Kurma (Sumber Foto: Freepik)

5 Ciri Kurma Segar, Perhatikan Warna dan Teksturnya Sebelum Membeli

19 March 2024   |   09:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kurma, buah manis yang banyak tumbuh tumbuh di daratan Afrika dan Timur Tengah, telah menjadi bagian dari budaya Ramadan dan menu takjil favorit. Sesuai dengan ajaran agama Islam, kita dianjurkan untuk mengawali berbuka dengan segelas air putih dan beberapa butir kurma, sebelum menyantap hidangan lainnya.

Selain lezat, kurma juga kaya akan kandungan gizinya yang berkhasiat bagi kesehatan. Mulai dari melancarkan pencernaan sampai meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: 5 Menu Olahan Kurma yang Enak Buat Buka Puasa

Mengutip USDA (United States Department of Agriculture), dalam 100 gram kurma, terkandung sekitar 280 kalori dan aneka nutrisi seperti 2-2,5 gram protein, 75 gram karbohidrat, 65 gram gula, 7-8 gram serat, 65 miligram kalsium, 650 miligram kalium, 1 mg zat besi, 0,5 miligram zinc, dan lainnya.

Kurma juga mengandung flavonoid, sejenis antioksidan yang dapat mengurangi risiko diabetes dan alzheimer, serta karotenoid dan asam fenolat yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko kanker. Nah Genhype, sebelum mengkonsumsi kurma. Pastikan kamu memilih buah kualitas terbaik di pasaran.

Yuk simak ciri-ciri kurma yang bagus dan segar 
 

1. Warna Buah Merata

Umumnya kurma berwarna coklat kemerahan, namun beberapa jenisnya ada juga yang berwarna lebih gelap, cenderung kehitaman. Kurma memang macam-macam jenisnya dan warnanya pun bisa berbeda-beda. Mulai dari coklat kehitaman sampan kuning terang.

Namun, untuk memilih kurma terbaik, pastikan seluruh buahnya memiliki warna yang merata. Sebutir kurma yang warna permukaannya berbeda-beda tandanya sudah tidak segar. Bahkan bisa saja, warna yang tidak merata ini merupakan pertanda kalau buah kurma sudah melalui proses pengolahan.
 

2. Tekstur Dagingnya Alot

Banyak yang bilang kurma terbaik memiliki tekstur daging yang keras, namun sebetulnya pendapat ini kurang tepat. Tekstur kurma yang bagus dan segar justru alot. Daging kurma seharusnya tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu empuk bahkan lembek.

Daging yang terlalu keras menandakan kurma tersebut sudah disimpan terlalu lama. Sedangkan daging kurma yang terlalu lembut dab lembek, berarti sudah ditambahkan pemanis buatan ke dalam buahnya. Daging yang alot menjadi salah satu ciri penting bahwa kurma benar-benar segar dan berkualitas baik.
 

3. Kurma Tampak Mengkilap

Ciri lain kurma yang memiliki kualitas bagus adalah tampilan buahnya yang mengkilap. Ini menandakan kurma tersebut adalah buah pilihan terbaik dari pohon yang terawat. Sebaliknya, bukan berarti kurma yang tampilannya kurang mengkilap maka tidak segar atau jelek. Hanya saja jenis kurma ini biasanya bukan berasal dari pohon unggulan.
 

4. Buah Tidak Terlalu Kering

Di pasaran, kurma dijual dalam keadaan basah, setengah kering, dan kering, menyesuaikan dengan selera masyarakat yang suka kurma kering ataupun basah.

Bicara mengenai kualitas dan kesegarannya, kurma terbaik sebaiknya tidak terlalu kering maupun terlalu basah. Kurma seharusnya dalam keadaan setengah kering. Sehingga bisa mempertahankan kesegarannya dalam waktu lama.
 

5. Ukuran Kurma Sebesar Jempol

Buah kurma seharusnya tidak terlalu kecil maupun besar. Kurma dengan kualitas terbaik dan segar umumnya berukuran sebesar jempol orang dewasa. Ini menandakan kurma berada dalam kondisi kematangan sempurna. Sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Memilih kurma bagus dan segar memang tidak mudah. Kurma kemasan dengan harga mahal sekalipun tidak menjamin kualitasnya benar-benar baik, begitu juga sebaliknya. Oleh karenanya sebelum membeli dan memilih kurma kualitas terbaik, jangan lupa perhatikan ciri-ciri di atas ya! 

Baca juga: Yuk Kenalan dengan 10 Jenis Kurma Terpopuler di Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tamat Pekan Ini, Drakor Flex X Cop Dipastikan Lanjut ke Musim Kedua

BERIKUTNYA

Tengok Koleksi Debut Direktur Kreatif McQueen, Chloe & Lacoste di Paris Fashion Week 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: