Penonton konser Coldplay Music of the Spheres World Tour Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023). (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Eusebio Chrysnamurti)

5 Tips Merencanakan Bujet Nonton Konser Agar Hemat Biaya

20 April 2024   |   09:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Jadwal konser musisi lokal dan mancanegara di Indonesia kian padat memasuki kuartal kedua tahun 2024. Beberapa penonton konser yang berdedikasi akan menghabiskan banyak uang untuk melihat artis favorit mereka tampil secara langsung. Namun, bagaimana jika ada cara untuk tetap menikmati konser tanpa menguras kantong?

Jawabannya adalah membuat rencana bujet yang cerdas dan tepat, karena percaya atau tidak, banyak hal yang kurang diperhatikan di tengah euforia sebuah konser, sehingga bisa berujung pada pengeluaran berlebihan. Dengan adanya bujet yang tertata, sehingga dapat lebih mudah melacak setiap rupiah yang dikeluarkan dari dompet.

Baca juga: Begini Cara Berhemat saat Nonton Konser di Singapura

Apakah Genhype penasaran bagaimana menghemat uang namun tetap menikmati konser dengan nyaman dan hemat? Simak 5 tips merencanakan bujet nonton konser agar hemat biaya!
 

1. Mempelajari Venue dan Rundown dengan Baik

Langkah pertama sebelum menciptakan bujet adalah mempelajari semua tentang venue dan alur acara dari sebuah konser. Biasanya promotor konser akan memberikan lokasi venue dan rundown yang lengkap. Akomodasi, pilihan transportasi, dan parkiran adalah beberapa hal yang perlu dipastikan ada dekat venue, atau setidaknya mudah di akses. 

Rundown acara biasanya memiliki waktu untuk open gate dan close gate, jika tiket Genhype sudah ditukar dengan gelang atau penanda apapun, datang saat mendekati close gate tidak masalah. Namun, jika tiket belum ditukarkan dan tidak memiliki akses khusus, sebaiknya datang lebih cepat mendekati jam open gate. 

Perhatikan juga kapan konser selesai, karena arus lalu lintas yang tinggi dapat meningkatkan harga transportasi untuk keluar dari venue konser. Sehingga lebih baik menunggu sampai banyak orang sudah meninggalkan venue atau mengabil opsi transportasi lain yang lebih murah.

Dengan memperisapkan semua hal tersebut, Genhype dapat menyiapkan estimasi yang diperlukan dari jauh-jauh hari.
 

2. Kalkulasi Harga Tiket dengan Value Terbaik

Setelah mempelajari venue dan rundown, waktunya mengkalkulasi harga tiket. Kalian disarankan membeli tiket dengan harga yang paling terjangkau sesuai kemampuan. Genhype bisa membeli tiket saat masih dalam fase pre-sale atau early bird. Kemudiaan perhatikan juga value yang ditawarkan dari tiket tersebut.

Sebagai contoh, lebih baik membayar sebuah tiket yang sedikit lebih mahal namun mendapatkan pandangan yang lebih jelas ke arah panggung, dibanding membeli tiket lebih murah dengan pandangan yang terhalang.
 

3. Kalkulasi Harga Untuk Semua Kebutuhan

Akomodasi, biaya transportasi, makan dan minum adalah beberapa hal yang termasuk kebutuhan penting untuk menghadiri sebuah konser. Meski penting, ada beberapa cara untuk menghemat biaya untuk kebutuhan khusus. Misalnya untuk akomodasi, cari lah yang paling dekat dan yang paling murah dari venue konser. Ini juga akan menghemat biaya transportasi karena lebih dekat.

Jika terpaksa mendapat akomodasi yang cukup jauh dari venue, gunakan transportasi umum agar tetap hemat. Terakhir untuk makan dan minum, sebaiknya makan terlebih dahulu sebelum datang ke venue konser. Bahkan beberapa konser juga memperbolehkan penggunanya untuk membawa botol minum sendiri yang dapat diisi ulang. 

Kemudian jangan lupa juga untuk kalkulasi biaya untuk kebutuhan kurang penting seperti merch dan jasa-jasa lain bukan termasuk kebutuhan penting. Dengan begitu, pengeluaran yang tidak penting sekalipun tetap dapat dilacak agar tetap sesuai bujet.
 

4. Temukan Promo dan Penawaran

Umumnya konser memiliki banyak sponsor yang menawarkan berbagai promo dan penawaran menarik. Mulai dari stand makan dan minuman kecil yang memiliki promo buy 1 get 1, hingga layanan transaksional seperti bank yang memiliki diskon potongan harga tiket. Intinya, manfaatkan semua promo dan penawaran yang ada semaksimal mungkin.
 

5. Menyiapkan Dana Darurat

Meski sudah mempersiapkan perencanaan yang mantap, terkadang ada beberapa kondisi tak terduga yang bersifat darurat seperti cedera dan perubahan pilihan transportasi mendadak. Untuk memastikan Genhype siap menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan, siapkan dana darurat, dalam rekening dan juga uang tunai.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Episode Terakhir Tayang Mulai Hari Ini, Simak Dinamika Drakor Queen of Tears

BERIKUTNYA

Intip Performa Galaxy Z FLip 6 yang Bocor di Geekbench, Rilis Juli 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: