Timnas Jepang U-23 (Sumber gambar: Instagram/japanfootballassociation)

Fakta Pertemuan & Link Streaming Final Jepang vs Uzbekistan Piala Asia U-23

03 May 2024   |   14:01 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim Nasional (Timnas) Jepang bakal menghadapi timnas Uzbekistan dalam perebutan gelar juara Piala Asia U-23 2024. Duel kedua tim di partai puncak ini akan digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, pada Jumat (3/5/2024) malam.

Jepang melaju ke final setelah menaklukan Irak dengan skor 2-0 pada babak semifinal. Tak berbeda jauh, Uzbekistan juga melaju ke babak final setelah menang dengan skor 2-0 atas Indonesia di babak semifinal.

Dengan telah menempatkan diri di babak final, baik Jepang maupun Uzbekistan sudah otomatis mendapatkan tiket lolos Olimpiade Paris 2024. Kini, urusan kedua tim adalah untuk memperebutkan gelar juara AFC U-23. 

Baca juga: Timnas Indonesia Akhiri Perjuangan di Peringkat 4 Usai Kalah dari Irak di Piala Asia U-23

Laga final Piala Asia U-23 tentu sudah bukan hal yang asing bagi kedua negara. Jepang terakhir kali mampu menembus babak final pada 2016, sekaligus keluar sebagai juaranya. Sementara itu, Uzbekistan pernah berada di babak final pada edisi 2018 dan 2022.

Dengan catatan yang mentereng tersebut, duel Jepang vs Uzbekistan diprediksi akan berjalan sengit. Namun, tak bisa dimungkiri kalau dalam beberapa tahun terakhir, Uzbekistan tumbuh jadi tim yang cukup disegani di Asia. 

Pada edisi 2018, Uzbekistan tidak hanya berhasil sampai ke partai puncak. Tim berjuluk Serigala Putih ini bahkan mampu keluar sebagai juara setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1. Pada edisi 2022, Uzbekistan kembali menempatkan kakinya di babak final. Namun, kali ini Uzbekistan harus menerima kekalahan setelah kalah dari Arab Saudi dengan skor 0-2.

Kini, timnas Uzbekistan masih menunjukkan eksistensinya dengan kembali ke babak final. Mereka tentu ingin kembali meraih juara seperti yang terjadi pada edisi 2018. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by #AsianCup2023 (@afcasiancup)


Namun, merebut kembali juara tentu bukan hal yang mudah. Terlebih, lawan di babak final kali ini adalah Jepang. Tim Samurai Biru junior ini tampil solid sepanjang turnamen berlangsung. Motivasi Jepang kini juga makin tinggi karena mereka bertekad membalas kekalahan di semifinal Piala Asia U23 dua tahun lalu. 

Namun, dari catatan head to head, timnas Jepang U-23 selalu tampil inferior ketika menghadapi Uzbekistan. Sebab, dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni oleh tim kelompok umur ini, tak pernah sekalipun dimenangkan Jepang.

Pertemuan pertama antara Jepang dan Uzbekistan terjadi pada M-150 Cup U-23 2017 di Thailand. saat itu, kedua tim bermain imbang. Namun, Uzbekistan akhirnya keluar sebagai pemenang lewat adu penalti dengan skor 3-4.

Kedua tim kembali bertemu pada Piala Asia U-23 2018. Kala itu, Uzbekistan berhasil menundukkan Jepang dengan skor fantastis, yakni 4-0, pada babak perempat final. Dua tahun setelahnya, Uzbekistan kembali mengalahkan Jepang 2-0 di semifinal lewat gol Jaloliddinov dan Norchaev yang juga masih bermain saat ini. 
 

Link Streaming Jepang U-23 vs Uzbekistan U-23

Pertandingan final Piala Asia U23 2024 antara Jepang vs Uzbekistan akan berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, pada Jumat (3/5/2024). Pertandingan akan digelar pukul 22.30 WIB. 

Laga puncak ini akan disiarkan melalui tayangan live di stasiun televisi RCTI. Selain itu, pertandingan ini juga bisa disaksikan secara streaming melalui Vision+, saluran Soccer Channel, dan Sportstars 4.

Untuk menyaksikan Piala Asia U23 2024 di Vision+, Genhype mesti terlebih dahulu memiliki paket berlangganan Premium Sports. Paket tersebut terdiri dari 3 pilihan yakni Paket 30 Hari Rp35.000, Paket 90 Hari Rp95.000, dan Paket 1 Tahun Rp200.000.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

The Roundup: Punishment Jadi Film Tercepat yang Raih 6 Juta Penonton Bioskop pada 2024

BERIKUTNYA

Rayakan Anniversary Kelima, Yuk Kenalan dengan Generasi 8 JKT48 yang Masih Bertahan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: