Dita Karang. (Sumber foto: Secret Number Official)

5 Idola K-Pop Asli Indonesia, Ada Bias Genhype?

25 March 2024   |   17:20 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Fenomena K-Pop memang telah menjadi salah satu aspek industri hiburan terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Dengan popularitasnya yang merambah ke berbagai negara di belahan dunia, K-Pop menjadi sangat fenomenal sepanjang sejarah dunia musik.

Tak hanya gerakan menari dan kualitas vokalnya yang mendunia, idola K-Pop juga menjadi ikon budaya Korea Selatan yang menarik penggemar dari berbagai kalangan. Idola K-Pop merupakan salah satu daya tarik utama di industri ini.

Baca juga: Resmi Debut, Intip Posisi Zayyan di XODIAC & Perjalanan Karier Bermusiknya

Jika awalnya agensi mengutamakan visual dan keterampilan musik idola berkebangsaan Korea Selatan, kini tak sedikit dari pencari bakat yang mulai mengorbitkan bakat internasional untuk menjadi idola di negeri ginseng. Perkembangan grup K-Pop dari yang beranggotakan member Korea Selatan pun mulai memiliki diversifikasi seperti idola dari China, Thailand, Jepang, Vietnam dan sekarang ada pula idola K-Pop berkebangsaan Indonesia.

Sebagai salah satu negara yang dinobatkan sebagai penggemar K-Pop terbesar, kehadiran orang Indonesia sebagai idol K-Pop membawa dampak dalam industri hiburan Korea Selatan. Terutama dalam memperluas basis penggemar. Berikut adalah deretan orang Indonesia yang berhasil debut dan kini berkecimpung dalam dunia hiburan Korea Selatan. 


1. Dita Karang - Secret Number

 


Pemilik nama asli Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang atau yang lebih dikenal dengan nama Dita Karang adalah wanita asal Yogyakarta kelahiran tahun 1996. Dita merupakan salah satu anggota girl group Secret Number yang berada di bawah naungan agensi VINE Entertainment.

Dirinya memulai debut sebagai anggota Secret Number pada 2020. Dita Karang semakin populer seiring dengan kesuksesan grupnya yang mencapai puncak. Kariernya di dunia hiburan semakin bersinar dan menjadi sorotan publik hingga kini.


2. Zayyan - Xodiac

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by XODIAC (@xodiacofficial)



Muhammad Rifki Fahri Zayyan, pria kelahiran 2001 dengan nama panggung Zayyan menjadi sorotan di dunia maya setelah berhasil debut sebagai anggota boy group Xodiac. Grup ini berada di bawah naungan agensi One Cool Jacso Entertainment. 

Keberhasilan Zayyan dalam industri K-Pop tentunya tidak datang begitu saja. Sebelum memulai kariernya sebagai idola K-Pop, Zayyan sering mengikuti beberapa ajang pencarian bakat seperti Rising Star dan Indonesian Idol.

Namun, nasib tak selalu berpihak padanya dan dia mengalami kegagalan dalam ajang-ajang tersebut. Meski demikian, Zayyan tidak patah semangat dalam mengejar impiannya hingga akhirnya ia berhasil meraih kesuksesan dengan debutnya bersama Xodiac.


3. Kimberley Fransa - VVUP

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by vve different (@22_vvup_22)



Kimberley Fransa Salim, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Kim, adalah seorang idola K-Pop asli Indonesia yang lahir pada 3 Juni 2006. Meskipun usianya masih sangat belia, yakni 18 tahun saat debutnya, ia telah menarik perhatian banyak penggemar dengan bakatnya yang luar biasa. 

Kim debut bersama girl group VVUP yang berada di bawah naungan Ego Entertainment pada 13 Maret 2024 dengan single Doo Doom Chit. Ia dipercaya untuk menempati posisi main vocal di VVUP berkat keahlian vokalnya yang memukau. Selain Kim, anggota lain dari VVUP juga termasuk Hyunny, Paan, dan Suyeon. Grup ini menjadi sorotan dengan harapan memberikan kontribusi dalam industri Kpop.


4. Vanya - Z-Girls

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by vanya (@zhavanyameidi)



Vanya merupakan idola Kpop asal Indonesia yang lahir di Yogyakarta pada 16 Mei 1996. Pemiliki nama lengkap Zhavanya Meidi Hendranata mengawali kariernya di dunia hiburan lewat acara The Next Boy/Girl Band Musim Pertama yang tayang di Global TV pada 2017. 

Perjalan kariernya menjadi seorang idol Kpop tentu tidak mudah, dengan semangatnya yang gigih, Vanya berhasil menggapai cita-citanya untuk bergabung ke dalam girl group Korea, yakni Z-Girls yang berada di bawah naungan Divtone Entertainment pada 22 Februari 2019. 


5. Malvin - Z-Boys

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MALVIN (@malvin_96)



Malvin, merupakan pria asal Indonesia yang lahir pada 6 Maret 1996 ini juga sukses terjun ke dalam dunia industri K-Pop. Pemilik nama asli Malvin Saputra menggunakan nama Malvin sebagai nama panggungnya. Pria ini debut dengan boy group Z-Boys pada 22 Februari 2019 di bawah naungan Z-POP Dream.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kenalan dengan Aphex Twin, Cek 3 Album Intelligent Dance Music yang Jadi Ciri Khasnya

BERIKUTNYA

Tak Boleh Asal, Simak Panduan Penting Berpuasa Bagi Penderita Diabetes & Jantung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: