Rihanna dan A$AP Rocky di Met Gala 2023. (Sumber foto: Maison Valentino)

10 Cara Untuk Mendapatkan Undangan Met Gala

26 April 2024   |   17:04 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Senin pertama bulan Mei hampir tiba. Bersamaan dengan itu, Met Gala 2024, malam fesyen terbesar akan digelar dengan segerombolan selebritas berkumpul di Metropolitan Museum of Art dengan pakaian mewah, berjalan di karpet merah, menikmati makan malam, dan berpesta. 

Masuk ke dalam daftar tamu Met Gala sangat didambakan karena alasan yang jelas, ini merupakan ajang sosialita dengan prestise tertinggi dan setiap tamu undangan memiliki kesempatan untuk berjalan di atas karpet merah dengan mengenakan outfit karya desainer terkenal.

Baca juga: Met Gala 2024 Usung Tema The Garden of Time Terinspirasi dari Cerpen Ballard

Met Gala, juga dikenal sebagai Met Ball dan Costume Institute Gala, adalah acara penggalangan dana tahunan yang berlangsung di Metropolitan Museum of Art di New York, dan diselenggarakan oleh majalah Vogue.

Tradisi ini dimulai pada 1948, ketika fashion publicist Eleanor Lambert mempelopori acara penggalangan dana pertama untuk pameran fesyen tahunan Costume Institute. Selama dua dekade pertama, gala tersebut mencakup makan malam khusus yang diadakan di tempat-tempat seperti Waldorf Astoria dan Rainbow Room.

Namun, pada awal 1970-an, mantan pemimpin redaksi Vogue, Diana Vreeland, bergabung dengan Costume Institute sebagai konsultan dan memberikan peningkatan besar pada acara tersebut. 

Berkat Vreeland, acara ini telah menjadi acara elit dan glamor, lengkap dengan tema-tema kreatif seperti Kubisme dan Mode, Kostum Kerajaan India, dan Zaman Napoleon. Pada 1995, ketika mantan pemimpin redaksi Vogue Anna Wintour menjadi ketua acara, tanggal resminya dipindahkan ke hari Senin pertama bulan Mei.


Lantas, siapa yang diundang untuk menghadiri Met Gala?

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Vogue (@voguemagazine)


Daftar tamunya bertabur bintang. Seperti yang telah kita lihat di karpet merah gala sebelumnya, acara ini biasanya menampilkan orang-orang paling terkemuka di bidang mode, hiburan, olahraga, politik, dan banyak lagi. Bagi yang belum tahu, daftar tamu Met Gala dirahasiakan hingga malam sebelum acara utama. Namun, Met Gala menampung sekitar 450 tamu undangan yang juga termasuk desainer yang menghadiri acara tersebut dengan inspirasi (muse) mereka.

Met Gala 2024 diberi nama The Garden of Time, terinspirasi dari cerita pendek JG Ballard berjudul sama. Di samping beberapa tamu langganan seperti Beyonce, Rihanna dan Lady Gaga, prediksi daftar tamu tahun ini meliputi nama-nama seperti Kim Kardashian, Kylie dan Kendall Jenner, Jennifer Lopez, Ben Affleck, Chris Hemsworth, Elsa Pataky, Taylor Russell, Jamie Dornan, Greta Lee, dan Josh O'Connor.

Sejumlah kabar di internet juga menyebutkan bahwa Taylor Swift dan Travis Kelce akan tampil di karpet merah Met Gala tahun ini. Lauren Sanchez, Caitlin Clark, Sam Altman, Jeff Bezos juga menjadi beberapa nama yang dinantikan kehadirannya.

Kalian selalu dapat menghadiri gala tersebut selama memiliki undangan dari Wintour dan membayar tiket yang dananya digunakan untuk penggalangan dana. Harga untuk menghadiri Met Gala pada 2023 adalah sebesar US$50.000—dan nilainya terus naik tiap tahun menjadi US$75.000 untuk gelaran Met Gala 2024. 

Harga ini sangat mahal jika dibandingkan dengan harga yang dibayarkan para tamu untuk gala pertama pada 1948. Saat itu, para peserta membayar US$50, yang setara dengan US$630 saat ini.

Jika kedua cara ini tampaknya tidak mudah untuk dilakukan, masih ada banyak jalan menuju Roma. Dilansir melalui Elle dan Grazia, Genhype dapat mencicipi kehidupan sosialita New York selama satu malam dengan mengikuti 10 langkah berikut ini:


1. Donasi ke Museum Seni Metropolitan

Karena acara mewah ini juga berfungsi sebagai penggalangan dana untuk MET Costume Institute, masuk akal jika Vogue akan memberikan undangan kepada para donatur mereka yang paling dermawan. Para co-chair (tahun ini digawangi Bad Bunny, Chris Hemsworth, Jennifer Lopez, Zendaya, dan Anna Wintour), dermawan, selebritas, dan perusahaan biasanya menawarkan dukungan finansial.


2. Beli Tiket Sendiri

Ternyata, acara VIP tidak selalu hanya untuk undangan. Per laporan Hollywood Reporter, Kate Upton sangat bertekad untuk menghadiri gala pada 2012 sehingga dia menulis cek kepada Anna Wintour sebesar US$25.000, membuatnya mendapat tempat di daftar tamu undangan. Namun, seperti yang Genhype ketahui, harga tiketnya meningkat banyak.


3. Jadi Bintang Media Sosial

Saran yang satu ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, jika Genhype cukup beruntung untuk menjadi viral di media sosial, kalian mungkin mengikuti jejak bintang TikTok Addison Rae dan Dixie D’Amelio, yang keduanya mendapat undangan ke Met Gala tahun lalu.


4. Berteman dengan Selebriti

Salah satu jalan pintas untuk menghadiri Met Gala adalah dengan berteman atau berkencan dengan seseorang yang terkenal. Banyak orang yang datang sebagai plus-one dan cukup beruntung bisa bergabung dengan para tamu di Met Gala sebelumnya. Jadi, jika kalian cukup beruntung untuk memenangkan hati seorang A-lister, peluang untuk diundang akan meningkat.


5. Bekerja untuk Majalah Vogue

Memiliki byline di salah satu edisi majalah Vogue bukanlah satu-satunya keuntungan bekerja di majalah populer tersebut. Ternyata, beberapa anggota staf juga dapat menghadiri pesta mewah ini—terutama jika ada hubungannya dengan pekerjaan.


6. Bekerja sebagai Humas Selebriti

Genhype mungkin telah memperhatikan pola yang lazim ketika datang ke karpet merah Met Gala: Tim sang bintang selalu berada di belakang. Kadang-kadang, kalian akan melihat satu orang (atau beberapa orang) mengikuti di belakang mereka untuk menyesuaikan pakaian mereka dengan cepat untuk sesi foto.


7. Menjadi Pelayan

Secara teknis, saran satu ini tidak dihitung sebagai "undangan". Namun, meski kalian bekerja di belakang layar, kalian tetap bisa berada di ruangan yang sama dengan selebriti favorit. Dalam wawancara dengan Insider, Mike Hartman, mantan pekerja Met Gala, bercerita tentang pengalamannya melayani selebriti dan tamu terkenal.

“Kami semua secara individu harus menyajikan setiap menu ke piring para tamu, bersama dengan sausnya, semuanya dengan satu tangan di belakang kursi singgasana dengan para tamu mengenakan pakaian yang dibuat khusus dan sangat mahal. Dan di sinilah kita, melayani mereka dengan layanan ala jamuan Prancis!"

Meski keberadaan kalian mungkin akan luput dari perhatian para tamu, ternyata itu merupakan pengalaman yang luar biasa. Dia menambahkan, “Mereka semua hanya berbicara, berjejaring, dan menikmati kebersamaan satu sama lain.”


8. Bekerja untuk Sponsor

Selain berkat para donatur, gala ini tidak akan terlaksana tanpa sponsor. Selain mengalokasikan beberapa kursi untuk selebritas kelas atas, penyelenggara juga juga akan menyediakan kursi untuk para eksekutif. CEO Apple atau direktur kreatif Chanel akan lebih mungkin mendapatkan undangan daripada pekerja entry level, tapi bukan tidak mungkin. Sponsor seperti 
Condé Nast, H&M dan Farfetch juga punya kursi tereservasi untuk pekerjanya.


9. Jadi Kerabat Anna Wintour

Ini bukan sesuatu yang benar-benar dapat direncanakan, tetapi keluarga terdekat Anna Wintour adalah tamu rutin di karpet merah panjang Met Gala yang terkenal. Putrinya Bea Shaffer dan putranya Charlie dipastikan hadir tahun ini. Sebut saja nepotisme, tapi sepertinya hal tersebut sedang menjadi tren saat ini.


10. Jadi Penampil

Jika seorang penyanyi terpilih untuk tampil, mereka secara otomatis menerima undangan. Lady Gaga, Bruno Mars, Katy Perry, Kanye West dan Justin Bieber adalah beberapa artis yang pernah tampil di gala ini sebelumnya. Ditambah lagi, artis tersebut biasanya bisa membawa plus-one. Kim Kardashian dilaporkan 'dilarang' menghadiri acara tersebut oleh Anna Wintour pada 2012, tetapi hadir sebagai tunangan Kanye West saat sang musisi menjadi headliner Met Gala 2013.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Film Indonesia Tayang Mei 2024 di Bioskop, Didominasi Genre Horor

BERIKUTNYA

Berhenti Beroperasi 24 Mei, Ini Perbedaan Fitur Flipside dan Close Friend Instagram

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: