Ramadan Buffet dari AYANA Midplaza (Sumber gambar: Fanny Kusumawardhani/Hypeabis.id)

Berburu Kuliner Ramadan dari Berbagai Penjuru Dunia di AYANA Midplaza

01 April 2024   |   05:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Momentum Ramadan kerap menjadi ajang bersantap dan mencicipi kuliner yang jarang ditemui pada bulan-bulan lainnya. Restoran dengan berbagai menu signature pun berlomba dalam mengkreasikan hidangan-hidangan menarik yang disajikan kepada pengunjung saat Ramadan.

Tidak hanya kuliner Indonesia, bahkan para chef banyak meracik menu-menu khas dari berbagai belahan dunia untuk dihadirkan selama bulan puasa. Menu dari penjuru dunia dihadirkan melalui kolaborasi Chef Gio dan Chef Rizki di AYANA Midplaza Jakarta. Keduanya membawa hidangan signature dari beberapa negara dengan ramuan khas bercita rasa lokal. 

Baca juga: Mencicipi Sajian Menu Berbuka Puasa ala Nusantara dari Sahid Jaya Lippo Cikarang

Chef Rizki dengan keahliannya membuat hidangan-hidangan main course banyak mengeksplorasi menu khas dari beberapa negara. “Tahun ini kami punya beberapa menu mulai dari  Indonesia, Jepang, Arab (Timur-Tengah), hingga hidangan western untuk memuaskan selera tamu yang datang ke sini,” kata Chef Rizki.
 
Sebagai hidangan andalan, Chef Rizki membawakan hidangan signature berupa wagyu beef dengan tingkat kematangan medium to medium-well yang lembut dan juicy. Mengolah daging wagyu telah lama menjadi keahliannya. Oleh karena itu, Chef Rizki mencoba mengkreasikan daging khas Australia ini dalam hidangan sate khas lokal.

Misalnya, sate gapit besengek yang dibuat dengan lapisan wagyu bagian tenderloin yang diapit di antara dua bambu, kemudian dibakar dengan rempah khas Jawa Timur. Lalu, Chef Rizki juga membuat wagyu dalam hidangan iga bakar kecap yang dibakar dengan kecap manis dan remahan singkong.

Ramadan Buffet dari AYANA Midplaza (Sumber gambar: Fanny Kusumawardhani/Hypeabis.id)

Ramadan Buffet dari AYANA Midplaza (Sumber gambar: Fanny Kusumawardhani/Hypeabis.id)


Tak kalah unik, Chef Rizki juga membawa hidangan autentik Indonesia seperti sop buntut, sop iga kacang merah, hingga aneka jajanan khas lokal seperti bakwan Malang, siomay Bandung, dan martabak telor. Selesai mencicipi kuliner khas Indonesia, pengunjung bisa melipir ke stall menu khas Arab dengan hidangan utama berupa daging domba yang dicampur dalam hidangan nasi kebuli. Kelezatan daging domba juga hadir dalam menu lamb ouzi dan Al-Arabian Mix Grill berupa seafood dan daging yang dipanggang dengan rempah khas Arab.
 

Ramadan Buffet dari AYANA Midplaza (Sumber gambar: Fanny Kusumawardhani/Hypeabis.id)

Ramadan Buffet dari AYANA Midplaza (Sumber gambar: Fanny Kusumawardhani/Hypeabis.id)


Beralih ke stall menu khas Jepang, pengunjung dapat menikmati autentiknya menu khas Negeri Sakura mulai dari sashimi, sushi, hingga takoyaki yang mengenyangkan. Penyuka jenis menu western juga bisa melipir ke stall western carving dengan 2 sajian menu utama berupa premium Australian beef ribs yang dipanggang dan disajikan dengan saus bbq, cocktail potato, dan mix baby vegetable.

Bosan dengan hidangan daging, hidangan khas Barat juga menyajikan chicken rosemary yang dimasak dengan metode slow roasted dengan bawang putih, mashed potato, saus jamur dan mix baby vegetable.
 
Beralih ke menu dessert, Executive Pastry AYANA Midplaza Chef Gio membawa aneka menu takjil mulai dari aneka es dan bubur manis, hingga jajanan pasar lokal seperti wajik, kue lapis, hingga kue lumpur. “Menu dessert yang kita bawa lengkap dari jajanan pasar khas Nusantara, sampai dessert-dessert khas negara lain seperti Turki dengan baklava, dan banyak lainnya,” katanya.
 
Tak dilewatkan, Chef Gio membawa menu gorengan yang tak bisa dipisahkan dari makanan berbuka puasa masyarakat Indonesia. Beberapa gorengan yang dihadirkan antara lan bakwan, tempe goreng, tahu gimbal, tahu berontak, risoles,  pisang goreng, martabak manis, colenak khas Bandung, hingga kue putu. 

Baca juga: Ini Dia Menu Minuman Takjil yang Paling Laris saat Ramadan

Tidak hanya dessert lokal, Chef Gio mempersiapkan dessert unik dari berbagai belahan dunia mulai dari carrot cake, pistachio baklava hingga brioche bread butter pudding yang lembut, manis, dan creamy. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Waspadai Gejala dan Cara Pencegahan DBD pada Puncak Musim Hujan

BERIKUTNYA

Masuk ke Negeri Dongeng Bertabur Cahaya di Hutan Mycelia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: