Ilustrasi mobil yang sedang dimodifikasi. (Sumber gambar : Freepik)

Mengenal 9 Aliran Modifikasi Mobil, Street Racing sampai Sleeper Car

20 March 2024   |   10:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pencinta otomotif sebagian besar melakukan modifikasi pada mobil kesayangannya. Banyak yang mengubah produk after sales baik dari kaki-kaki hingga bodi, tidak sedikit pula yang mengembalikannya pada bentuk pabrikan. Selain untuk menciptakan nilai estetika, otak-atik yang dilakukan kerap bertujuan untuk kenyamanan berkendara. 

Setidaknya, ada 9 aliran modifikasi mobil yang dikenal di seluruh dunia. Mungkin Genhype pernah melihat beberapa mobil sedan yang memiliki tampilan seperti mobil balap. Namun, ada juga yang gemar mengubah tampilan mobil keluaran terbaru menjadi lebih vintage.

Nah, buat kamu yang berencana mengubah tampilan pada mobil kesayangan, berikut aliran modifikasi mobil yang bisa kamu coba. 

Baca juga: Mau Modifikasi Mobil? Pahami Tren & Alurnya Biar Enggak Zonk


1. Street Racing

Ciri khas modifikasi Street Racing yakni sporty pada bagian desain, yang umumnya menyerupai mobil balap touring sirkuit. Mobil ini dibangun dari model kendaraan seperti sedan, hatchback, MPV dan SUV. 
 

2. Stance with Air Suspension

Ciri khasnya yaitu ground clearance dibuat serendah-rendahnya. Ubahan ini berfokus pada bagian kaki-kaki mobil, yaitu shock, velg, dan ban. Meskipun ceper, mobil ini masih menggunakan air suspension yang bisa dipakai untuk menyesuaikan kondisi jalan.


3. Camber

Masih fokus pada kaki-kaki, modifikasi Camber umumnya membuat roda keluar dari fender serta posisi velg dan ban terlihat miring. Kemiringan ini sengaja diciptakan dengan menyetel sudut-sudut geometri roda (wheel alignment). Aliran modifikasi Camber terbagi lagi menjadi dua, yakni Camber positif dan Camber negatif. 
 

4. Hellaflush

Aliran modifikasi ini memiliki ciri khas dengan dimensi velg yang lebar dan juga besar ketimbang versi standarnya. Velg terbilang offset dengan ground clearance yang dibuat rendah alias sangat ceper. 
 

5. Japanese Domestic Market (JDM)

Modifikasi ala JDM ini mempunyai ciri khas yaitu menggunakan komponen-komponen yang berasal dari Jepang. Selain itu, bodinya dibuat lebih berwarna dengan tempelan-tempelan stiker khas tertentu. 

Baca juga: Inspiratif, Balas Dendam Masa Lalu dengan Modifikasi Mobil ala Gofar Hilman
 

6. VIP

Modifikasi ini dilakukan untuk jenis-jenis mobil yang tergolong premium seperti Alphard dan BMW, untuk menambahkan kesan mewah dari sebelumnya. Modifikasi biasanya dilakukan melalui penambahan interior mobil seperti mini bar hingga televisi berukuran besar. Velg mobil untuk aliran ini biasanya cenderung besar dan memiliki warna yang elegan. 
 

7. Retro

Cocok digunakan untuk mobil-mobil klasik, modifikasi dibuat untuk menampilkan kesan yang sangat vintage. Aliran Retro lebih mengutamakan konsep orisinalitas pada setiap bagian yang ada di mobil, baik itu bagian interior maupun eksteriornya. 
 

8. Ratrod dan Hotrod

Ratrod juga menggunakan mobil klasik, tetapi lebih menonjolkan bagian mesin big block-nya dengan velg berwarna chrome yang dipadukan ban berukuran besar dan dibuat keluar dari bodi. Sedangkan untuk Hotrod menggunakan mobil usang atau berkarat karena mengusung konsep mobil klasik pada era 1950-an hingga 1970-an. 
 

9. Sleeper Car

Modifikasi ini tidak menonjolkan bagian bodi dan interior, semuanya dibiarkan terlihat standar pabrikan. Namun, bengkel modifikasi akan melakukan banyak perubahan pada bagian mesin mobil yang bertujuan untuk membuat performa kendaraan roda empat tersebut menjadi jauh lebih gahar.

Baca juga: 3 Proyek Modifikasi Mobil Paling Ekstrem karya Drifter Amerika Serikat Ryan Tuerck

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengenal Lemah Jantung yang Diidap Aktor Donny Kesuma

BERIKUTNYA

Teror Mengerikan dalam Official Teaser Film Menjelang Ajal, Tayang Mei 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: