Ilustrasi lebaran (Sumber foto: Unsplash/rawan-yasser)

Mau Travelling dengan Toddler Tanpa Pusing? Yuk, Simak 6 Tips Berikut

04 April 2024   |   14:30 WIB

Libur Lebaran sebentar lagi tiba. Beberapa keluarga pasti sudah merencanakan liburan termasuk dengan si kecil. Namun, ada beberapa juga yang merasa enggan untuk liburan jika anak masih kecil. Lantaran khawatir merusak rencana liburan. 

Ada yang relate? Namun, apakah liburan ketika anak masih kecil tidak ada manfaatnya? Apa benar kalau liburan dengan anak kecil pasti selalu ribet dan penuh drama?

Baca juga: Cara Membuat Anak Tidak Rewel Saat Mudik

Dilansir dari laman Kemenkes, ternyata liburan dengan keluarga, termasuk anak-anak, akan mengasah kesehatan fisik dan mental. Hubungan antar anggota keluarga juga terjalin lebih harmonis.

Penelitian yang dilakukan oleh Contiki pada Hammond Psychology & Associates, P.A. juga mengungkapkan bahwa ada dampak jangka panjang yang baik jika anak sering diajak travelling. Anak akan tumbuh lebih matang secara fisik, mental, dan emosinya. Anak akan menjadi pribadi yang lebih adaptif dan percaya diri.

Ternyata, travelling memberikan banyak manfaat untuk anak dan anggota keluarga yang lain. Lalu, bagaimana caranya agar travelling dengan toddler menjadi nyaman dan meminimalisir drama yang mungkin terjadi? Simak beberapa cara berikut, yuk.


1. Pilih Tempat Kids Friendly

Penting untuk mencari info dan detail mengenai tempat yang akan dikunjungi. Pastikan tujuannya aman dan ramah anak, termasuk akses jalannya. Kita bisa mencari informasinya lewat Google Review, Instagram, Website, atau menghubungi Customer Service.


2. Sounding

Hal yang penting namun kadang terlewatkan. Beberapa hari atau minggu sebelum travelling, sebaiknya sering memberikan gambaran tentang liburan ke anak. Jangan khawatir, walaupun masih kecil tapi anak paham, kok. Kita bisa cerita tentang tujuan, lama perjalanan, kegiatan yang akan dilakukan, dan hal lain seputar liburan yang menarik bagi si kecil.


3. Bawa Mainan dan Makanan Favorit

Mainan dan anak adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Jangan lupa bawa mainan favorit saat travelling. Tak perlu banyak, cukup beberapa saja yang benar-benar disukai. Selain itu, pastikan juga selalu membawa bekal makanan saat travelling.

Walaupun mungkin di tempat tujuan ada banyak makanan, tetapi sebaiknya tetap membawanya untuk anak demi menghindari anak kelaparan dan rewel jika mungkin ada kendala di perjalanan, misalnya macet atau delay. Ini juga untuk memastikan jam makan anak tidak terlewat agar kondisi kesehatannya tetap terjaga.


4. Beri Waktu Istirahat

Jika keluarga berencana untuk liburan selama beberapa hari, berikan waktu jeda agar anak tidak terlalu capek. Misalnya, bepergian hanya sampai sore lalu kembali ke penginapan untuk istirahat. Atau jika di hari tersebut bepergian sampai malam maka hari berikutnya bisa diatur untuk berangkat lebih siang atau bahkan tinggal di penginapan dan explore area terdekat saja.


5. Membawa Obat-obatan Pribadi

Tentunya yang diharapkan adalah semuanya sehat. Namun tidak ada salahnya tetap membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga. Penting juga untuk membawa vitamin si kecil untuk menopang daya tahan tubuhnya selama travelling.


6. Less Expectation

Hal yang terakhir namun paling utama, yaitu turunkan ekspektasi. Liburan saat masih sendiri dan saat dengan anak tentu saja berbeda, juga tidak harus sempurna. Kita tidak bisa memaksakan kehendak dan harus tetap memperhatikan kondisi anak. It’s okay, jika rencana yang sudah disusun tidak semua berjalan dengan baik. Bukankah liburan itu sendiri sudah merupakan quality time yang positif dengan keluarga?

Bagaimanapun juga, travelling mempunyai manfaat yang bagus baik untuk individu maupun keluarga. Liburan keluarga bisa juga dijadikan sebagai salah satu agenda rutin. Walapun membawa anak kecil, ternyata liburan tidak selalu penuh drama asal kita sudah mempersiapkannya dengan baik. Keluarga bisa membangun quality time dan bonding yang lebih kuat, juga recharge energi melalui travelling bisa tercapai. Healing tanpa pusing, anak tenang, orangtua senang. Jadi, mau liburan ke mana lagi, yaaa?

Baca juga: 5 Kiat Aman Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Mudik Lebaran

Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan hasil karya artikel yang bersangkutan sebagai penulis independen. Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Penyebab Instagram dan WhatsApp Down, Kini Telah Berangsur Pulih

BERIKUTNYA

Doyoung NCT Unggah Bocoran Album Debut Solo yang Bakal Rilis 22 April 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: