Ilustrasi mengaplikasikan sunscreen. (Sumber foto: Pexels/Ron Lach)

Kenali 5 Tanda Sunscreen Tidak Cocok di Wajah

04 May 2024   |   07:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Menjalankan rangkaian perawatan wajah merupakan suatu hal yang menjadi keharusan pada zaman sekarang. Pastinya, kalian juga menginginkan perawatan wajah yang kalian lakukan dapat memberikan hasil yang maksimal untuk kulit. Bagaimanapun, kulit yang sehat dan terawat dapat memberikan rasa percaya diri. 

Untuk mendapatkan hasil kulit yang diinginkan, tentunya kalian tidak boleh melewatkan salah satu produk perawatan wajah yang satu ini, yaitu sunscreen atau tabir surya. Apalagi di tengah kondisi cuaca yang panas saat ini, tabir surya menjadi kunci untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat merusak kulit. 

Baca juga5 Rekomendasi Sunscreen Spray, Cocok Untuk Reapply Tanpa Merusak Make Up
 

Ilustrasi perempuan menggunakan sunscreen (Sumber foto: freepik)

Ilustrasi perempuan menggunakan sunscreen (Sumber foto: freepik)


Seiring dengan perkembangan dalam industri kecantikan, tabir surya juga mengalami inovasi dengan berbagai bentuk seperti gel, lotion, dan spray yang masing-masing mengandung formulasi yang berbeda. Namun, tak selamanya tabir surya yang kalian kenakan cocok untuk setiap jenis kulit.

Dalam beberapa kasus, penggunaan tabir surya yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Lalu, apa saja tanda-tanda jika tabir surya yang kalian kenakan tidak cocok di kulit? Berikut adalah penjelasannya.  
 

1. Sensasi terbakar

Pernah merasakan sensasi terbakar meskipun menggunakan tabir surya? Jika iya, hal itu merupakan tanda bahwa tabir surya yang kalian pakai tidak berfungsi dengan baik. Dilansir melalui The Healthy, idealnya tabir surya digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari sehingga jika kalian merasakan sensasi terbakar, disarankan untuk mencari tempat teduh dan memeriksa apakah tabir surya telah digunakan dengan tepat atau mungkin ada bagian yang terlewat.


2. Timbul jerawat

Jerawat yang timbul secara tiba-tiba dapat menjadi tanda yang jelas bahwa tabir surya yang digunakan mungkin tidak cocok untuk kulit kalian. Penggunaan tabir surya kimia dapat memperburuk jerawat karena zat kimia di dalamnya dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada kulit yang sensitif atau rentan terhadap jerawat.


3. Kulit menjadi berminyak

Jika cuaca sedang tidak panas tapi kulit kalian berminyak setelah menggunakan tabir surya, kemungkinan tabir surya yang kalian gunakan tidak sesuai. Dilansir melalui InStyle, untuk mengatasi masalah ini kalian harus memilih tabir surya dengan kandungan bebas minyak dan nonkomedogenik serta mengandung niacinamide.


4. Sensasi berat atau lengket

Beberapa tabir surya mungkin dapat meninggalkan sensasi berat atau lengket pada kulit setelah penggunaan. Hal ini bisa saja terjadi karena tekstur atau beberapa formula pada tabir surya yang tidak cocok dengan kebutuhan atau kondisi kulit kalian.


5. Kulit menjadi kemerahan

Kemerahan pada kulit setelah kalian menggunakan tabir surya juga bisa menjadi tanda peradangan atau reaksi alergi. Jika hal ini terjadi, kulit kalian akan tampak lebih merah dari biasanya, terutama di area yang telah dioleskan tabir surya. Terkadang dalam beberapa kasus kemerahan ini juga bisa disertai dengan rasa gatal atau terbakar.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Momen Keseruan Nonton Film Siksa Kubur Bareng Genhype

BERIKUTNYA

Pengembang Gim Merapat, NVIDIA Hadirkan 5 Inovasi AI di Perangkat Komputasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: