Musisi Billy Joel (Sumber gambar: tangkapan layar laman Billy Joel)

Profil Billy Joel yang Mencetak Puncak Kariernya di Industri Musik Dunia

15 April 2024   |   12:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Konser musisi Billy Joel bertajuk The 100th : Billy Joel At Madison Square Garden – The Greatest Arena Run Of All Time  tayang pada Minggu, 14 April 2024 pukul 21.00-23.00 ET/PT di CBS. Penayangan karya yang disutradarai oleh Paul Dugdale itu menjadi yang pertama kali bagi sang musisi di jaringan televisi. 

Konser Billy Joel: The 100th - Live at Madison Square Garden - The Greatest Arena Run Of All Time direkam secara langsung pada Maret 2024. Pertunjukan ini merupakan yang ke-100 secara berturut-turut dan memecahkan rekor selama residensinya di Madison Square Garden.

Pria yang terkenal dengan sebutan Piano Man itu merayakan tonggak bersejarahnya setelah menjual habis tiket pertunjukan bertajuk World’s Most Famous Arena di setiap konser selama 10 tahun dari Januari 2014 sampai Juli 2024.

Baca juga: Profil Eleanor Coppola, Sutradara Film Dokumenter Berbakat Meninggal Dunia Usia 87 Tahun

Nama Billy Joel sudah tidak asing lagi bagi industri musik dunia. Pria yang telah berkali-kali masuk nominasi Grammy tersebut telah berhasil menjual ratusan juta rekaman karyanya di seluruh dunia selama berkarier.

Dikutip dari laman Billy Joel & Biography, sang musisi yang telah menjual lebih dari 150 juta rekaman menempati posisi sebagai salah satu artis paling populer di dunia pada saat ini. Karya-karyanya telah dinikmati oleh banyak orang selama bertahun-tahun.

Pengakuan dunia terhadap karya dari Joel juga terlihat dari berbagai penghargaan yang pernah diraihnya. Di ajang Grammy, Joel pernah meraih Song of The Year dan Record of the Year dengan single Just The Way You Are.

Tidak hanya itu, dia juga tercatat meraih Best Pop Vocal Performance lewat karya berjudul 52nd Street dan Album of The Year melalui karya yang sama pada 1979. Satu tahun berselang, musisi yang lahir pada 1949 itu juga mendapatkan Best Rock Vocal Perfomance kategori pria lewat Glass Houses pada 1980 di ajang Grammy.

Pada 1991, penyelenggara penghargaan bagi para musisi dunia itu memberikannya Grammy Legend Awards. Dia juga tercatat telah melakukan berbagai pertunjukan di berbagai tempat, salah satunya adalah di Madison Square Garden.

Sejak tampil pertama kali pada 1978, Billy tercatat telah beraksi sebanyak lebih dari 100 pertunjukan di Madison Square Garden. Dari total itu, di antaranya adalah 12 pertunjukan yang dilakukan secara berturut-turut.

Pertunjukan pada saat itu belum terjadi, sehingga membuatnya mendapatkan tempat di antara para musisi hebat yang tampil di Madison Square Garden. Tidak hanya itu, dia juga memperoleh penghormatan dari banyak musisi.

Pria penyanyi dan penulis lagu ini memiliki darah seniman dari sang ayah yang merupakan seorang pemain piano klasik. Meskipun begitu, peran sang ibu yang membuatnya menjadi seperti saat ini sangat besar.

Sang ibu yang bernama Rosalind mendorong Joel muda agar bermain piano, sama seperti sang ayah. Dia pun mulai bermain saat berusia 4 tahun dan langsung menunjukkan bakat yang dimiliki. 12 tahun kemudian atau saat berusia 16 tahun, dia sudah menjadi seorang musisi profesional dan menjadi salah satu anggota band.

Alih-alih menyelesaikan sekolahnya, Joel memilih untuk tidak melanjutkan sekolah dan fokus terhadap album solo pertama berjudul Cold Spring Harbour pada 1971. Album yang dirilis bersama Family Productions tidak sukses secara komersial, sehingga membuatnya kecewa dan memutuskan untuk menjauh dari hingar bingar industri entertainment.

Pada awal 1972, dia mendapat pekerjaan sebagai pianis lounge dengan nama samaran Bill Martin. Pada akhir tahun, dia merekam indie karya berjudul Captai Jack dan merilisnya. Tanpa diduga, sambutan hangat datang dari banyak pendengar.

Para eksekutif dari label Columbia Records mencarinya dan memberi kesempatan kedua untuk menjadi bintang rock. Singkat cerita, dia mulai merekam lagu dan album baru. Tidak hanya itu, gayanya dalam bermusik juga mengalami perkembangan.

Selain pop, dia juga kerap bermain di ranah bluesy-jazz yang saat ini begitu melekat dengan dirinya. Karya berjudul The Stranger (1977) adalah terobosan komersial besar pertama sang musisi, yang menempatkannya dalam empat lagu di Top 25 tangga lagu Billboard AS.

Berbagai penghargaan pun datang dan diterima oleh dirinya. Grammy hanya salah satu di antaranya. Dia juga tercatat pernah meraih penghargaan Kennedy Center Tahunan ke-36, salah satu penghargaan budaya terkemuka di Amerika Serikat.

Konser-konser yang diadakan oleh Joel selalu mendapatkan apresiasi dari para pencinta musik. Tiket yang dijual oleh penyelenggara pun kerap habis. 

Baca juga: Cek Profil 5 Seniman Irlandia yang Gelar Pameran Ireland's Eye di WTC Jakarta

Tidak hanya itu, produsen piano Steinway & Sons memberikan penghormatan dengan menggantung lukisan potret sang musisi di Steinway Hall, Manhattan, sehingga membuatnya menjadi pianis non-klasik pertama yang diabadikan di tempat itu.

Lukisan potretnya bersandingan dengan musisi legendaris dunia, seperti Sergei Rachmaninoff, Franz Liszt, Arthur Rubinstein, Ignacy Paderewski, dan banyak lagi.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Cara Melawan Stres di Media Sosial

BERIKUTNYA

Ada Promo Tiket Kereta Api Buat yang Mau Mudik Setelah Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: