Megawati Hangestri (Sumber gambar: Megawati Hangestri /Instagram)

Profil dan Sederet Prestasi Megawati, Pevoli Indonesia yang Jadi Sorotan di Korea

23 March 2024   |   20:59 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Nama Megawati Hangestri belakangan sedang ramai diperbincangkan karena kariernya yang cemerlang sebagai atlet voli Indonesia yang tak hanya sukses membawa nama harum timnas voli Indonesia tetapi juga mampu mencatatkan prestasi gemilang di tingkat internasional.

Wanita asal Jember ini tengah mencuri perhatian masyarakat Korea Selatan terutama di saat dirinya bertanding bersama tim Daejon ChengKwanJang Red Sparks di Korea Selatan.

Megawati mencatatkan prestasi sebagai atlet Indonesia pertama yang bergabung di dalam Liga Voli Korea Selatan atau Korean V-League 2023/2024 serta tampil memukau saat bermain voli. 

Baca Juga: Harga Tiket Fun Vollyball 2024 Red Sparks VS Indonesia All-Star, Ada Megawati Hangestri

Tak main-main, Megawati pun masuk 3 besar pemain terbaik di Liga Voli Korea Selatan dan sukses mencetak sejarah baru sebagai pemain asing Asia pertama yang meraih penghargaan sebagai Pemain Terbaik atau Most Valuable Player (MVP) pada putaran pertama Liga Voli Putri Korea Selatan 2023/2024, mengalahkan beberapa pevoli wanita lainnya untuk merebut gelar bergengsi tersebut. Selain itu, Megawati juga masuk ke dalam tim all star liga voli Korea yang menjadi ajang spesial tahunan.

Pemain voli yang sering menempati posisi outside hitter dan opposite ini dikenal dengan pukulan smash kencang di setiap pertandingannya. Dengan kemampuannya yang begitu cemerlang, tak heran bila dirinya dijuluki sebagai Megatron oleh para penggemarnya. Megatron sendiri merupakan sosok robot terkuat yang ada di film Transformer.

Nah, bagi kalian yang masih penasaran, yuk kita kenalan lebih dekat dengan sosok Megawati Hangestri Pratiwi yang menjadi perhatian masyarakat Indonesia dan Korea Selatan ini seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Megawati merupakan seorang atlet voli Indonesia asal Jember, Jawa Timur yang terlahir pada 20 September 1999. Megawati sendiri telah menggeluti dunia bola voli sejak dia masih berusia 14 tahun dengan bergabung ke dalam klub voli di Surabaya yakni Surabaya Bank Jatim dan bermain di Liga Voli divisi Utama pada 2015.

Dengan tinggi 185 cm, membuat Megawati selalu tampil prima di setiap pertandingannya. Seiring berjalannya waktu, dia pun naik ke leval Proliga bersama dengan tim Jakarta Pertamina Fastron pada 2015 hingga 2022.

Di usianya yang baru menginjak 18 tahun, Mega ikut mewakili Indonesia di tingkat internasional bersama tim nasional voli putri Indonesia pesta olahraga Asian Games 2017, dan Sea Games 2017.

Karirnya di dunia voli tidak terbatas di dalam negeri saja, Mega tercatat pernah bermain di sejumlah klub internasional. Dia memulai debutnya pada 2021 dengan bergabung bersama klub Thailand Supreme Chonburi-E Tech.

Pada 2022, dia bergabung dengan klub Vietnam Hà Phú Thanh Hóa. Barulah pada 2023 dia bergabung bersama klub Daejeon ChengKwanJang Red Sparks di Liga Voli Korea Selatan.

Megawati banyak menorehkan sejumlah prestasi, beberapa di antaranya adalah Best Opposite ASEAN Grand Prix 2022, MVP Livoli Divisi Utama 2022, Medali Perunggu SEA Games 2023, dan yang terbaru adalah MVP di Liga Voli Korea Selatan.

Berikut sejumlah prestasi yang berhasil ditorehkan gadis lulusan manajemen di Universitas Kahirupan Kediri ini.
 

Prestasi Individu

  • Best Server ASEAN Grand Prix 2019
  • Best Scorer Asian Olympic Qualification 2021
  • Best Server Proliga 2022
  • Best Opposite ASEAN Grand Prix 2022
  • MVP Livoli Divisi Utama 2022
  • MVP Liga Voli Korea 2023/2024
 

Prestasi di Klub

  • Runner Up Proliga 2019 bersama Jakarta Pertamina Fastron
  • Medali Perunggu Thailand League 2020/21 bersama Supreme Chonburi E-Tech
  • Medali Perunggu Asian Club Championship 2020/21 bersama Supreme Chonburi E-Tech
  • Juara Livoli Divisi Utama 2022 bersama Surabaya Bank Jatim
 

Prestasi di Timnas Indonesia

  • Medali Perak SEA Games 2017
  • Medali Perunggu SEA Games 2019
  • Medali Perak ASEAN Grand Prix 2019
  • Medali Perunggu SEA Games 2021
  • Medali Perunggu ASEAN Grand Prix 2022
  • Medali Perunggu SEA Games 2023

Baca Juga: Relasi Makin Banyak & Uang pun Bertambah berkat Voli

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

5 Makanan Ini Kaya Magnesium yang Bermanfaat untuk Tubuh

BERIKUTNYA

Cerita di Balik Proses Kreatif Komik Proposal dari Rakyat Kreatif Kolaborasi Faza Meonk & Mice Misrad

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: