Oldboy adalah film pertama asal Negeri Ginseng yang memenangkan Grand Prix di Festival Film Cannes 2004 (sumber gambar IMDb)

Moviegoers Merapat, Film Oldboy akan Diadaptasi Lionsgate Jadi Serial TV

20 April 2024   |   08:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi penikmat sinema tahun ini. Pasalnya film klasik asal korea, Oldboy akan diadaptasi menjadi serial TV. Kabar itu dikonfirmasi perusahaan Amerika-Kanada, Lionsgate Television, selaku studio yang akan memproduksi serial tersebut.

Lionsgate juga mengumumkan, penulis sekaligus sutradara Oldboy, Park Chan-wook akan bergabung sebagai produser film. Selain Park, proyek ini juga akan diawasi mitra produksinya, yakni Syd Lim, serta Courtney Mock dan Tara Joshi sebagai eksekutif produser.

Baca juga: Intip Cerita Sutradara Park Chan Wook Garap Film Decision to Leave

Wakil presiden eksekutif dan kepala pengembangan naskah untuk Lionsgate Television, Scott Herbst mengatakan, serial adaptasi ini juga akan menampilkan visual dan premis dari Oldboy. Yaitu lewat adegan laga ikonik, kekuatan emosional karakter, hingga gaya khas yang membuatnya jadi film klasik. 

“Park adalah salah satu pendongeng paling visioner di generasi kami, dan kami sangat senang dapat bermitra dengannya dalam membawa karya sinematiknya ke layar televisi,” kata Scott dikutip dari Korea JoongAng Daily.
 
 


Kendati begitu, hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai siapa saja yang akan bergabung dalam proyek ini. Tak hanya itu, Lionsgate juga belum mengumumkan siapa sutradara dan showrunner yang akan menggarap serial tersebut meski sudah mengumumkan para produsernya.

Oldboy karya Park adalah film pertama asal Negeri Ginseng yang memenangkan Grand Prix di Festival Film Cannes 2004. Rilis pada 2003, film ini cukup banyak mempengaruhi lanskap film di Korea, serta menarik perhatian dunia lewat pola penyutradaraan yang tidak linear dengan alur yang tidak mudah ditebak.

Di samping itu, untuk merayakan ulang tahun ke-20 film tersebut, Neon merilis ulang Oldboy di bioskop AS pada 16 Agustus 2023. Park secara pribadi juga mengawasi restorasi digital dan remastering film dalam 4K HDR untuk acara tersebut.

Film ini diadaptasi dari manga Jepang berjudul sama yang ditulis oleh Garon Tsuchiya. Adapun ceritanya mengikuti karakter Oh Dae-su (diperankan oleh Choi Min-sik), seorang pria yang dipenjara di sebuah kamar hotel kecil selama 15 tahun tanpa bisa melihat dunia luar. 

Syahdan, dia tiba-tiba dibebaskan dan diberi waktu lima hari untuk mencari tahu mengapa dia dipenjara. Berdurasi 120 menit, film ini lebih banyak meneroka mengenai aksi balas dendam sang protagonis terhadap orang yang memenjarakannya. Selain Choi Min-sik, film ini juga dibintangi oleh Yoo Ji-tae, Kang Hye-jung dan Oh Dal-su.

Serial Oldboy yang akan digarap Lionsgate juga bukan yang pertama dalam adaptasi bahasa Inggris. Sebelumnya, film tersebut juga semat digarap ulang oleh Spike Lee menjadi versi Hollywood.  Film remake itu dibintangi Josh Brolin hingga Elizabeth Olsen dan rilis pada 2013.

Sementara itu, Park Chan-wook juga dikenal sebagai auteur penulis dan sutradara kondang Korea yang telah merilis sejumlah film populer. Beberapa di antaranya seperti Lady Vengeance (2005), The Handmaiden (2016), dan Decision to Leave (2022).

Belum lama ini dia juga merilis serial berjudul The Sympathizer yang dibintangi Robert Downey Jr., Hoa Xuande, Toan Le, hingga Scott Ly. Tak hanya itu, dia juga memproduseri film dan serial TV yang diadaptasi dari film Bong Joon-ho Snowpiercer (2013).

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Cek Patch Update Call of Duty Mobile Season 4, Ada Senjata Mythic Baru

BERIKUTNYA

Kenali Tanda-tanda Jika Produk Perawatan Wajah yang Digunakan Tidak Cocok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: