Pillow Fighting Championship (Sumber: fightpfc.com)

5 Kejuaraan Bela Diri Unik, Car Jitsu Hingga Pillow Fighting

18 April 2024   |   18:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Jika pecinta kompetisi bela diri diminta untuk menyebutkan kejuaraan favorit mereka, nama-nama terkenal seperti UFC, One Championship, dan Bellator MMA yang mungkin disebutkan. Namun beberapa dari mereka ingin sesuatu yang berbeda, sesuatu yang lebih menyenangkan untuk ditonton, atau bahkan lebih brutal. 

Untuk menarik dan memunculkan sesuatu yang baru dalam dunia seni bela diri, beberapa kejuaraan ini telah membedakan dirinya dari kejuaraan konvensional dengan ide uniknya masing-masing. Mereka mendapatkan banyak pengikut di media sosial, memposting mulai dari klip pendek yang dibagikan secara online dan dipromosikan oleh para influencer terkenal.

Kejuaraan-kejuaraan baru ini sering kali menggabungkan unsur-unsur seni bela diri dan elemen-elemen yang menantang, mendorong batasan fisik dan mental para petarungnya.

Baca Juga:  7 Manfaat Kesehatan Berlatih Seni Bela Diri Muay Thai

Penasaran dengan gebrakan-gebrakan baru di dunia  bela diri profesional? Simak 5 kejuaraan seni bela diri unik yang menarik untuk diikuti!


1. Car Jitsu 

 
Jiu Jitsu adalah salah satu seni bela diri grappling yang sudah diadaptasi oleh berbagai kejuaraan di seluruh dunia. Biasanya para petarung akan saling bergulat di dalam sangkar yang empuk, namun tidak dengan Car Jitsu yang terjadi dalam ruang sempit dalam mobil.Sebelum pertandingan dimulai, kedua petarung akan duduk di kursi pengemudi dan penumpang depan, dengan sabuk pengaman terpasang.

Setelah pertandingan dimulai, kedua peserta harus melepaskan diri dan berusaha untuk melakukan submission kepada lawan. Setiap putaran berlangsung selama tiga menit, dan peserta diperbolehkan untuk menggunakan bagian manapun dari interior kendaraan, termasuk sabuk pengaman, roda kemudi, dan segel jendela.

Pemenang akan diumumkan setelah dua dari tiga putaran. Jika kedua pesaing masing-masing memenangkan satu putaran, putaran empat menit terakhir akan berlangsung di kursi belakang, di mana poin juga ikut berperan.

Jadi sebenarnya apa tujuan terciptanya Car Jitsu? Pada sebuah wawancara dengan PowerNationTV, Vik Mikheev selaku penemu dari ajang bela diri ini, percaya bahwa menerapkan teknik grappling kepada kompetitor di ruang kecil dan terbatas dapat mengarah pada pengembangan teknik baru.


2. Pillow Fighting Championship

 
Apakah Genhype pernah dalam keadaan sangat kesal sampai ingin memukul seseorang dengan bantal? Pillow Fighting Championship (PFC) mengambil ide itu dan mengubahnya menjadi kejuaraan pertarungan profesional. Menggabungkan beberapa teknik dan gerakan dari seni bela diri campuran (MMA), namun peserta bertarung dengan bantal khusus dan bukan dengan bagian badan.

Bantal yang digunakan dalam kejuaraan ini dilengkapi dengan pegangan yang ergonomis dan penutup nilon ripstop, sehingga peserta dapat menggerakkannya dengan cepat. Memberikan pukulan kuat yang menghasilkan suara khas saat benturan. Setiap pertarungan diadakan di atas ring seperti tinju, dengan setiap ronde berlangsung selama 1 menit dan pemenang ditentukan oleh beberapa juri melalui perhitungan poin.
 

3. Power Slap

 
Berbeda dengan kompetisi bela diri pada umumnya, power slap adalah kompetisi di mana para peserta bergiliran untuk menampar satu sama lain, dan pemenangnya akan dinilai berdasarkan sistem keharusan 10 poin. Meski terlihat konyol, kejuaraan ini didukung penuh oleh Presiden dari kejuaraan Ultimate Fighting Championship (UFC), Dana White.

Tata cara perlombaan ini bukan main-main, karena setiap tamparan yang dilempar harus sempurna tanpa adanya upaya curang seperti clubbing yang dapat mengakibatkan cedera parah. Langkah-langkah keamanan juga dilakukan, dengan peserta diharuskan menggunakan pelindung mulut, dilarang memakai perhiasan, dan tim medis yang diwajibkan untuk memeriksa kondisi wajah pemain setelah setiap tamparan. Hal ini dilakukan mengingat knockout sering terjadi dalam kejuaraan ini.

Hal yang paling unik dari kejuaraan ini bukan hanya siapa yang dapat memberikan tamparan keras, namun juga siapa yang memiliki otot leher yang kuat untuk mencegah knockout. Jadi para petarung profesional di kejuaraan ini melatih otot lengan dan juga otot lehernya untuk memaksimalkan kesempatan untuk menang.
 


4. Bare Knuckle Fighting Championship

 
Banyak kejuaraan tarung yang menggunakan bantalan untuk mencegah cedera, tetapi tidak dengan Bare Knuckle Fighting Championship (BKFC) yang menganjurkan penggunaan kontak tinju langsung. Kejuaraan ini dianggap sebagai bentuk tinju yang lebih kasar, dengan gerakan yang dilarang di pertarungan tinju biasa lainya diperbolehkan. Namun menendang, menanduk, atau mencungkil mata adalah tindakan ilegal.

Ini menjadi sangat populer di kalangan penggemar tinju karena sangat brutal, dengan pertumpahan darah yang banyak sebagai hal yang sangat lazim. Dengan popularitasnya, banyak petarung profesional dan amatir yang mengikuti kejuaraan. Seperti bintang TikTok Bryce Hall yang memenangkan pertarungan debut pertamanya pada Agustus tahun lalu.
 


5. Chess Boxing Championship

 

Terakhir, kejuaraan pertarungan paling aneh namun paling inovatif dalam daftar ini, Chess Boxing. Menurut Chess Boxing Nation, kejuaraan ini merupakan perpaduan liar antara obsesi olahraga tertua umat manusia. Memungkinkan petarung untuk beradu intelek di papan catur dan melemparkan pukulan dalam ring, semua dalam satu pertandingan.

Dua petarung akan memainkan putaran catur blitz dan tinju secara bergantian hingga salah satu pihak menang melalui skakmat atau knockout. Pertandingan biasanya terdiri dari lima babak, namun bisa sampai babak ke-7 untuk pertandingan final.

Olahraga ini sangat populer di Inggris, India, Finlandia, Prancis, dan Rusia. Selain itu Chess Boxing telah mendapatkan popularitas yang sangat besar di kalangan pengguna YouTube karena banyak YouTuber favorite mereka seperti DisguisedToast telah ikut serta dalam olahraga ini.

SEBELUMNYA

Zico Kolaborasi Bareng Jennie BLACKPINK Lewat Single SPOT!

BERIKUTNYA

Jadi Debut Waralaba Animasi, Trailer Transformers One Bakal Dirilis dari Luar Angkasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: