Ilustrasi kulit wajah. (Sumber foto: Pexels/Anna Shvets)

Kenali Tanda-tanda Jika Produk Perawatan Wajah yang Digunakan Tidak Cocok

20 April 2024   |   08:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menunjang penampilan wajah selain treatment di klinik kecantikan adalah dengan melakukan rangkaian skincare atau perawatan wajah. Saat ini perawatan wajah sangat populer dilakukan oleh banyak orang karena dapat membantu membuat kulit wajah tampak sehat dan berseri.

Semakin berkembangnya dunia kecantikan dengan adanya produk-produk perawatan wajah yang bermunculan membuat banyak orang menjadikan skincare sebagai perawatan rutin. Namun, terkadang ada tantangan sendiri ketika kita akan memilih produk perawatan wajah yang akan digunakan.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Cara Terbaik Menggunakan Moisturizer untuk Hasil Maksimal

Memang produk perawatan wajah dirancang untuk mengatasi permasalahan kulit yang terjadi. Akan tetapi, tak semua produk perawatan wajah yang digunakan bisa cocok untuk kulit sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi purging

Untuk itu, Genhype juga perlu mengetahui beberapa kandungan pada perawatan wajah yang dapat membuat kulit wajah menjadi purging. Dilansir melalui esmi, berikut adalah beberapa kandungan yang dimaksud. 
  • Asam hidroksi untuk eksfoliasi
  • Sikat pembersih wajah, peeling, dan perawatan mikrodermabrasi
  • Vitamin C
  • Benzoyl peroxide
  • Retinoid
  • Bentonite clay


Tanda-tanda produk perawatan wajah yang digunakan tidak cocok di kulit


1. Kulit menjadi kering dan mengelupas

Efek yang sering muncul setelah menggunakan produk perawatan yang tidak cocok adalah kulit menjadi kering hingga mengelupas. Hal ini biasanya terjadi ketika kalian menggunakan serum atau pelembap yang memiliki kandungan retinoid. Jika reaksi kulit kering dan mengelupas terjadi secara berlebihan, hal ini bisa menjadi tanda bahwa perawatan kulit yang kalian gunakan tidak cocok.


2. Muncul jerawat

 

Ilustrasi wanita berjerawat (Sumber foto: freepik)

Ilustrasi wanita berjerawat (Sumber foto: freepik)



Salah satu tujuan menggunakan perawatan kulit adalah untuk menghilangkan jerawat. Namun, jika kalian telah menggunakan perawatan kulit selama berminggu-minggu dan jerawat tak kunjung hilang, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa perawatan wajah yang kalian gunakan tidak cocok untuk kulit. Untuk itu, segera ganti produk perawatan wajah kalian sebelum kulit wajah menjadi benar-benar rusak. 

 

3. Kulit menjadi kemerahan dan meradang

Tanda merah muncul di kulit setelah menggunakan perawatan kulit? Itu juga bisa menjadi tanda bahwa kulit tidak kompatibel dengan salah satu bahan aktif pada perawatan kulit yang kalian pakai. Biasanya, hal ini terjadi karena kandungan produk perawatan wajah yang digunakan terlalu keras sehingga menimbulkan efek terbakar.

Selain itu, jika kulit kalian menjadi merah atau meradang, hal tersebut bisa terjadi dikarenakan menggunakan produk dengan kandungan AHA, menggunakan serum dengan persentase vitamin C yang tinggi, atau pelembap yang memiliki kandungan retinol sangat kuat. 

Terlebih jika kulit kalian sensitif, sebaiknya hindari beberapa bahan aktif dalam produk perawatan wajah seperti wewangian buatan, natrium lauril sulfat (SLS) dan natrium laureth sulfat (SLES), silikon, petrokimia, dan emolien sintetis.


4. Kulit menjadi sangat berminyak

Kulit berminyak memang hal yang wajar terjadi bagi banyak orang, terutama remaja. Namun, produksi minyak secara berlebihan dapat menjadi dampak dari tidak cocoknya produk perawatan wajah yang digunakan. 


5. Tak ada perubahan pada kulit

Memang benar bahwa kita memerlukan waktu beberapa minggu atau bahkan bulan agar produk perawatan wajah dapat memberikan hasil yang maksimal. Namun, itu semua tergantung dengan produk perawatan wajah yang digunakan. Kalian harus pertanyakan jika produk yang kalian gunakan tidak ada perubahan selama berbulan-bulan pada kulit kalian. Jika kalian mengalami hal ini, mungkin bisa saja produk yang digunakan tidak cocok untuk kulit. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Moviegoers Merapat, Film Oldboy akan Diadaptasi Lionsgate Jadi Serial TV

BERIKUTNYA

4 Episode Terakhir Tayang Mulai Hari Ini, Simak Dinamika Drakor Queen of Tears

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: