Ilustrasi ketupat. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Resep Ketupat Praktis Pakai Rice Cooker yang Enak & Pulen

07 April 2024   |   13:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Lebaran sebentar lagi tiba. Sebagian dari Genhype mungkin sudah mulai menyiapkan jamuan untuk Lebaran, mulai dari hidangan utama hingga aneka camilan dan kue kering. Ada banyak makanan yang identik dengan Hari Raya Idulfitri, salah satunya adalah ketupat. Merayakan Lebaran seolah tak afdol jika tak menyantap ketupat.

Ketupat adalah makanan berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda atau janur. Makanan dengan tekstur padat dan pulen ini memang menjadi hidangan yang cocok dipadukan dengan beragam jenis lauk khas Lebaran lainnya, seperti opor ayam, rendang, dan sambal ati ampela.

Di samping itu, sebagai makanan khas Lebaran, ketupat juga menyimpan makna dan filosofi tersendiri. Melansir dari situs Indonesia Travel, penamaan ketupat memiliki dua arti yang berasal dari bahasa Jawa, yakni "ngaku lepat" yang berarti mengakui kesalahan, serta “laku papat” yang menggambarkan empat sisi dari hidangan legendaris ini.

Baca Juga: 3 Resep Es Tradisional Indonesia untuk Takjil Buka Puasa, Es Puter sampai Es Teler

Keempat sisi dari ketupat pun memiliki nama dan arti masing-masing. Salah satu sisi ketupat ada yang bernama Lebaran. Nama yang dijadikan sebutan untuk Idulfitri di Indonesia ini memiliki arti dibukakannya pintu ampunan bagi orang lain. Sisi kedua, yaitu Luberan, memiliki arti rezeki yang melimpah dan memberi sedekah kepada yang membutuhkan. 

Sementara sisi ketiga yaitu Leburan, berarti menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan selama setahun, dan sisi keempat yang dinamakan Laburan, memiliki arti mensucikan diri atau kembali suci bagai bayi yang baru lahir.
 

Ilustrasi ketupat dan berbagai makanan pendamping khas Lebaran. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Ilustrasi ketupat dan berbagai makanan pendamping khas Lebaran. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Ada beragam jenis ketupat yang populer di berbagai daerah di Indonesia. Di Tegal misalnya, ada yang namanya ketupat glabed, ketupat blegong, juga ketupat bongko. Sementara pada masyarakat Minang, dikenal ketupat versi kecil bernama katupek katan kapau.

Selain itu, ada pula ketupat cabuk rambak yang terkenal di Solo. Ketupat ini biasanya disajikan dengan cara diiris tipis dan disiram campuran sambal wijen, kemiri, dan kelapa parut. Tak ketinggalan, masyarakat Betawi pun punya ketupat bebanci, yaitu ketupat khas yang biasanya disajikan dengan gulai sapi penuh dengan rempah.

Biasanya, ketupat dibuat secara manual dengan menggunakan panci dan direbus menggunakan air selama berjam-jam. Lantaran prosesnya yang memakan waktu, tak ayal jika membuat ketupat rentan menghabiskan gas. Atau, banyak juga orang membuat ketupat menggunakan tungku dengan kayu bakar.

Cara tersebut untuk sebagian orang mungkin cukup merepotkan. Sebagai alternatif, membuat ketupat juga bisa menggunakan rice cooker atau magic com. Selain praktis, memasak ketupat menggunakan rice cooker juga relatif memakan waktu yang lebih singkat. Berikut adalah resep membuat ketupat rice cooker yang pulen, enak, serta tidak mudah basi.

 

Resep Ketupat Rice Cooker

Bahan-bahan:
  • 500 gram beras
  • 8-10 buah selongsong ketupat
  • Air secukupnya 
 

Ilustrasi ketupat. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Ilustrasi ketupat. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Cara Membuat:
  1. Masukkan beras ke dalam wadah lalu masukkan air secukupnya hingga beras terendam. Rendam beras selama 15-30 menit. Namun, jika menggunakan beras pera, rendam selama 1 jam. Jika sudah, cuci bersih beras lalu tiriskan.
  2. Ambil ketupat. Tutup bagian bawah selongsong ketupat lalu buka bagian atas selongsong ketupat. Masukkan beras yang sudah ditiriskan ke dalam selongsong ketupat masing-masing sebanyak 2/3 bagian.
  3. Namun, jika menggunakan beras pera, isi sebanyak 1/3 bagian.
  4. Masukkan semua ketupat yang telah diisi beras ke dalam rice cooker lalu beri air mendidih sampai ketupat terendam.
  5. Masak di rice cooker seperti memasak nasi sekitar 1 jam.
  6. Buka rice cooker setelah 30 menit lalu tambahkan air jika menyusut, supaya ketupat tetap dalam keadaam terendam saat proses memasak.
  7. Setelah proses "cook" selesai, diamkan ketupat dalam mode "warm" selama beberapa jam. Angkat ketupat ketika akan disajikan.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Tanpa Santan, Alternatifnya Pakai Susu dan Krimer

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Tetapkan Idulfitri 10 April 2024, Muhammadiyah Usul Pemerintah Pakai Kalender Islam Global

BERIKUTNYA

Mengenal Asal-Usul Khong Guan, Biskuit yang Identik dengan Kue Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: