Lebaran ketupat kerap dirayakan pada 8 Syawal (Sumber gambar: unsplash/ Mufid Majnun)

Makna & Sejarah Tradisi Lebaran Ketupat, Dirayakan Setiap 8 Syawal

17 April 2024   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setiap tahunnya, ketika bulan Ramadan berakhir dan bulan Syawal tiba, masyarakat Indonesia merayakan Idulfitri dengan penuh suka cita dan berbagai tradisi yang khas. Setelah merayakan hari Lebaran, masyarakat Muslim di Pulau Jawa biasanya akan merayakan Lebaran Ketupat yang tahun ini jatuh pada 17 April 2024.

Dikutip dari laman Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen, lebaran ketupat yang kerap dirayakan oleh masyarakat di dalam negeri tidak dapat dilepaskan dari peran wali songo yang menyebarkan ajaran agama Islam, yakni Sunan Kalijaga.

Baca juga: Kenapa Ketupat Identik dengan Hari Raya Lebaran? Simak Asal-Usul, Makna & Filosofinya

Pada saat itu, Sunan Kalijaga mengajarkan kepada masyarakat untuk melakukan puasa sunah selama 6 hari pada syawal yang memang sesuai dengan ajaran Islam dari 2 sampai 7 Syawal. Setelah itu, pada 8 syawal, masyarakat kembali merayakan lebaran.

Lebaran setelah puasa sunah ini kerap mendapatkan sebutan dari masyarakat sebagai lebaran ketupat. Perayaan ini bukan merupakan bentuk ibadah tambahan, sehingga tidak ada takbiran, salat sunah, dan sebagainya.

Perayaan lebaran ketupat hanya berupa kegiatan menghantarkan makanan ketupat kepada orang lainnya. Dalam laman Diskominfo Kalimantan Timur, ketupat menjadi bagian dalam perayaan ini juga tidak dapat dilepaskan dari peran Sunan Kalijaga yang melakukan akulturasi budaya antara filosofi makanan tersebut dengan nilai-nilai Islam.

Sunan Kalijaga membagikan ketupat kepada masyarakat sebagai sarana menyebarkan agama, sehingga orang-orang masuk Islam. Lambat laun, tradisi itu melekat dan terus dijalankan oleh masyarakat.

Kata ketupat disebut-sebut dari kata Kupat dan memiliki arti ngaku lepat atau mengakui kesalahan dan laku papat atau empat tindakan berupa melimpahi, melebur dosa, menyucikan diri, dan pintu ampunan terbuka lebar.

Sementara itu, isi beras dalam ketupat merupakan simbol nafsu manusia dan daun kelapa muda yang dianyam atau janur berarti cahaya sejati atau hati nurani. Dengan begitu, ketupat memiliki makna manusia yang berupaya menahan nafsu dan mengikuti hati nurani.

Selain menghantar ketupat ke orang yang lebih tua atau menikmatinya di rumah, salah satu cara untuk merayakan lebaran ketupat adalah memberikan ucapan selamat kepada kawan, keluarga, atau kolega.

Berikut ucapan lebaran ketupat yang dapat menjadi pilihan:
  • Selamat Lebaran Ketupat, semoga kita selalu menjadi individu yang memiliki makna ketupat
  • Selamat Lebaran Ketupat, mohon maaf lahir dan batin
  • Selamat Lebaran Ketupat, semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT
  • Pada Lebaran Ketupat 1445 Hijriah, kami sekeluarga mengucapkan selamat. Semoga kita semua diberikan kesejahteraan dan kesuksesan yang terus berlimpah.
  • Semoga kita selalu memiliki filosofi ketupat yang menahan hawa nafsu dan mengikuti hati nurani pada Lebaran Ketupat. Selamat lebaran ketupat.
  • Semoga kita selalu memiliki laku papat atau empat tindakan baik dalam lebaran kali ini. Selamat Lebaran Ketupat.
  • Selamat Lebaran Ketupat, semoga kita selalu mendapatkan keberkahan yang berlipat dari Allah SWT
  • Pada Lebaran Ketupat 1445 Hijriah, mari kita jaga hati tetap suci.
  • Setelah Lebaran Idulfitri, datanglah Lebaran Ketupat. Semoga kita selalu diberikan keselamatan berlipat-lipat.
  • Lebaran Ketupat penuh dengan ketupat. Selamat merayakannya semoga rezeki kita terus berlimpah.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mengenal Apple Developer Academy, Program Pelatihan untuk Jadi Pengembang Sukses

BERIKUTNYA

Tren Wisatawan Lebih Memilih Hotel Berkualitas Meski Harga Mahal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: