Sepatu (Sumber Foto: Freepik)

Cara Mengukur Sepatu saat Belanja Online

06 April 2024   |   16:11 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype, saat belanja online terkadang hasilnya tak sesuai yang kita harapkan  misalnya saat beli sepatu. Seringkali kita mendapatkan sepatu yang kekecilan atau kebesaran. Sebetulnya, bagaimana cara mengukur sepatu saat belanja online, supaya tidak salah beli?

Sebelum mengukur sepatu, sebaiknya kita telah lebih dulu mengukur kaki. Pasalnya setiap merek sepatu mungkin memiliki bentuk dan desain sepatu yang berbeda. Dengan demikian ada beberapa merek tertentu yang cocok dan tidak cocok untuk bentuk kakimu, sehingga kurang nyaman saat dikenakan. 

Baca juga: Telkomsel Rilis eSIM, Ini Cara Aktivasi & Daftar Smartphone yang Kompatibel

Terkadang, terdapat perbedaan size chart antar merek meskipun ukuran sepatunya sama. Beberapa jenis sepatu sebaiknya juga dipilih dengan menaikkan satu size dari ukuran biasa (upsize). Misalnya sepatu gunung atau sepatu olahraga mungkin perlu dinaikkan ukurannya agar lebih nyaman.

Di Indonesia, ukuran sepatu biasanya dinyatakan dalam satuan angka (35-44). Selanjutnya agka tersebut dicocokkan kembali dengan standar ukuran internasional. Terdapat tiga versi ukuran internasional yang kerap digunakan, yakni versi UK (Inggris), US (Amerika Serikat), dan EU (Eropa).

Selain itu, setiap produsen sepatu juga mungkin memiliki tabel ukuran yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa size chart sepatu sebelum membeli. Pastikan untuk selalu menambah satu tingkat ukuran saat membeli sepatu tertentu.

Bagi kalian yang suka pakai kaus kaki, ketebalan kainnya dapat mempengaruhi sisa ruang yang terdapat di dalam sepatu. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menyisakan ruang ekstra untuk pemakaian kaus kaki harian. Supaya tidak salah memilih ukuran sepatu saat belanja online, berikut cara mengukur kaki untuk membantumu mendapatkan ukuran sepatu yang tepat, begini caranya.

1. Siapkan alat untuk mengukur kaki

Ada beberapa alat yang perlu disiapkan untuk mengukur kaki. Pertama siapkan selembar kertas, pena atau pensil, serta penggaris atau meteran. Letakkan kertas di lantai, pastikan posisi kertas sudah sejajar dan tidak miring. Agar lebih mudah, kalian dapat meletakkan salah satu sisi kertas merapat dengan dinding. Pastikan ukuran kertas cukup besar untuk menampung seluruh area telapak kaki.
 

2. Tandai kaki di kertas dengan pensil

Selanjutnya kalian dapat berdiri dan menempatkan salah satu kaki di atas kertas. Pastikan bagian tumit menyentuh bagian belakang kertas, atau menempel dengan dinding. Lakukan pengukuran secara bergantian untuk kaki kanan dan kiri.

Gunakan pensil atau pena untuk menandai ukuran kaki. Selanjutnya buat tanda di bagian terpanjang jari kaki. Hal tersebut karena panjang jari kaki setiap orang bisa saja berbeda. Bisa telunjuk atau jari tengahnya yang lebih panjang.
 

3. Ukur kaki dengan penggaris atau meteran

Gunakan penggaris atau meteran untuk mengukur panjang telapak kaki. Pastikan kamu mengukurnya dalam satuan centimeter, karena kebanyakan produsen sepatu menggunakan satuan panjang tersebut. 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Pola Tidur, Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Insomnia

Tambahkan sekitar 0,5 cm pada ukuran telapak kakimu. Hal ini dilakukan untuk menambahkan sedikit ruang pada jari kaki. Ini penting untuk mencegah jari kaki lecet akibat menggunakan sepatu yang terlalu pas.
 

4. Lihat tabel ukuran sepatu

Setelah mendapatkan hasil ukuran kaki, coba cocokkan dengan tabel ukuran sepatu yang disediakan oleh produsen sepatu yang akan kamu beli. Pilihlah ukuran sepatu dengan size chart yang sesuai dengan ukuran kakimu supaya tidak salah dalam membeli sepatu saat belanja online

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Resep Bakwan Wagyu ala Nex Carlos

BERIKUTNYA

Yuk Cek Lagi Jadwal Libur Nasional & Cuti Bersama Lebaran 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: