Ilustrasi orang membuat kue (Sumber foto: freepik/pressfoto)

Catat! Alternatif Bahan Pengganti Mentega Untuk Kue Kering

26 March 2024   |   22:07 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Bagi kalian yang memiliki hobi membuat kue-kue kering mungkin tak asing dengan butter atau mentega. Bahan ini merupakan salah satu hal yang penting untuk membuat kue. Selain dapat memberikan tekstur lembut dan renyah pada kue, mentega juga dapat memberikan rasa gurih yang khas pada kue tersebut. 

Dilansir melalui KitchenAid, mentega memiliki kandungan yang terdiri dari 80% lemak dan 20% air serta susu. Mentega tidak hanya memberikan rasa lezat pada makanan yang dipanggang, tapi juga dapat menambah kelembapan serta membuat makanan menjadi lebih mengembang dan empuk. Terlebih, mentega yang meleleh dengan rata akan menyerap rasa di sekitarnya sehingga bisa membuat rasa makanan menjadi lebih gurih.

Baca juga: Cara Menyangrai Tepung Terigu Agar Kue Kering Renyah & Tahan Lama

Namun, tak semua orang memilih mentega sebagai bahan yang digunakan dalam resep kue. Mentega merupakan bahan yang terbuat dari susu dan tidak semua orang cocok dengan produk susu. Apalagi jika memiliki alergi terhadap laktosa. 

Namun, ada alternatif bahan lain yang bisa digunakan selain mentega agar kue tetap lezat. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya. 


1. Margarin

Margarin adalah sejenis selai tebal dan krim yang terbuat dari minyak nabati dan memiliki kandungan yang mirip dengan mentega. Margarin mengandung kadar air yang membuatnya cocok untuk membuat adonan puff pastry dan choux pastry, namun pilihlah margarin yang memiliki kadar lemak 80%.

 

Margarin (Sumber foto: freepik)

Margarin (Sumber foto: freepik)


Bahan ini juga dapat digunakan sebagai pengganti makanan yang dipanggang karena dapat menghasilkan tekstur yang lebih lembut. Namun, kekurangan margarin adalah rasanya yang tidak sekuat mentega. Kalian bisa gunakan sebagai pengganti mentega dalam pembuatan kue dengan perbandingan 1:1.


2. Minyak kelapa

 

Minyak kelapa (Sumber foto: freepik/jcomp)

Minyak kelapa (Sumber foto: freepik/jcomp)


Selain margarin, minyak kelapa juga memiliki kandungan yang hampir mirip dengan mentega. Minyak kelapa adalah salah satu bahan pengganti mentega yang paling sehat dalam pembuatan kue. Dilansir melalui Healthline, penting untuk diingat jika penggunaan minyak kelapa dapat mengubah rasa pada kue karena beberapa jenis minyak kelapa memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap rasa dibandingkan dengan yang lain. Selain itu, kalian bisa menggunakan minyak kelapa dengan perbandingan 1:1. 


3. Minyak zaitun dan minyak sayur

 

Minyak zaitun (Sumber foto: freepik/azerbaijan_stockers)

Minyak zaitun (Sumber foto: freepik/azerbaijan_stockers)


Minyak zaitun dan minyak sayur dapat diganti dengan mentega untuk resep kue dan dapat membantu membuat makanan panggang menjadi lembut dan empuk. Namun perlu diketahui bahwa minyak zaitun memiliki rasa buah sehingga dapat memengaruhi rasa kue yang kalian buat. Berbeda dengan minyak sayur, minyak yang netral ini tidak menimbulkan rasa apa pun pada resep kue kalian. 


4. Greek yogurt (Yogurt Yunani)

 

Ilustrasi yogurt Yunani (Sumber foto: freepik)

Ilustrasi yogurt Yunani (Sumber foto: freepik)


Yogurt Yunani adalah salah satu pengganti mentega yang paling populer untuk membuat kue. Selain dapat membuat kue menjadi lembab, yogurt satu ini juga dapat menambah cita rasa lezat pada resep kue. Yogurt Yunani juga dapat menambahkan kandungan protein, lemak sehat, kalsium, dan vitamin lainnya ke dalam resep kue yang kalian buat. Yogurt Yunani cocok untuk digunakan sebagai bahan pengganti mentega untuk pembuatan kue kering, roti, dan muffin. 

Baca juga: Harga Beras Naik Tinggi, Cek 5 Bahan Makanan Alternatif Pengganti Nasi

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

3 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Lulus SNBP 2024, Cek Yuk!

BERIKUTNYA

Enggak Lolos SNBP? Cek Jadwal, Syarat & Alur Pendaftaran UTBK-SNBT 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: