Met Gala 2024 Terinspirasi dari Negeri Dongeng

07 May 2024   |   13:56 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Malam mode bergengsi, Met Gala 2024 dihelat pada Senin (6/5/2024) malam di The Metropolitan Museum of Art, New York City, Amerika Serikat. Tahun ini mengusung tema Sleeping Beauties: Reawakening Fashion yang terinspirasi dari cerpen karya J.G Ballard berjudul The Garden of Time.

Met Gala 2024 dipandu oleh Zendaya, Jennifer Lopez, Bad Bunny, dan Chris Hemsworth. Acara ini dihadiri oleh sekitar 450 lebih tamu undangan. Mereka adalah orang-orang paling terkemuka di bidang mode, hiburan, olahraga, politik, dan lainnya.

Sejumlah tamu langganan yang rutin menghadiri Met Gala dari tahun ke tahun, beberapa di antaranya seperti Beyonce, Rihanna dan Lady Gaga. Tak ketinggalan sejumlah selebritas K-Pop juga turut hadir di perhelatan mode tersebut, seperti Jennie BLACKPINK dan para anggota Stray Kids

Baca juga: 6 Momen Unik Met Gala 2024, Foto AI Katy Perry hingga Doja Cat Pakai Handuk

Bisa dibilang Met Gala adalah ajang sosialita dengan prestise tertinggi. Setiap tamu undangan berkesempatan untuk melenggang di atas karpet merah, mengenakan gaya busana karya desainer dan rumah mode ternama.

Harga untuk menghadiri Met Gala pada 2023 adalah sebesar US$50.000. Nilainya terus naik tiap tahun, kini menjadi US$75.000 untuk Met Gala 2024. Mengingat harga tiketnya ang mahal, tentu banyak orang yang penasaran seperti apa jamuan makanan dan minuman yang dihidangkan di Met Gala?

Sama seperti dress code yang mengacu pada tema tertentu, jamuan makan di Met Gala juga selalu punya konsepnya tersendiri. Misalnya tahun lalu bertemakan Karl Lagerfeld: A Line of Beauty, para tamu disuguhi makanan dan minuman favorit mendiang direktur kreatif Chanel.

Lalu menengok kembali pada 2019, dengan tema yang diusung Camp, momen Met Gala kala itu dihiasi dengan set peralatan makan dari bambu yang menciptakan nuansa berkemah nan elegan.

Tahun ini, Met Gala 2024 bertemakan Sleeping Beauty: Reawakening Fashion. Jamuan makannya pun banyak terinspirasi dari bunga, keindahan alam, dan negeri dongeng. Layanan catering Olivier Cheng mengonsep beberapa hidangan terinspirasi dari buku cerita anak-anak.

“Kami ingin menciptakan menu yang terasa sedikit lembut dan romantis, namun fokus pada bahan-bahan musiman terbaik. Kami mengambil inspirasi dari taman dan istana yang rimbun di dunia fantasi Putri Tidur. Kami benar-benar ingin menciptakan dongeng kami sendiri," papar Cheng pada Vogue.

Hidangan pertama disajikan, sebagai appetizer yakni salad sayuran musim semi dengan busa bunga elder, saus raspberry, dan remah zaitun yang visualnya menyerupai tanah, lengkap dengan crouton berbentuk kupu-kupu.

Cheng mengatakan dia menemukan inspirasi dalam dongeng Aurora, ketika sang putri tidur bangun untuk pertama kalinya setelah tidur panjang. Oleh karenanya diamemilih sayuran yang tumbuh pertama di awal musim semi setelah melewati musim dingin yang panjang.

Hidangan utamanya adalah filet daging sapi yang diberi tortellini rose di atasnya. Cheng meletakkan daging sapi di atas jarum pinus dan jamur, sehingga tampilannya menyerupai istana negeri dongeng. Sementara untuk penutupnya, para tamu undangan disuguhi dessert bernuansa apel, mengacu pada dongeng terkenal Putri Salju.

“Kami mulai dengan cremeux almond yang dibentuk menjadi apel mini, dilapisi dengan glasir kaca berwarna merah cerah, lalu meletakkannya di atas 'daun' rasa kenari,” kata Cheng.

Cheng menghiasi jamuan makan Met Gala menyerupai istana kuliner. Menampilkan lebih dari 270 elemen dekorasi yang terinspirasi dari alam. Topi mawar karya Philip Treacy dan topi bergambar wanita yang murung dari era 2000-an telah menjadi item fesyen yang ikonik untuk acara tahun ini, yang semuanya muncul dalam undangan, dekorasi, hingga serbet di meja makan .


Menu Makanan Met Gala 2023 Tuai Kritik

Menghadiri acara fesyen bergengsi seperti Met Gala, rupaya membuat sejumlah selebritas kecewa dengan sajian yang dinilai gagal membuat mereka kenyang. Mengutip Vogue, menu Met Gala 2023 dibuka dengan sup kacang polong dingin dengan sayuran, lemon, crème fraîche, taburan jamur truffle.
 

 
Menu utamanya terdiri dari kombinasi sayuran dari ikan salmon King. Sedangkan untuk minuman, para tamu dapat memilih mulai dari wine hingga Diet Coke. Seluruh makanan dan minuman yang disajikan terinspirasi dari menu kesukaan Karl Lagerfeld, tokoh penting di bidang mode yang menginspirasi tema Karl Lagerfeld: A Line of Beauty untuk Met Gala 2023.

Momen menarik juga terjadi selama acara makan malam Met Gala 2023, rapper asal Amerika Serikat (AS) Pusha T menyodorkan kameranya ke piring Teyana Taylor yang ternyata diisi oleh menu makan cepat saji AS, Chick-Fil-A, dan bukan menu resmi dari perhelatan malam itu. 

Baca juga: Bunga-bunga Bermekaran, Cek 9 Outfit Floral di Karpet Merah Met Gala 2024

Sementara di sisi lain, istri Nick Jonas, Priyanka Chopra mengatakan kepada Good Morning America tentang ketidakpuasannya terhadap menu Met Gala 2023. Menyadari bahwa ungkapannya itu adalah kritikan, Chopra mengatakan mungkin dirinya tidak akan diundang lagi di tahun depan.

“Tidak ada roti di makan malam. Aku sangat lapar setelahnya, suamiku memesan pizza setelah sampai di hotel, jadi kami aman,” katanya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hari Asma Sedunia, Ini Rekomendasi Olahraga Aman untuk Penderita Asma

BERIKUTNYA

Deretan Selebritas yang Dilarang & Enggan Hadir ke Met Gala

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: